Rusia Luncurkan Produksi Tank Armata Terbaru

Moskow, Jakartagreater –  Tank dan kendaraan tempur dengan platform  Armata terbaru mulai diproduksi atas dasar kontrak yang ditandatangani oleh Kementerian Pertahanan Rusia beberapa tahun lalu, ujar Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov kepada TASS pada Senin 3-8-2020, dirilis TASS.

Ya, pekerjaan sedang berlangsung,” kata menteri, menjawab pertanyaan tentang apakah produksi kendaraan lapis baja ini telah dimulai di Rusia.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengumumkan pada Agustus 2018 bahwa sebuah kontrak untuk 132 tank T-14 dan kendaraan tempur infanteri T-15 yang didasarkan pada platform tempur Armata telah ditandatangani. Namun, dia tidak merinci kapan dokumen itu ditulis.

Pengiriman tank-tank Armata yang diproduksi secara serial kepada pasukan Rusia belum dimulai.  Menteri Perindustrian dan Perdagangan Manturov mengatakan pada bulan April tahun ini bahwa pasukan akan mendapatkan tank Armata pertama pada tahun 2021.

Armata adalah platform kendaraan tempur penggerak rantai kelas berat yang berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan tank tempur utama, kendaraan tempur infanteri, pengangkut personel lapis baja, dan beberapa kendaraan lapis baja lainnya.

IFV T-15 Armata (@ Russian MoD)

Tank T-14 yang berbasis pada platform Armata diperlihatkan kepada publik untuk pertama kalinya pada parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah Moskow Rusia pada 9 Mei 2015. Kendaraan tempur baru ini menampilkan peralatan yang sepenuhnya digital, turret tanpa awak dan kapsul lapis baja terisolasi untuk awak kapal.

Produsen senjata Rusia Rosoboronexport sebelumnya mengumumkan bahwa tank T-14 dan kendaraan tempur infanteri T-15 yang didasarkan pada platform tempur Armata akan diperlihatkan kepada pembeli asing potensial di pameran senjata internasional Army-2020 pada bulan Agustus 2020.

Pengembang tank Rusia T-14 Armata terbaru telah menyelesaikan masalah dengan mesin dan pencitra termal, kata Manturov. “Ya, masalah dengan kedua mesin dan pencitra termal telah diselesaikan. Mesin menghasilkan parameter dan karakteristik teknis yang tercantum dalam spesifikasi kinerja pada saat merancang,” katanya.

“Mengenai pencitra termal, saya dapat dengan yakin mengatakan bahwa kami memiliki produk Rusia pengganti impor sepenuhnya yang dibuat oleh Shvabe,” kata menteri. Percobaan Armata di pasukan sedang berjalan sesuai dengan jadwal, kata menteri.

Rusia juga sedang mempersiapkan Armata untuk ekspor. Seperti yang dikatakan Manturov pada bulan April 2020, Rusia berencana untuk mulai bekerja dengan pelanggan asing pada tahun 2021 dan telah menerima beberapa permintaan sebelumnya. Tank ini telah diuji di Suriah.

TERPOPULER

Satu pemikiran pada “Rusia Luncurkan Produksi Tank Armata Terbaru”

Tinggalkan komentar