Jul 212017
 

Rusia mengembangkan versi modern dari jet tempur multiperan Su-30SM berdasar pengalaman tempur di Suriah. © Sputnik

Rusia kini sedang mengembangkan versi modern dari jet tempur super manuver, Sukhoi Su-30SM dengan avionik yang telah diupgrade dan mampu menggunakan amunisi presisi tinggi terbaru, seperti dilansir dari laman Izvestia.

Disebut sebagai jet tempur Sukhoi Su-30SM1, surat kabar berbahasa Rusia itu menyebut bahwa modernisasi terbaru ini didasarkan pada pengalaman tempur Rusia dalam konflik Suriah yang sedang berlangsung.

Menurut laporan tersebut, Su-30SM1 telah mengupgrade peralatan radio elektronik, serta sejumlah besar amunisi presisi. Irkut Corp., anak perusahaan United Aircraft Corporation (UAC) yang membangun jet tempur Su-30SM1 mengatakan bahwa modernisasi itu sedang berlangsung dipabriknya, namun menolak untuk merinci jumlah pesawat yang mengalami upgrade tersebut.

Su-30SM1 kemungkinan besar akan menampilkan sistem manajemen senjata upgrade dan membawa berbagai jenis senjata presisi berpemandu buatan Rusia termasuk rudal udara-ke-permukaan KAB-250 dan rudal siluman ?-59??2.

KAB-250 bersifat modular dan dapat menggunakan koreksi pemandu inersia GLONASS/ GPS atau dapat dipandu oleh laser. Sementara itu, versi ?-59??2 adalah versi baru rudal anti-kapal berbasis X-59 yang telah dioptimalkan untuk menyerang target darat.

X-59MK2 terbaru memperoleh kemampuan untuk menyerang target berbasis darat yang telah diprogram sebelumnya, namun tidak dijelaskan apakah rudal itu punya kemampuan untuk kapal perang di laut.

Masih belum dijelaskan upgrade apa saja yang dilakukan pada peralatan yang terintegrasi pada jet tempur Su-30SM1.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yury Borisov dalam kunjungan yang dilakukan baru-baru ini di Irkutsk Aviation Plant (IAZ), mengatakan bahwa pengiriman 17 jet tempur Su-30SM baru diperkirakan akan dilakukan tahun ini.

Bagikan:

  22 Responses to “Rusia Kembangkan Jet Tempur Su-30SM Versi Modern”

  1.  

    Pertamini

  2.  

    Pespur murah…isiannya berkembang terus..

  3.  

    Mabok sukro…

  4.  

    Rusia cerdas… itulah knp alutsista Rusia kehebatannya tdk kalah dg yg laen tp harganya mengalahkan yg laen….

    •  

      @Cendol

      Harga pespur Rusia lebih mahal dari pespur lain ?) ????? coba berikan saya data link_nya . Setahu saya pespur barat malah jauh lebih mahal bung ( kecuali pespur Made ini fakistan / F17 atau pespur India / tekad dan pespur latih Korea /T50 & FA50 ) ???
      Saya mungkin setuju jika masa pakai pespur Rusia lebih pendek dari pespur buatan USA atau Eropa . Tapi walau usia pakai / jam terbang lebih pendek secara kualitas pespur Rusia sebanding dengan pespur pabrikan USA & Eropa , malah pada titik tertentu sedikit lebih baik , kelebihan lain dari Alutsista Rusia adalah bebas embargo , pembeli bebas mempergunakan semua Alutsista yang di beli dari Rusia sesuai dengan kebutuhan negara pembelinya .

      #Pendapat_orang_awam

  5.  

    mak jang…
    jadi beneran mabok ya? 😆 wkwkwkw 😀

  6.  

    harap2 cemas menunggu kedatangan SU35 mungkin ditunda menunggupertumbuahan ekonomi 7%

  7.  

    Semoga. 10 sukhoi 35 sdh termasuk persenjataan komplit serta suku cadang …… Jika suda vit. Tambah lagi 6 sukhoi 35 komplit biar utuh 1 skadron ……….

  8.  

    Maaf jika boleh usul :
    Tambah skadron baru …

    .- 1 skadron FA-50 -i komplit senjata
    – 1 skadron Yak 130 komplit senjata
    – 1 skadron F-16 Viper komplit senjata
    – 1 skadron sukhoi 35 komplit senjata

    Mhn maaf jika ada salah kata

    •  

      Gado2 banget dong bung hahaha…
      Sy juga mendukung sih kalau di dijadiin gado2… imo barang rusia diperlukan supaya asu jadi ga semena-mena aja maen embargo, dan memang kenyataan setelah TNI beralih ke alutsista rusia asu langsung mencabut embargonya soalnya mereka juga pasti ga mau kalau sampai pengaruh rusia membesar di asia tenggara Bisa dijadiin deterrence anti embargo hahaha…

      Tapi kalau pengganti F-5 tiger sepertinya sudah mantap pilihannya, panglima TNI juga udah bulat keinginan maunya itu… Jadi sisanya yah mungkin buat pengganti hawk, katanya kan dulu juga mo dicari penggantinya hawk kandidatnya kuatnya bisa jadi yah F16 viper block 70, FA-50 sm ehem Gripen deh… Itu juga kalau Bener niat lah ini sukro aja ga kelar2 xixixi…

  9.  

    Kirain manuver zigzag, rupanya persenjataan..
    Makin bongsor aja ahahahaa

  10.  

    Layak dipertimbangkan jika kemampuannya setara SU-35 yg tidak kunjung selesai negosiasinya. SU-27SM3 (kalo gak salah) juga sepertinya memiliki kemampuan yg tdk kalah dr SU-35. Btw, beli sukhoi kok serasa beli motor bebek hon** yah? Dr jaman C70 cuma di modif2 terus sampai jadi supra x? Mohon pencerahan.

 Leave a Reply