Apr 182019
 

JakataGreater.com – Biro Teknik Kelautan Malakhit yang bermarkas di St. Petersburg telah meluncurkan pekerjaan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan nama kode Laika untuk mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir multiguna generasi kelima, kata sumber di industri pertahanan kepada TASS pada hari Rabu.

Seperti yang pernah dinyatakan oleh sumber itu, pada akhir 2018 Malakhit menyelesaikan pekerjaan R&D dengan nama sandi Husky untuk merancang desain konsep kapal selam bertenaga nuklir multiguna generasi kelima dan hasil pekerjaannya disetujui oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

“Setelah itu, Malakhit beralih ke tahap berikutnya, mengembangkan kapal selam – pekerjaan R&D dengan nama sandi Laika,” kata sumber itu.

Sumber tersebut tidak membeberkan segi teknis tentang kapal selam yang sedang dikembangkan tetapi mencatat bahwa rudal hipersonik Tsirkon akan menjadi salah satu senjata serangnya. Sumber itu menambahkan bahwa Laika akan menampilkan konfigurasi modular dan satu sistem kendali tempur terintegrasi dengan kecerdasan buatan.

United Shipbuilding Corporation Rusia menolak berkomentar kepada TASS tentang informasi awal pengerjaan penelitian dan pengembangan kapal selam generasi kelima.

Pada Juni 2018, Biro Teknik Kelautan Malakhit mengatakan dalam laporan tahunannya bahwa pekerjaan litbang pada kapal selam bertenaga nuklir multiguna generasi kelima yang menjanjikan akan dimulai pada 2019. Dokumen tersebut mencatat bahwa pekerjaan ini ditetapkan dalam rancangan program persenjataan negara untuk tahun 2018-2027, tetapi nama kode pengerjaan kapal selam itu tidak dinayatakan.

Rusia dikabarkan akan mengerjakan desain konsep kapal selam generasi baru. Secara khusus, Kepala United Shipbuilding Corporation Alexei Rakhmanov mengatakan pada Mei 2018 bahwa spesialis telah mengusulkan beberapa versi desain konseptual kapal selam, di mana opsi optik akan dipilih. Dia mengatakan pada saat itu bahwa kapal selam baru akan dinamai Husky.

Rusia saat ini membangun serangkaian kapal selam multiguna generasi keempat, yaitu kapal selam Yasen class dan kapal selam rudal strategis penjelajah rudal strategis Borei.

Tass

  One Response to “Rusia Lakukan Penelitian dan Pengembangan Kapal Selam Generasi Lima”

  1.  

    Mungkin itu kasel nuklir palung ombak gen 5 yg paling senyap sedunia kallee,
    Ok borong
    😆 😆