Jun 172017
 

Pesawat kendali dan peringatan dini Beriev A-50 Rusia. © TurboSquid

Angkatan Udara Rusia,  telah mengerahkan pesawat kontrol dan peringatan dini (AEW&C) Beriev A-50 (Mainstay) dan pesawat komando udara Ilyushin Il-22 diwilayah semenanjung Krimea, seperti dilansir dari Dumskaya Net.

Kedua pesawat itu mendarat di pangkalan udara Belbek dekat Sevastopol di Krimea.

Setelah Rusia menganeksasi Krimea dari Ukraina pada bulan Maret 2014, resimen tempur di Divisi Penerbangan Campuran ke-27 yang menerbangkan jet tempur Su-27, didirikan di pangkalan Belbek.

Pesawat Berieve A-50 dikembangkan dari pesawat transport militer llyushin IL-76MD yang diproduksi oleh Ilyushin Aviation Complex Joint Stock Company yang berbasis di Moskow. Pesawat A-50 mampu mendeteksi dan mengidentifikasi objek udara, menentukan koordinat dan jalur penerbangan mereka serta mentransfer informasi ke pos komando.

Beriev A-50 juga bertindak sebagai pusat kendali yang memandu pesawat pencegat tempur dan pesawat tempur taktis menuju area pertempuran untuk menyerang sasaran yang berada di darat serta di dataran rendah.

Il-22 (Coot-B) adalah varian pesawat komando udara.  Pesawat ini di kembangkan oleh biro desain Myasischev berbasis Il-18D dan dikenal sebagai Il-18D-26 Bizon.

Modifikasi baru Il-22 akan dapat secara selektif melumpuhkan peralatan elektronik pesawat terbang dan pesawat nirawak musuh, serta sistem pertahanan udara berbasis darat.

  4 Responses to “Rusia Kerahkan Pesawat AEW&C di Krimea”

  1. Sevastopol adalah salah satu pangakaln militer penting bagi russia, wajar jika russia berusaha sekuat tenaga mempertahankannya dan akhirnya menganeksasi nya!!!

  2. 13

 Leave a Reply