Jul 312016
 

Rusia telah mengerahkan sistem pertahanan udara-400 ke Semenanjung Crimea, ujar sebuah sumber yang mengatakan kepada RIA Novosti. Sebelumnya, dilaporkan bahwa unit ini akan tiba bulan depan.

Rapier air defense missile system

Sementara di sisi Lain, British Royal Artillery Resimen 16 telah dikerahkan ke pangkalan udara Emari Estonia bersama dengan sistem rudal pertahanan udara Rapier. Kontingen, dipimpin oleh Mayor. Andy Bates, tiba di Estonia pada 29 Juli 2016.

Mirip dengan Crimea, Estonia berbatasan langsung dengan Rusia di wilayah Utara. Sementara Crimea yang tadinya masuk ke Ukraina, berbatasan langsung di wilayah Selatan.

crimea estonia

Kini Crimea menjadi bagian dari Rusia, setelah referendum lokal, mayoritas penduduk memilih bergabung dengan Rusia. Secara etnik, penduduk Crimea, mayoritas etnik Rusia. Namun kejadian ini dianggap NATO sebagai aneksasi yang dilakukan Rusia di Eropa, sehingga menimbulkan ketegangan yang berlanjut. Estonia pun mulai khawatir, akan bernasib seperti Crimea. NATO sepakat memperkuat pasukan mereka di Estonia.

A-10s enter Estonia in support of OAR

Sebelumnya, pada tanggal 25 jULI 2016, Amerika Serikat telah mengirim 8 pesawat A-10s A-10 Thunderbolt/Warthog dari 442nd Fighter Wing ke pangkalan Ämari Air Base yang kini diperkuat oleh sistem rudal pertahanan udara Rapier dari Resimen 16 British Royal Artillery.

  15 Responses to “Rusia Kirim S-400 ke Crimea, NATO Kirim Rapier ke Estonia”

  1.  

    Josss, sepertinya crime memang sangat strategis buat Rusia

    •  

      “Kini Crimea menjadi bagian dari Rusia, setelah referendum lokal, mayoritas penduduk memilih bergabung dengan Rusia. Secara etnik, penduduk Crimea, mayoritas etnik Rusia.”

      Lanjutan…..
      “Estonia pun mulai khawatir, akan bernasib seperti Crimea.”

      Komentar ane :
      apakah kehawatiran Estonia adalah sebuah ke-parno-an yang berhasil dibuat oleh NATO?? Sudah jelas bahwa Crimea mayoritas beretnis Rusia dan pemisahan itu melalui sebuah referendum oleh masyarakat crimea yang memilih bergabung Rusia. Terlepas dari operasi intelijen Rusia di Crimea, IMO sangat berlebihan kalau Estonia merasa khawatir akan di-Crimea kan oleh Rusia

  2.  

    Penghinaan nih masa Estonia dijaga rapier doank, rapier tni aja dah pensiun

    •  

      Soft approach…kalau patriot langsung disimpan, bisa gaduh. Itulah enaknya pembuat senjata. Karena Inggris pembuat Rappier, tentu mrk bisa utak atik sendiri.

    •  

      @kusni kadut

      Ini rapier bukan sembarang rapier, tapi varian terbarunya yaitu rapier-jernas.

      Kalo punya indonesia diafkir ya wajar krn versi pertama alias hanya bisa dipandu dg radar doang…kebiasaan dr jaman engkong gue, belanja versi yang paling murah tapi di kuitansi seharga rapier punya singapur hehehehehe

  3.  

    S-400 vs Rapier aku rasa tidak…… ini Nato mau ngelawak atau apa ???

  4.  

    Sebaiknya jangan terlalu mengagungkan Russia atau America Karena kedua negara tersebut punya kepentingan Akan negara yang diperanginya. Ternyata rusiapun siap menganeksasi lcs bersama cina

  5.  

    Beloem tentu Rusia ikutan di LCS.walaupun ikut latihan bersama dengan cina.dlm segi politik.unsur gertak sangat penting hanya seakan akan aj.padahal tidak.sama seperti bahasa diplomat bisa berubah ubah.

  6.  

    Udah kere, kena sanksi, lawan raper aja pusing kan kepalanya.
    Makanya jangan sok sok an menginvasi polandia dan eropa timur, kena gangbang br tau rasa pusing kepala,.
    mw sok sok an ikt cina juga.
    Bisa2 elo gak makan tong….

  7.  

    Siapa yang mau nonton bareng WW3, antara NATO vs RUSIA.
    Tiket terbatas, …
    Perhatian yang sakit jantung, ayan, dilarang nonton…BERBAHAYA

  8.  

    Rusia memang top, kita bisa lihat design dan pilihan warna utk truk kamaz beserta s400 nya yg sangat bagus, ga spt tukino brasil yg moncongnya gambar ikan hiu..xixixi lucunya tuh disono,,,skalian aja nanti klo bikin pesawat tempur gambarnya ikan piranha xixixix…lihat dong produk2 rusia keren, warnanya bagus, bersin dan berkilau, truk militer aja bersihnya kyk gtu, apalgi mobil pribadinya om putin….weleh2…top bgt deh

  9.  

    Russia Mantaaap…..

    China lbh Mantaaap lg….
    kalo tdk ada aral, tahun 2025 China akan punya 6 ekor kapal Induk semang….

    Very” menakut’kan & mengerikan….
    gpp’lah kapal Induk Kw drpd tdk punya sama sekali….

  10.  

    Pusing mikirin perang mulu, ga jadi jadi mendingan mikirin keluarga dulu biar ga malu

  11.  

    mau patriot sekalipun ga imbang..
    semua produk AS bisa diatasi dengan mudah… hipersonik rusia berlimpah.. pada bobo semua , jgn bangunin

  12.  

    wkwkwkwkwk A-10 cuma abu bagi rusia….
    pake tunguska jadul juga rontok…

    tuguska masih lebih baik daripada rapier.. ga perlu pantsir ngadepin rapier / A-10