Rusia Kembali Terima Tiga Su-27SM3

2
22


Tiga Su-27SM3 yang baru diserahkan

Pabrik Dirgantara Gagarin dari Komsomolsk-on-Amur, anak perusahaan Rusia Sukhoi Corporation, baru-baru ini menyerahkan tiga pesawat tempur Su-27SM3 kepada Kementerian Pertahanan Rusia.

Tiga pesawat tempur baru diterima di bandara Pabrik Dirgantara Gagarin oleh perwakilan Angkatan Udara Rusia dan kemudian oleh pilot Rusia diterbangkan ke lokasi penempatannya.

Tiga pesawat peningkatan Su-27SM3 akan dikerahkan di Bandara Krymsk (wilayah Krasnodar) di mana Korps Penerbangan Campuran ke-3 dari Angkatan Udara Wilayah Militer Selatan dan Divisi Penerbangan Hibrida Pertama Angkatan Udara Keempat berlokasi.

Resimen penerbangan sebelumnya telah menerima sembilan pesawat Su-27SM3 yang ditingkatkan sejak 2014. Setelah mendapatkan tiga pesawat baru, resimen kini dilengkapi dengan 12 pesawat tempur Su-27SM3.

Sejauh ini, Su-27SM3 adalah peningkatan sempurna dari seri Su-27. Untuk memodernisasi, pesawat dilengkapi dengan mesin turbojet AL-31F-M1 baru yang diproduksi oleh MMPP Salyut Moscow Machine Manufacturing Plant, yang memiliki fitur daya dorong yang lebih kuat dan life time lebih panjang.

Su-27 juga dilengkapi dengan “Glass Cockpit” canggih dengan empat tampilan layart multi-fungsi, dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih untuk memastikan komunikasi yang andal antara pesawat dan pusat komando. Selain itu, Su-27SM3 juga telah dilengkapi dengan peralatan udara dan sistem senjata baru, dan peningkatan sistem kontrol penerbangan. Menjadikan Su-27SM3 yang ditingkatkan memiliki kemampuan dua kali lipat untuk menetralisir target udara dan target darat dibandingkan Su-27.

Pabrik pesawat di Komsomolsk-on-Amur kini tidak lagi memiliki rencana untuk merakit Su-27SM3 atau peningkatan Su-27 ke standar Su-27SM3. Tiga pesawat tempur yang baru diserahkan adalah seri terakhir yang dimodernisasi. Sementara stok 36 unit Su-27 yang akan ditingkatkan hingga kini masih belum jelas kelanjutannya.

Sina