Jan 122016
 
Sukhoi Superjet 100

Sukhoi Superjet 100

Jakarta — Indonesia dan Rusia melakukan penjajakan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pembuatan komponen pesawat Sukhoi dengan PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

“Kami bersedia berbicara dengan PT Dirgantara Indonesia untuk memproduksikan komponennya di sini,” ujar Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Denis Valentinovich Manturov di Jakarta, Senin (11/1/2016).

sukhoi-super-jet-10031.jpg

Manturov menyampaikan niatnya tersebut saat bertemu Ketua DPD RI Irman Gusman, Jumat (8/1/2016) usai menemui Presiden Joko Widodo. Rusia berniat menggandeng PT DI untuk memproduksi pesawat Superjet 100 dan MDS-21 yang bisa dimulai pada tahun 2018.

Manturov menyatakan telah ada peta jalan untuk mengawal kerja sama bilateral lewat Komite Bersama Indonesia-Rusia. Irman Gusman berharap, peta jalan tersebut bisa mempercepat pelaksanaan rencana investasi, perdagangan, dan kerja sama kedua negara.

Sumber : Kompas.com

  38 Responses to “Rusia Ingin Produksi Komponen Sukhoi di PT DI”

  1. #1

  2. Komponen apa aja?

    • ini adalah cara masuknya superjet ke maskapai domestik…perlahan perlahan pasti jualan pesawat juga ahahahhaha makin keras gesekan di kelas pswt penumpang, boeing,airbus sukhoi..

      nanti politik yg akan bermain, terutama politik hitman uncle s4m…ingat pembelian pesawat lion airyg disaksikan langsung oleh obama……

  3. sekalian komponen SU-35 dong

  4. Padahal stikernya pesen diperempatan matraman tuch….

  5. Wow..segera dibicarakanlah, mudah2an hasilnya baik.

  6. MANTAP….KEPAKKAN SAYAP MU PT.DI

  7. saya kira komponen untuk pesawat tempur sukhoi,… eh buat pesawat yang sipilnya,… duh

    • Disini saya menangkap sinyal bahwa kerjasama ini tidak 100% untuk komponen pesawat komersil,
      Bisa dikatakan ini kamuflase untuk komponen pespur series

      Maaf cuma pendapat pribadi saya kalau salah mohon di maklum

  8. heh ???

  9. komponen apa aja nih?

  10. katanya rusia pelit tot ?…..xixixixi

  11. Ini…mungkin termasuk deal..pembelian SU 35

  12. kerjasama dengan negara lain oke saja lah. perlu di ingat juga pesawat rancangan pt di sendiri n219 jangan sampai sama nasibnya dengan n250 akibat rencana kerjasama ini. …

  13. perbedaan besar antar U.S.A dan Rusia adalah pada komitmen dan tindakan,rusia secara nyata membantu teman nya,contoh nya India,yang mendapat teknologi rusia terbesar bersama china,,kasus china lebih unik karena meski menjiplak teknologi rusia tapi rusia tetap berkomitmen berteman dg china,bahkan memasok mesin untuk pesawat yg jelas2 adalah jiplakan dari SU27,,kini indonesia pun mendapat manfaat dari berteman dengan rusia meski hanya memiliki satu skudron sukhoi rusia memberi teknologi dan rasa kepercayaan pada teman,,hal yang tidak dilakukan AS dan sekutunya,,AS hanya memberikan 0 (zero) kepada indonesia,,sama halnya kepada india yg dulu jor2an membeli senjata AS dan jdi sekutu as(bahkan sebelum perang lawan pakistan) …

  14. Tuh sudah ada ajakan dari Pihak Rusia langsung “Kami bersedia berbicara dengan PT Dirgantara Indonesia untuk memproduksikan komponennya di sini,”…kita buktikan saja Apakah PT.DI hanya digunakan sebagai Sales Airbus grup utk memasarkan Produk2nya ato PT.DI bisa jadi Contoh Perusahaan besar milik Negara yg dapat mengambil ilmu sebanyak-banyak dari mana saja entah dalam ato luar negeri utk dikembangkan sendiri agar PT.DI menjadi perusahaan Aviasi kelas dunia layaknya Airbus,LM ato Boeing..ato PT.Di hanya puas hanya bisa merakit saja dan memasarkan saja produk2 Airbus semata, tidak kah PT.DI ingin dapat membuat pesawat dengan mesin Turbofan atau PT.DI sudah puas hanya bisa bikin N-219 series dengan mesin Turboprop saja
    Wait and see saja

  15. Malaysia sdh menguasai pembuatan senapan masa depan, vita berapi, tinggal selangkah lagi menguasai roket antar benua, dg catatan roket tersebut ditembakan dari wilayah Turki Asia menuju Konstantinopel Eropa, dg ini cukup roket berjarak 10 km bisa antar benua. Itulah mengapa Malaysia sangat getol bekerjasama dg FNSS Turki dg DEFTECH Malaysia dlm pengembangan “kereta kebal” AV8 Gempita karena dg kerjasama ini ada harapan untuk bisa mengembangkan juga roket antar benua di wilayah Turki. Turki adalah salah satu negara didunia yg memiliki wilayah didua benua yakni dibenua Asia dan sedikit di benua Eropa (Konstantinopel).

    Satu hal lagi, angkatan laut Malaysia adalah salah satu pemilik kapal selam terjaguh sekawasan yg memiliki kemampuan untuk pertempuran permukaan sekaligus penyusupan bawah air. Untuk itu, sampai kini para awak kapal selam Scorene angkatan lauf Malaysia msh rajin berlatih mengambangkan Scorpene dan menyelam. Demikian sedikit ulasan bung Wong Sugih, semoga menambah wawasan.

  16. Sebenere rusia juga punya kepentingan, yaitu unt memasarkan peswat kompersilnya, cz sukoi rusia melihat pasar pesawat di indo yg sangat besar, dan dikuasai pabrik amprik ama eropa. Tpi pabrikan eropa ama amprik hanya melihat indo sebagai pasar, tanpa mengembangkan industri penerbangan indo. Itu bedanya rusia ama amprik n eropa

  17. Nih pesawat mesinnya yg buat dari snecma, perancis..setelah embargo..apa masih suplai mesin dari perancis atau dibuat lokal?

  18. Hubungan indonesia dengan rusia memang jauh ketinggalan dibandingkan dengan negara negara blok barat dan USA, airbus dan boing dapat kontrak ama Lion aja 30 dan 24 milyar USD untuk 10 tahun kedepan, belon lagi Garuda, air asia indonesia dan sriwijaya air,,,, harusnya rusia buka trobosan baru, bukan cara konvensional kaya gitu, buka JV di bandung, alih tehnology,, kayak toyota gitu,,, pabrik pesawat sama kayak perusahaan karoseri cuma tehnology beda… sedangan mesinnya lain lagi pabriknya…

  19. malon ooo malon negeri seribu beruk kahkahkah

  20. jalan baru menimba ilmu memproduksi komponen pesawat,,,, bisa jdi ini ada kaitannya dgn pesawat yg akan di produksi oleh PT. DI selain N219,,,,

  21. Kesempatan emas buat kita, tapi gak mngkin cuman bikin kursi sama BAN doang kan!!.

    Kalo komponen yaaaa selain mesin pesawat brarti bung, untung2 kalo disuruh produksi komponen mesin!!!! Untung gede kita sambil belajar, modif, dan kembangkan…..yang penting jangan copy paste lah.

  22. Welcome rusia! Saatnya negara maju berkompetisi di indonesia. Yang dapat memberikan manfaat sebanyak2 nya bagi indonesia, itulah yg akan jadi pemenang! Yg model hit and run spt amrik, kelaut aja deh!

    Pt di, lapan, bppt, perguruan tinggi hrs sgr mrningkatkstkan kapasitas sdmnya. Saatnya menyambut panen raya dirgantara!

 Leave a Reply