Rusia Ingatkan Inggris Jangan Turut Campur di Ukraina

48
179

Russian-Bear-Bomber

Mantan Kepala Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Sir Michael Graydon mengatakan, Inggris tidak akan bisa menahan serangan militer dari Rusia, jika hal itu terjadi. Sementara Perwira senior RAF lain berpendapat, jika Putin memutuskan untuk menyerang Inggris, Putin akan membuat “jenuh pertahanan kita.”

Pernyataan ini menyusul insiden pada hari Kamis ketika jet tempur RAF Typhoon bergegas mencegat dua pembom jarak jauh Rusia di wilayah udara internasional di lepas pantai Cornwall.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat itu melakukan patroli udara yang telah direncanakan dan sesuai dengan hukum internasional.

typhoon-4
A Typhoon takes off from RAF Coningsby in Lincolnshire at 4.30pm on Wednesday, shortly before the Russian planes were intercepted

Ketika Perdana Menteri David Cameron menolak gagasan bahwa insiden itu adalah cara Rusia “mengingatkan Inggris”, Mantan Kepala RAF Graydon, justru percaya tindakan Rusia itu sebagai ancaman yang lebih serius.

Berbicara kepada Daily Mail, ia berkata: “Saya sangat meragukan apakah Inggris bisa bertahan jika berperang melawan Rusia. Kami berada di setengah kemampuan kami sebelumnya. ”

“Mereka terbang di wilayah ini untuk memeriksa pertahanan udara kita dan mungkin telah bekerja di luar yang kita ketahui.

“Mereka tahu itu adalah provokatif dan mereka melakukannya pada saat pertahanan di Barat cukup lemah dibandingkan dengan di mana mereka berada,” tambahnya.

uk-rus

Komodor Udara Andrew Lambert sependapat dengan komentar Graydon, bahwa Inggris “tidak bisa mengatasinya” jika Rusia melakukan serangan udara.

Lambert, yang merupakan Komandan pesawat RAF di Northern No Fly Zone Irak pada tahun 1999, mengatakan kepada Daily Mail: “Jika Rusia melakukan serangannya, kita akan kedodoran menghadapinya.” (TASS).

48 KOMENTAR

  1. TU 95 Bear adalah pesawat Rusia yang unik ,punya baling baling ganda dalam satu poros tapi berputar berlawanan arah. Karena keunikannya itu bisa mencapai kecepatan 925 km perjam ,menyamai pesawat dengan mesin turbo fan. Tapi punya kelemahan , bunyi kipas baling baling yang sangat bising..Andai tehnologi seperti ini diterapkan pada baling baling kapal ,apakah bisa meningkatkan kecepatan seperti yang terjadi di udara ?

  2. Bandingkan dengan ulah trio kwek2 australi, malaysia, singapura yg jg sering melakukan hal yg sama terhadap Indonesia!! dulu kita hanya sanggup menantang perang di hutan dan di wilayah indonesia!!! Dunia semakin kacau, oleh karena itu Indonesia harus siap mengoleksi alutsista udara dan laut sebanyak mungkin dalam kurun 10th ini, bangun ekonomi walaupu dengan konsumsi dlm negeri yaitu menggiatkan produksi alutsista!!!

    • Pada awal masa jabatannya, Putin sebenarnya mencoba membangun kerjasama dng NATO namun ia kecewa setelah aliansi militer itu tahun 2004 menerima keanggotaan tiga negara Baltik. Kalangan politik & sebagian besar warga Rusia sampai saat ini msh khawatir negaranya dikepung oleh barat.
      “Memang ada kesalahan besar & pesan politik yg salah, ketika NATO membahas kemungkinan masuknya Ukraina & Georgia. Itu politik yg buruk”, kata Giles Merritt dari lembaga tangki pemikir “Security & Defense Agenda” di Brussel. ia mengatakan, sikap NATO ketika itu menambah kecurigaan Putin bahwa pihak barat hanya ingin mendominasi & mendikte Rusia. Inilah yg membuat krisis Ukraina saat ini makin rumit.

      • tp ada 1 yg mengganjal bung gedhe…
        saat ini Rusia tidak lagi memiliki sistem peringatan dini utk mendeteksi rudal balistik yg datang dari luar angkasa akibat satelit yg selama ini menjaga Rusia tdk lagi berfungsi.
        Satelit Tundra, dirancang utk mampu melacak rudal taktis & balistik, peluncuran’a direncanakan kembali sekitar bulan Juni tahun ini, Kehilangan satelit geostasioner menjadikan sistem peringatan dini Rusia berada dlm risiko.
        Sumber di Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa hilangnya kemampuan tersebut msh dpt dikompensasi oleh sistem radar di darat yg terletak di beberapa wilayah Rusia, seperti, Kaliningrad, Leningrad, Irkutsk & Krasnodar. namun pihak militer Rusia tdk mengonfirmasi seberapa efektif radar” darat tersebut dlm melacak peluncuran rudal balistik.