Rusia Kembangkan Kapal Serbu Amfibi Baru Berbobot 8.000 Ton

JakartaGreater.com – Biro Desain Severnoye sekarang sedang mengerjakan proyek kapal serang amfibi terbaru untuk Angkatan Laut Rusia, menurut keterangan sumber di industri pertahanan dalam negeri kepada TASS pada hari Senin.

“Biro Desain Severnoye telah mendapatkan tugas mengembangkan proyek baru dari kapal serbu amfibi berukuran besar untuk Angkatan Laut Rusia. Pengerjaan desain konseptual sedang berlangsung”m kata sumber itu, tanpa menentukan kerangka waktu pengerjaan.

Upaya penyiapan visi dari awal untuk membuat kapal serbu amfibi berukuran besar bobot sekitar 8.000 ton mulai dikerjakan selain mengembangkan beberapa proyek lainnya. Biro desain lain tidak terlibat dalam pekerjaan ini, jelas sumber itu menekankan.

United Ship-Building Corporation asal Rusia menolak berkomentar tentang informasi ini.

Biro Desain Teknik Kelautan

Biro Desain Severnoye adalah salah satu biro desain terbesar di Rusia yang didirikan pada tahun 1946. Biro desain ini mengembangkan kapal-kapal permukaan dari berbagai kelas, termasuk kapal Proyek 11356, fregat canggih Proyek 22350 serta kapal patroli modular Proyek 22160. Biro Desain Severnoye juga sedang mengerjakan desain kapal perusak masa depan yaitu Lider atau Leader.

Sebenarnya semua proyek kapal serbu amfibi telah dirancang pada periode Soviet dan pasca-Soviet oleh Biro Desain Nevskoye yang merupakan biro desain tunggal di Rusia saat ini yang mengkhususkan diri dalam perancangan kapal induk dan kapal serbu amfibi.

Pekerjaan pada kapal serang amfibi berukuran besar pertama, Ivan Gren (Proyek 11711) dalam sejarah modern Rusia dimulai pada tahun 1998 tetapi diseret dalam jangka waktu yang panjang karena banyak perubahan dalam hal tugas teknis untuk konstruksi kapal perang yang diprakarsai oleh Angkatan Laut Rusia.

Bobot Ivan Gren sekitar 6.000 ton dibandingkan dengan Proyek 1171 sebelumnya, yakni kapal serbu amfibi Tapir yang berbobot 4.300 ton. Kapal perang yang paling banyak dari kelas ini di Angkatan Laut Rusia adalah Proyek 775 dengan bobot 4.400 ton.

Leave a Comment