Jun 102018
 

Jet tempur multirole generasi kelima Su-57 Rusia. © Dmitry Terekhov via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rusia telah mengurangi anggaran pertahanannya dan berfokus pada pembangunan ekonomi, hal ini menunjukkan penyelesaian modernisasi militer dasarnya, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Pengurangan anggaran belanja militer Rusia tahun ini terkait dengan sejumlah fakta bahwa pada dasarnya mereka telah menyelesaikan program modernisasi angkatan bersenjatanya, khususnya pada sistem pertahanan kritis dan persenjataan ofensifnya. Selain hal tersebut, redistribusi anggaran belanja bertujuan untuk mempromosikan perkembangan ekonomi dan potensinya.

Sebelumnya pada bulan Mei, Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) mengungkapkan bahwa pengeluaran militer Rusia untuk pertama kalinya sejak 1998 telah turun sebesar 20 persen menjadi $ 66,3 miliar.

“Angka-angka ini tidak sama persis. Namun, tren tersebut memang benar”, kata Dmitry Peskov, sekretaris pers presiden Rusia, yang telah mengalami kemajuan dan peningkatan teknologi utama selama bertahun-tahun.

Barat mungkin berpikir bahwa perekonomian Rusia terkena dampak serius dari sanksi, jadi terpaksa memotong anggaran pertahanannya. Namun, para ahli dari Military Watch yakin bahwa yang terjadi sebenarnya adalah kebalikan dari apa yang orang-orang Barat duga selama ini.

Dia menekankan bahwa modernisasi besar-besaran militer Rusia dimulai setelah Amerika Serikat menarik diri dari Perjanjian Anti Rudal Balistik (ABM), yang diteken antara AS dan Uni Soviet, dan modernisasi dipercepat setelah perang dengan Georgia pada tahun 2008.

Meskipun belum 100% dimodernisasi, keuntungan saat ini telah memungkinkan Rusia untuk mendominasi konfrontasi dengan NATO dan bahkan Amerika Serikat di banyak daerah.

Peluncuran sistem rudal pertahanan udara S-400 Rusia © Russian MoD

Bidang-bidang seperti pertahanan udara, pertahanan rudal, rudal jelajah, rudal balistik, dan kekuatan nuklir telah berkembang pesat dan mencapai sukses besar. Mereka semua menjadi salah satu senjata paling modern di dunia saat ini.

Persenjataan Rusia sekarang dilihat sebagai ancaman langsung ke Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya. Senjata strategis disebutkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada tanggal 1 Maret 2018 yang lalu dalam pidato Federal, termasuk “Avangard”,”rudal jelajah supersonik “Kinzhal”, rudal “Sarmat”, kapal selam nuklir tanpa awak.

Sejumlah persenjataan baru telah muncul dan diuji dengan sukses, banyak latihan militer berskala besar telah diadakan yang menarik perhatian dunia. Posisi politik Rusia di arena internasional juga telah meningkat dengan mantap. Oleh karena itu, perbahan fokus pada pembangunan ekonomi adalah arah yang benar.

Faktanya bukan hanya Rusia, namun Amerika Serikat telah secara signifikan mengurangi belanja pertahanan mereka setelah menggelar rudal THAAD mereka di Korea Selatan.

“Jika Rusia berfokus pada pertumbuhan ekonomi, yang ditandai dengan pengurangan belanja pertahanan, artinya mereka telah berhasil untuk memodernisasi militer, mereka akan menjadi ancaman yang lebih serius”, menurut kesimpulam Military Watch.

Ekonomi Rusia yang dibangkitkan kembali akan menjadi dasar bagi mereka untuk terus melanjutkan modernisasi angkatan bersenjata mereka dimasa depan dan pasti akan lebih kuat daripada sekarang.

  28 Responses to “Rusia Kurangi Anggaran Pertahanan, Barat Kian Khawatir?”

  1.  

    Anggaran dikurangi kok malah yg ono kgawatir. Kepriye toh

  2.  

    bye bye su-57…..
    bye bye pak da….
    bye bye frigate rusia….
    bye bye amur…..
    byeee……..dadaaa

  3.  

    bye dimitry donskoy
    bye arkhangelsk
    bye severstal….

  4.  

    Malay Kurangi Anggaran Pertahanan, Hutang Kian Khawatir ?

  5.  

    Cara analisa pengamat militer memang aneh? Mungkin para pengamat menganggap, “Russia sedang diprovokasi kenapa anggaran tidak ditingkatkan tp malah diturunkan? Siapa tahu jika sebenarnya Russia sendiri sudah ready perang dgn senjata mematikan kale?”

    Mbuuh aah haha

    •  

      Ekonomi dan militer hrs beriringan..
      Tidak bisa saling mengalahkan..

      Contoh cina..
      Bisa saja cina membeli byk alut dr rusia tp yg cina lakukan hanya terbatas bgtun dg produksi dlm negrinya..
      Produk alut yg py daya saing tres ditingkatkan dan gencar di pasarkan..
      Beda lagi soal kapal induk cina memang bgs di perbanyak disamping uangnya digunakan utk ofensif geopolitik guna merebut pengaruh dan ekonomi jg dr alut dan produk lain..

      Rusia tidak pandai dlm ekonomi sbtule kl mau rusia ekominya bisa sejajar dg amerika jika saja mau insvest segala teknologi yg dia py secr masif di negara negara lain mskpun scr teknologi masih kalah dikit dg usa..

      Contoh cina dg teknologi kwnya bisa di gandrungi rakyat indo..
      Pdhl cina masih murni mengandalkan mareketing di sebgian besar negara lo..

      Indo bgmn kl indo..
      Susah mimpin perusahaan aje byk yg gak becus..

      Ha ha ha

    •  

      Sederhana… Kalau anggaran diturunkan itu jelas tidak sejalan dengan keinginan USA untuk mengajak Rusia bersaing dalan perkembangan militer yg bisa menbuat bangkrut USSR… Dan lebih parahnya dalam beberapa teknologi justru Rusia sudah masuk lebih dulu, seperti senjata Hipersonic, jelas jadi bikin keki kalau Rusia justru menurunkan anggaran..

      •  

        Rnd jln trs dan semakin di genjot..
        Itulah keunggulan smtra rusia mskpun anggran dikurangi mereka tlah berhasil kuasai teknologi yg paling baru..

        Smua produk baru dan unggulan tetap di produksi tp skala terbatas akan lbh mengadalkan ekpornya..

        Rusia bisa melebihi capaian china andai mau memakai strategi china dlm ekonomi..

        Knp amerika selalu menyerang kepentingan rusia drpd china..
        Karena rusia byk kelemahan terutama ekonomi..
        Dan rusia tengah lalu lemah perang yg kek ginian..

        Usa takutnya dg china mskpun militer china masih di bwh rusia..
        Karena china mempunyai strategi pendek panjang yg bagus dan mampu menerapkankan..

        Bgmn dg indo..
        Jauh sekali budhe..

        Ha ha ha

        •  

          Ah, perasaan tau loe gimana politik amerika dulu ke russia

          Hahhaahaaaa

        •  

          “Knp amerika selalu menyerang kepentingan rusia drpd china..
          Karena rusia byk kelemahan terutama ekonomi..
          Dan rusia tengah lalu lemah perang yg kek ginian..”

          Ya jelas lah… kalau Rusia yang diserang… karena Rusia sebagai sumbernya, sedangkan China – China banyak memanfaatkan teknologi dari manapun yang bisa dia ambil, tidak peduli dari barat/Rusia…
          Dalam konteks teknologi, Rusia adalah kreator ulung dan merupakan saingan USA… China belum sampai kesana karena masih memanfaatkan mendapatkan teknologi dari negara lain terutama dari Rusia…
          Ekonomi Rusia memang sengaja dilemahkan oleh koalisi barat, sedangkan ekonomi China tidak terlalu ditekan karena bukan sebagai ancaman, justru banyak diketahui mereka justru banyak memanfaatkan kerja sama dengan China dalam hal industri umum…
          Rusia dibandingkan dengan China, memang secara ekonomi saat ini jelas China jauh lebih kuat, tetapi sebagai kreator dalam bidang teknologi militer, Rusia jauh didepan China….

          •  

            sebetulnya begini, sumber pendapatan ekonomi russia itu tdk bisa diserang negara manapun, karna negara tersebut butuh sumber dari russia, karna negara lain tdk memiliki itu, jk negara lain memilki itu? kualitas & harganya berbeda

            hahhaahaaaa

          •  

            belum lg dampak yg terjadi bisa sperti bencana kabut tebal, hihhihiii

            oh iya, yg bisa merusak ekonomi russia itu hanya publiknya juga, sperti menyimpan uangnya diluar negri

            hahhaahaaaa

  6.  

    Apa apaan pula itu anggaran diturunkan.

    Walau anggaran diturunkan yg semula sudah direncanakan $661 miliyar mnjd $351 milyar, ini sudah termasuk kapal induk baru & kapal induk yg diupgrade, su 57 dgn full stealthnya, pesawat angkut super ton, helpur baru & heli angkut, tank angkut personel & segala jenis rudal canggih.

    Jika demikian? Persiapan yg perlu disiapkan hampir penuh, bukan tdk mungkin perang bisa dikendalikan

    Jika tdk demikian? Putin pun tdk akan nyaman kemana mana naik mobil barunya, begitu juga publiknya & pejabat² publiknya, karena perang blm bisa dikendalikan & ekonomipun merosot, karna perang tdk bisa dikendalikan & perang kapan & dimana saja bisa terjadi, gak ada yg bisa mmprediksi kapan perang hrs berhenti, kecuali perang dikendalikan, utk itu apa persiapan yg sudah disiapkan??

    Hahhaahaaaa

  7.  

    Dr penjelasan diatas bahwa Rusia lbh efektif dan efisien memakai anggaran militernya terbukti mampu membuat senjata2 baru yg canggih!

    •  

      Setuju, sy sering kagum dg kreativitas org Russia.
      Effective & efficiency juga sudah mentalitas, krn tdk ada pilihan lain.

      — utk standar Indonesia: kerja ala Russia sangat lama, pelan2 dan diulang2 sampai semua dipastikan maksimal. Sy sering tdk sabar menunggu, krn di Indonesia sudah biasa selalu dikejar2 dan diburu2.

      Effect positive musim dingin: 6 bulan dikurung dlm bangunan, energy creative jadi FOCUS — research!
      Effect negative nya: pendiam & anti sosial, sulit komunikasi, super nationalistic, defensive & mudah marah.

      — Sebaliknya:
      @Org Indonesia selalu menang omong/diplomasi, tapi sulit utk fokus, apalagi fokus jangka panjang.

  8.  

    piala dunia 2018 pertandingan pembuka russia sbgi tuan rumah melawan arab saudy dimenangkan russia
    oarrrr

    hahhaahaaaa

  9.  

    Cocol kupat mantaap!!