Rusia Kembangkan Perlengkapan Tempur Ratnik Generasi Ketiga

Rusia Strelets dan Ratnik

Pasukan penerjun payung Rusia berlatih menggunakan Strelets dengan seragam Ratnik. © Russian MoD

JakartaGreater.com – Industri pertahanan Russia akan mengembangkan peralatan tempur Ratnik generasi ketiga dalam 5-7 tahun kedepan, Dirjen lembaga penelitian ilmiah TsNIITochMash (anak perusahaan Rostec), Dmitry Semizorov kepada TASS.

“Saya kira bahwa perlengkapan tempur memiliki masa kerja sekitar 5-7 tahun. Kita harus melakukan tidak hanya sekedar penelitian, tetapi juga mengerjakan pengembangan dalam periode ini untuk merancang perlengkapan Ratnik generasi ketiga untuk menggantikan model yang dikembangkan sebelumnya,” kata Semizorov.

Dia menunjukkan bahwa perancangan Ratnik generasi baru terkait dengan pengembangan bahan inovatif. “Kami berencana untuk mengurangi berat perlengkapan tempur Ratnik secara drastis. Karena penggunaan yang luas dari bahan inovatif dalam mendukung kehidupan dan peralatan perlindungan individu, industri secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur prajurit yang turun di medan perang”, tambah CEO.

Dia menunjukkan bahwa generasi berikutnya dari peralatan tempur Ratnik akan mencakup perangkat identifikasi-teman-atau-lawan (IFF) perangkat. Lembaga penelitian ilmiah TsNIITochMash dapat mengintegrasikan kerangka luar dengan peralatan tersebut, Semizorov menunjukkan. “Kami telah mencapai hasil positif di bidang pengembangan peralatan. Terus terang, industri tidak tahu apakah kerangka eksternal dan sistem IFF akan diperlukan dalam generasi baru perlengkapan Ratnik. Saya akan menunjukkan bahwa Ratnik generasi ketiga akan menggabungkan sub-sistem baru”, kata Semizorov. Dia menambahkan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia (MoD) telah memerintahkan untuk mengembangkan konsep pakaian tempur generasi baru.

Sebelumnya, Dirjen Advanced Research Foundation (akronim Rusia: FPI, Fond Perspektivnyh Issledovaniy), Andrei Grigoriev mengatakan bahwa finishing generasi baru dari pengembangan peralatan individu dijadwalkan antara 2025-2030.

Ratnik (Warrior) adalah sistem tempur infanteri Rusia. Hal ini dirancang untuk meningkatkan konektivitas dan efektivitas Tentara Rusia di medan perang. Perbaikan termasuk body armor modern, helm dengan monitor khusus (monitor mata, termal, night vision, senter), sistem komunikasi dan headphone khusus.

Sistem “Strelets” memberikan kemampuan komunikasi suara dan video. Termasuk modul navigasi GLONASS, sehingga pemimpin pasukan dapat melihat lokasi masing-masing prajurit pada komputer seukuran buku. Dengan komputer ini, ia juga bisa memberikan perintah kepada skuadnya, mengirim video dan foto ke markas. Setiap prajurit memiliki komputer taktis sendiri, tapi tidak seperti komputer pemimpin, yang satu ini lebih kecil, seukuran telepon genggam.

Ratnik melindungi hampir 90% dari tubuh prajurit. Secara umum, berat peralatan Ratnik lengkap dengan perisai anti peluru khusus paha dan bahu adalah 19-20 kilogram. Berat dasar Ratnik (untuk insinyur dan tenaga medis) adalah 15 kg (tanpa pelindung paha dan bahu).

Perlengkapan tempur Ratnik telah melewati semua tes, dan telah diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Rusia. Untuk Angkatan Laut, rompi anti peluru dikombinasikan dengan jaket pelampung, sehingga tentara dan pelaut yang dilemparkan ke dalam air tidak akan tenggelam.

Sumber: TASS

Leave a Reply