Jul 312019
 

Perayaan Hari Angkatan Laut Rusia di St. Petersburg. (@ Russian MoD)

Teheran, Jakartagreater.com   –  Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran dan Kementerian Pertahanan Rusia telah menandatangani nota kesepahaman dengan tujuan untuk memperluas hubungan bilateral, kata kantor berita Iran Mehr mengutip Komandan Angkatan Laut Iran Hossein Khanzadi pada hari Senin 29-7-2019, dirilis TASS.

Elit militer mengatakan dokumen itu telah ditandatangani selama perjalanannya ke Rusia. “Ini adalah nota kesepahaman pertama dari jenis ini, dan itu dapat dianggap sebagai titik balik dalam hubungan Teheran di Moskow di sepanjang lintasan pertahanan,” kata Khanzadi.

Rusia dan Iran mungkin segera mengadakan latihan bersama angkatan laut di wilayah Selat Hormuz, kata komandan Angkatan Laut Iran kepada kantor berita IRNA, Senin 29-7-2019 sebelumnya.

“Latihan gabungan Rusia-Iran diperkirakan akan diadakan segera di Samudera Hindia. Latihan itu juga dapat diadakan di bagian Utara Samudra Hindia, termasuk di Selat Hormuz,” kata komandan angkatan laut.

Dia juga mengatakan Rusia dan Iran terlibat dalam negosiasi untuk memperkuat kerja sama pertahanan di Laut Kaspia.

Komandan Angkatan Laut Hossein Khanzadi tiba di St. Petersburg pada akhir 27 Juli 2019 untuk kunjungan 3 hari untuk menghadiri perayaan yang menandai Hari Angkatan Laut Rusia dan membahas pengembangan kerja sama maritim dengan mitra-mitra Rusia.