JakartaGreater.com - Forum Militer
Apr 012018
 

Jet tempur multirole generasi kelima Su-57 Rusia. © Dmitry Terekhov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perusahaan pertahanan asal Rusia kabarnya telah menyelesaikan pengembangan amunisi kaliber kecil untuk jet tempur generasi kelima Su-57 (PAK FA), seperti dilansir dari laman Sputnik.

Pesawat tempur generasi kelima Su-57 Rusia ini rencananya akan dipersenjatai dengan bom udara “Drel” yang baru dirancang, kata Wakil CEO Techmash Concern, Alexander Kochkin.

“Drel dapat digunakan oleh semua jenis pesawat, mulai dari pengebom strategis jarak jauh hingga pesawat seran darat”, tutur Kochkin kepada media Rusia.

Dia menambahkan bahwa bom “fire and forget” itu memungkinkan untuk dijatuhkan oleh pesawat pembom tanpa memasuki wilayah udara musuh karena bom itu sendiri dapat meluncur lebih dari 30 km (19 mil).

“Pesawat menjatuhkan bom, itu mulai meluncur ke bawah dan sistem self-homing terintegrasi akan menempatkannya pada jalur menuju targetnya”, kata Kochkin menjelaskan. Sebuah klaster sub-amunisi dari bom tersebut akan mampu menghancurkan baterai rudal atau pasukan tank.

Bom ini juga hampir tidak terlihat oleh radar dengan elemen pencari panas serta kebal terhadap penanggulangan radio-elektronik atau jamming.

Pada bulan Januari, CEO Techmash Concern Vladimir Lepin mengumumkan bahwa bom Drel tersebut dapat dilantik dalam layanan Angkatan Bersenjata Rusia pada awal 2018, setelah selesai dilakukan pengujian.

Dirancang oleh produsen pesawat Sukhoi, Rusia, Su-57 yang baru adalah jet tempur generasi kelima pertama buatan Rusia yang dikembangkan sebagai superioritas dan serangan udara.

Ini adalah jet tempur siluman, sangat bermanuver dan mampu terbang berkecepatan supersonik tanpa mengaktifkan afterburner. Dalam hal karakteristik, Su-57 berada di liga yang sama dengan pembom-tempur generasi kelima F-35 AS.

Berbagi

  67 Responses to “Rusia Kembangkan Drel, Bom Klaster Siluman”

  1.  

    Uedann,,senjata baru bear terus bermunculan…apakah ini efek samping false flag london…sruputt kopi dulu ahh.

  2.  

    Apa menariknya kalo punya bom tandan siluman.. Percuma aja nyerang kalo dari jarak jauh udah kedetect duluan, Hhhhhhhhhh

    •  

      Bom Tandan ini digunakan untuk bantuan tembakan udara, di front garis depan jauh dari sistem pertahanan udara musuh.
      Perkembangan terbaru Radar dan Pertahanan Udara saat ini sudah mobile dan bisa ditarik ke garis depan sehingga Bom Tandan bisa diantisipasi.

      Drel ini dengan glider sayap , self homing (inertia) jangkauan 30 Km dengan fitur siluman untuk menghindari pertahanan udara lawan dan dan jarak 30 km meminimalkan risiko pespur dari rudal anti udara lawan.

      •  

        Itu tetap saja percuma. kenapa?? Karena tak ada negara kuat yg tak memiliki pertahanan udara, pespur penjaga/pengintai serta radar baik AWACS/AEW&E. Jika menghadapi pasukan musuh yg tak memiliki payung udara yg kuat bukankah masih ada helpur dan bom pintar??

        Menghancurkan payung udara musuh lebih berguna daripada melempar bom kluster. Bahkan jika pasukan musuh lebih kuat bukankah ranjau lebih mengerikan daripada bom kluster??

        •  

          Saya gak gitu mudeng dengan komentar Bung Agato.
          Tapi Bom Pintar itu versi advance nya bom cluster.

          Ketika infanteri/kavaleri sudah saling berhadapan, maka diperlukan bantuan pengeboman yang masive ke posisi lawan sebelum infanteri/kavaleri maju.
          Dan medan perang seperti ini diartikan sudah keluar/jauh dari homebase, artinya posisi sudah jauh dari Rudal/Radar pertahanan darat di homebase.
          Perkembangan terbaru seperti PAC, Thaad, S300/400 adalah pertahanan udara yang mobile bisa ditarik ke garis depan, hal ini menyulitkan wartog atau frogfoot bekerja. Untuk itu diciptakan Drel, 30 KM diluncurkan jauh dari belakang garis depan dengan fitur siluman, tidak bisa di deteksi pertahanan udara lawan.

          “Bahkan jika pasukan musuh lebih kuat bukankah ranjau lebih mengerikan daripada bom kluster??”
          bukannya Ranjau itu dipasang secara manual di darat, sambil mundur ke belakang ?? jika dalam front berhadapan mana sempat pasang tuh ranjau darat?
          Beda fungsi ama bom cluster dan ranjau darat

        •  

          bom cluster juga ada yg versi buat nebar ranjau
          bung agato
          udah diaplikasikan oleh uni soviet di afghanistan

      •  

        Sebenarnya Drel itu bukanlah bom siluman sebab masih bisa dilihat bentuknya oleh mata dan dipegang/dijamah.

        Bom siluman yang sesungguhnya itu tidak bisa dipegang, tidak bisa dideteksi oleh radar dan tidak bisa dilihat bentuknya oleh mata telanjang.

        Tetapi saat bom ini meledak maka dampaknya sangatlah nyata.

        Apakah anda masih belum tahu bom siluman yang sesungguhnya ?

        Padahal hampir tiap hari anda mungkin membuatnya meledak.

        Bom siluman itu adalah gas buang dari perut anda.

        Dahsyat suaranya, kalaupun tidak ada suaranya sangat dahsyat dampaknya.

        Xixixixixi

  3.  

    Indonesia Darurat 85% Offset & T.o.T SU-57

    •  

      Kalo gitu tanya aja ke Jimmy, perlu berapa ratus Su-57 kalo Russiah mau ngasih ToT dan offset sebesar 85% ??? Yah syukur kita bisa bantu ekonomi dan warga Russiah yg lagi sekarat karena sanksi ekonomi, apalagi tuh negara abis mau bunuh orang di Salisbury. Hhhhhhhhhh

  4.  

    bom cluster emang rata2 tdk terdeksi radar karena kecil2 seukuran granat. aneh apa barunya dan rata bom pintar punya jarak kurang lebih 30km kalau rusia baru buat sekarang berarti sdh ketinggalan jaman bgt yah

  5.  

    Bom bodoh yg belajar di sekolah khusus, diberikan ilmu bisa terbang melayang 30 km ditambah kemampuan kemudi mandiri, ntar kalo lulus sekolah dpt predikat bom pintar … mirip punya saingan nya Russia neh.

  6.  

    setidaknya rusia bikin nato ketar ketir sama ICBM terbarunya,pakar militer as bilang ancaman besar ICMB rusia,disini pakar bernama AGATO bisa mendeklarasikan gak ada ngaruhnya buat as,,brarti AGATO lbih cerdas dripada pakar as,,sayangnya dia cuma bisa teriak” di sini(ibarat anjing liar menggonggong di jalan)

    •  

      Emangnya hanya Rusia aja yg punya ICBM ??? Trident D-5 ama Minuteman III aja masih sanggup buat ngeratain Rusia lagi kok. Kalo harga 1 ICBM terbaru plus hulu ledak dg MIRV sampai 8 unit butuh USD 60 juta, Ente bayangkan aja kalo USD 100 milyar Anggaran militer USA (dari total USD 700 milyar) dipake semua buat bikin ICBM, lebih dari 1600 unit yg jadi. Itu hanya dalam waktu setahun loh.

      Nah sekarang coba ente bandingin Ama total anggaran militer Rusia 2018 yg “cuma” sebesar USD 48 milyar. Dapet berapa ICBM?? 800 aja. .https://id.rbth.com/military/2017/08/19/rusia-akan-potong-anggaran-militer-apa-saja-proyek-yang-terimbas_qyx825000

      Mau Segede apapun hulu ledaknya, mau kayak Tsar Bomba sekalipun, Rusia hanya bisa buat 1/2 dari apa yang bisa diproduksi oleh USA. Nah sekarang gimana kalo semua anggaran militer USA dipake buat bikin ICBM, Emangnya Rusia mau jadi dendeng lawan USA?? Itu belum ngelibatkan UK, Prancis, Israel. Lah gimana kalo ketiganya ikutan juga???

      •  

        Dendeng kuadrat jadinya. Hhhhhhhhhh

        •  

          gue yakin inggris amerika pun pasti bukan jd dendeng kuadrat sj tp langsung jd pekasam….
          ..hhhhhhh…..

        •  

          mister [email protected] bom nuklir itukan bukan karena jumlahnya, istilanya siapa cepat dia dapat, lha.. klu usa kedahuluan kena 100 tsar bom apa nggak menguap….kakakakakakakaka…..

          •  

            Lucu, dikira senjata nuklir disimpan dilapangan kali ya. Hhhhhhhhhh, senjata nuklir milik USA disimpan ditempat dimana begitu ada serangan nuklir terhadap USA, mereka akan langsung bisa menyerang balik, bahkan fasilitas pembuatannya takkan mempan dihajar nuklir sekalipun. Masalahnya bisakah Rusia menahan balik serangan nuklir USA ???

      •  

        tdk usah muluk2 beranikah amerika melawan rusia sendirian? jd begedel nanti.

      •  

        bom nuklir kan sdh dlm simpanan lihat jumlahnyapun seluruh dunia sdh tahu milik rusia lbh banyak itu yg di tunjukkan yg tdk di tunjukkan gue yakin jauh lebih banyak lg,

        •  

          Warisan Uni Soviet kok bangga. Masalahnya bisa gak tuh Rusia Produk lagi hingga jumlah tertinggi yg pernah dicapai Ini Soviet?? Bakalan bangkrut Rusia kalo mau nyoba. Kalo USA mau buat hulu ledak sampai 30.000 masih mampu, 3 tahun kurang juga udah jadi tuh hulu ledak. Itu kalo pake Anggaran militer saat damai, lah kalo saat perang ya ente bayangin aja anggaran sebesar USD 4 Triliun dipake buat ICBM, totalnya bisa lebih dari 66.600 buah dalam waktu setahun, so masih mau nantang ??? Hhhhhhhhhh

          •  

            Walaupun cuma warisan uni sovyet? Tapi amerika inggris & sekutu sekutunya cuma berani melakukan perang dingin dimasa perang dingin dgn dana yg tidak sedikit yg digelontorkan amerika inggris & para sekutunya utk mmberikan pengaruh & menarik negara2 bagian uni sovyet utk masuk kumpulan nato, yg dulu dana itu tidak disetujui jfk yg berakibat mati

            Hahhaahaaaa

      •  

        Rusia dan AS gk perlu make semua anggaran militernya buat bikin icbm nuklir bang, jumlah yg sekarang aja udah cukup kok buat bikin dunia kiamat, apalagi klo NATO juga ikut2an pke nuklir

  7.  

    ada yang bisa konfirmasi postingan ini:
    https://www.instagram.com/p/BhBuZCNHqKS/?taken-by=avia.pedia
    itu april mop apa hoax ya? 😀

  8.  

    Boronggggg

  9.  

    saya setuju dengan bung zain

    sebenarnya usa emng berani sm rusia.
    ga pk muluk2 lgi.
    xi xi xi

    cocok bung zain

  10.  

    Memang bom Drel ini bukan hal yang baru, tetapi ada yang unik dari bom ini, apa yang di tulis ulasan diatas, bahwa bom ini bisa menyasar sasaran tanpa harus ketahuan musuh di darat, baik itu di detek radar maupun arhanud.

  11.  

    Percuma ada larangan penggunaan bom cluster dan fospor toh AS memakainya pada perang Irak dan Israhell pd perang dgn Hizbullah Libanon dan PBB hanya bs berbisik2 dlm diam tak bergerak!he3. Pantas negara lain mengembangkan jg!he3

  12.  

    SU 57 bukan lg gen 5 tapi sudah gen 6, membidik tanpa diketahui, tembak & pergi

    Hahhaahaaaa

  13.  

    bom klaster atau bom tandan adalah bom serangan udara tertua,,,yang dilarang dari bom ini iyalah bom klaster tipe karpet…karna memang bom khusus untung bumi hangus tanpa pandang bulu…!!!

  14.  

    ”Dalam hal karakteristik, Su-57 berada di liga yang sama dengan pembom-tempur generasi kelima F-35 AS.”

    F-22 ngakak

  15.  

    Itu konsep su 57 dengan full stealthnya membidik tanpa diketahui menembak & pergi

    Hahhaahaaaa

 Leave a Reply