Rusia Kembangkan MLRS Tornado-G yang Bisa Dijatuhkan dari Udara

tornado g russia

JakartaGreater – Splav Research and Production Association (bagian dari Technodinamika Holding Company di Rostec) akan mengembangkan versi sistem roket peluncuran ganda 122mm Tornado-G 122mm terbaru untuk Angkatan Udara, ungkap CEO Splav Alexander Smirnov kepada TASS pada, Jumat, 19/11/2021.

“Program persenjataan negara yang baru kemungkinan akan mencakup modifikasi baru, Tornado-G yang dapat dijatuhkan dari udara yang dipasang pada sasis baru. Kami siap untuk melakukan pekerjaan ini dan terserah pelanggan [Kementerian Pertahanan Rusia] untuk membuat keputusannya,” kata kepala eksekutif.

Tornado-G adalah peluncur roket ganda 122mm yang berasal dari sistem Grad. Sistem peluncuran roket ganda yang baru dapat mengirimkan tembakan otomatis dari posisi yang tidak siap (unprepared position), yang membantu melepaskan tembakan dengan cepat dan mengalihkan sistem artileri ke mode perjalanannya langsung dari kabin awak dan mengubah posisi menembak.

Sebelumnya, sistem roket peluncuran ganda portabel udara Grad-V yang dipasang pada sasis truk GAZ-66B dan dilengkapi dengan platform 12 tabung peluncuran dioperasikan oleh pasukan udara Uni Soviet.

Baca juga: Tanggapan Pakar Rusia Soal Uji Rudal Hipersonik AS

Kini MLRS Tornado-G umunya dipasang di chasis truk  Kamaz atau Ural-4320 agar lebih ringan. Sementara MLRS Tornado-S dan Tornado-U dipasang pada 8×8 transporter-erector-launcher MZKT-79306.

Tornado-G memiliki peluncur 2×15 1×40 dengan amunisi 122mm, Tornado-U memiliki peluncur 2×8 2×6 220mm, sementara Tornado-S memiliki dimensi amunisi terbesar: 2×6 2×4 300mm.

Beberapa sistem peluncuran roket untuk Angkatan Laut Rusia

Asosiasi Penelitian dan Produksi Splav sedang mengembangkan beberapa sistem peluncuran roket untuk Angkatan Laut Rusia untuk mengirimkan serangan artileri dan roket dan dalam memberikan pertahanan terhadap senjata bawah air, kata kepala eksekutif.

“Splav saat ini terus bekerja untuk menciptakan sistem peluncuran roket bagi Angkatan Laut untuk mengungguli pendahulunya dalam hal pertempuran dan karakteristik operasional. Mereka dirancang untuk melakukan misi serangan dan memberikan pertahanan terhadap senjata bawah laut yang dibawa melalui laut,” jelasnya.

Beberapa sistem peluncuran roket yang dikembangkan oleh Splav sudah beroperasi di Angkatan Laut Rusia, kata kepala eksekutif.

9A53 G Tornado

MLRS T9A53-G Tornado Russia. (@Russia MoD)

“Sistem peluncuran roket Grad-M, Zapad dan Udav-1M yang dikembangkan oleh perusahaan kami dalam layanan operasional dengan Angkatan Laut Rusia,” katanya.

Keluarga Tornado dari beberapa peluncur roket membuktikan nilainya sebagai senjata yang efektif.

Keluarga Tornado dari sistem roket peluncuran ganda terbaru telah membuktikan nilainya sebagai senjata yang andal dan efektif, kata kepala Splav.

“Saat ini, keluarga Tornado terdiri dari peluncur roket ganda Tornado-G 122mm dan Tornado-S 300mm. Sistem Tornado-G dan Tornado-S yang diadopsi untuk layanan telah membuktikan nilainya sebagai senjata yang sangat efektif dan andal yang memenuhi persyaratan tertinggi saat ini, “tegasnya.

Tornado G MLRS

MLRS Tornado-G (@ Vitaly V. Kuzmin – commons.wikimedia)

Sistem roket peluncuran ganda Tornado akan tetap menjadi senjata yang tangguh untuk waktu yang lama, kata kepala eksekutif.

“Ini secara konseptual sistem baru dan efisiensi mereka akan tetap selama bertahun-tahun,” dia menekankan.

Sistem roket peluncuran ganda jarak jauh 300mm Tornado-S dapat menyerang target pada jarak 120 km, meliputi area seluas lebih dari 60 hektar. Sistem ini mampu menembakkan roket tunggal maupun salvo dari 12 tabung peluncuran.

Rostec meluncurkan produksi serial roket pintar untuk sistem Tornado-S

Asosiasi Penelitian dan Produksi Splav telah meluncurkan produksi serial roket pintar terbaru untuk sistem roket peluncuran ganda Tornado-S 300mm, kata CEO Splav Smirnov.

mlrs tornado s

Sistem peluncur roket ganda “Tornado-S” (9К515) dengan peluru kendali roket 300 mm.(@Rostec)

“Roket semacam itu sudah diproduksi secara serial. Kontrak jangka panjang dengan Kementerian Pertahanan [Rusia] telah ditandatangani untuk pengirimannya ke pasukan,” kata kepala eksekutif.

Persiapan juga sedang dilakukan untuk uji coba awal proyektil baru dengan drone tertutup untuk sistem roket peluncuran ganda Smerch, katanya.

“Persiapan sedang berlangsung untuk uji coba awal batch eksperimental roket dengan partisipasi pelanggan,” ujar kepala Splav.

Leave a Reply