Feb 062019
 

Buletin tematik Kementerian Pertahanan pada Selasa mengatakan bahwa Rusia sedang mengembangkan sistem senjata canggih baru untuk tank-tank yang didasarkan pada platform kendaraan berat Armata.

“Persenjataan tank yang diproduksi di dalam negeri didasarkan pada senapan smoothbore 125 mm. Selama 40 tahun terakhir, perangkat keras ini telah mengalami sejumlah perubahan sebagai bagian dari modernisasi yang bertujuan meningkatkan karakteristik taktis dan teknisnya. Saat ini, bekerja pada pengembangan senjata dengan peningkatan efisiensi energi untuk tangki calon Armata sedang berlangsung,” kata bulletin Rudal-Teknis dan Artileri-Teknis Dukungan Angkatan Bersenjata Rusia-2018.

Pada akhir Desember, Kementerian Pertahanan mengumumkan bahwa uji coba negara atas tank tempur T-14 Armata Rusia dijadwalkan akan dimulai pada 2019.

T-14 merupakan satu-satunya tank generasi ketiga pascaperang di dunia. Tank ini memiliki menara kendali jarak jauh tak berawak, sementara kru dilindungi oleh kapsul lapis baja. Senjatanya termasuk meriam 125 mm dan senapan mesin 7,62 mm yang dikendalikan dari jarak jauh.

Pada forum pertahanan internasional Angkatan Darat-2018 keempat pada bulan Agustus, kementerian menandatangani kesepakatan untuk membeli 132 tank tempur T-14 generasi berikutnya dan T-15 kendaraan tempur infanteri berat berdasarkan platform kendaraan yang dilacak militer Armata. Kesepakatan itu diharapkan akan sepenuhnya dilaksanakan pada akhir 2021.

Sumber: Sputnik News