Des 192018
 

Pembangunan infrastruktur rudal balistik antar-benua Sarmat © Russian MoD

JakartaGreater.com – Infrastruktur untuk menyebarkan rudal balistik antar-benua (ICBM) tercanggih RS-28 Sarmat, kini telah selesai sepenuhnya, tutur Wakil Menhan Rusia Timur Ivanov dalam wawancara dengan harian bisnis Kommersant pada hari Senin.

“Selama beberapa tahun terakhir, kami telah membangun infrastruktur modern untuk menyebarkan kompleks Yars dan infrastruktur untuk sistem rudal Sarmat telah dipersiapkan. Fasilitas yang paling lengkap telah dioperasikan dan stasiun radar sudah dalam tugas tempur dengan kesiapan operasi yang tinggi”, menurut Wakil Menhan yang dikutip surat kabar itu.

Rusia hingga saat ini juga telah merekonstruksi 19 lapangan udara untuk Angkatan Udara (VKS) dan membangun 11 struktur hidro-teknis serta 23 fasilitas pantai untuk Angkatan Lautnya, tambah pejabat itu.

“Hasilnya sangat substansial dan kami akan meningkatkan laju pembangunan infrastruktur tersebut”, kata Deputi Menhan itu menambahkan.

Rudal balistik antar benua RS-28 Sarmat (NATO menyebutnya: SS-X-30 Satan 2) yang dikenal sebagai “Bride of Satan” atau “Mempelai Setan”. © Youtube/Russian MoD

RS-28 Sarmat (NATO menyebutnya: SS-X-30 Satan 2) adalah sistem silo canggih Rusia dengan misil balistik antar-benua berat berpropelan cair. Yang saat ini telah dalam proses perkembangannya sejak tahun 2000 untuk menggantikan ICBM R-36M2 Voyevoda.

Rudal balistik antar-benua Sarmat memiliki berat sekitar 200 ton dan memiliki hulu ledak sekitar 10 ton. Media melaporkan pada akhir Desember 2017 tentang tes pop-up pertama yang sukses dari ICBM Sarmat tersebut.

Bagikan:

  7 Responses to “Rusia: Infrastruktur Sarmat Telah Selesai Dibangun”

  1.  

    Sewa 10 unit aja buat 50 tahun.

  2.  

    si huha tumben kgk nonggol….
    tpi untung sekarang dia nongkrong di rbth….
    rest in peace lha kamu disana……
    aminnnnn……… 😆

  3.  

    RS-28 Sarmat – Super Heavy Thermonuclear Intercontinental Ballistic Missile

    https://www.youtube.com/watch?v=S9HB3KqgEH8

  4.  

    Wuih sangar, seseram namanya!