Mei 142019
 

Helikopter tempur Ka-29TB

Perusahaan Riset dan Produksi “JSC Region“ (bagian dari Tactical Missiles Corporation) telah meluncurkan produksi rudal anti-kapal selam APR-3M, kata CEO Perusahaan Igor Krylov kepada TASS, pada Senin 6 Mei.

“Semua uji coba rudal APR-3M telah selesai, proses produksi serialnya telah diorganisir dan pengirimannya ke Kementerian Pertahanan Rusia sedang berlangsung. Dalam waktu dekat, kami juga akan mulai mempromosikan rudal ini untuk ekspor. APR-3M diintegrasikan ke dalam persenjataan helikopter anti-kapal selam modern Ka-27M, “kata kepala eksekutif Igor Krylov.

“Menimbang bahwa rudal ini adalah senjata digital berteknologi tinggi, itu juga dapat digunakan dari pesawat modern (lainnya),” kata Krylov.

Rudal anti-kapal selam APR-3M adalah versi lanjut dari rudal APR-1, APR-2 dan APR-3 yang beroperasi dengan Angkatan Laut Soviet dan Rusia. Amunisi ini adalah salah satu senjata anti-kapal selam paling efektif di dunia, sebagaiman dilaporkan oleh Tass.

Rudal APR-3M mengunakan mesin turbo-waterjet bahan bakar padat komposit. APR-3M dapat dilengkapi pada pesawat tempur atau pesawat maritim dan helikopter ASW.

APR-3 class rudal anti kapal selam dirancang untuk menghancurkan kapal selam modern, termasuk kapal selam bertenaga nuklir SSN. APR-3M mampu melesat dengan kecepatan terendam hingga 40 knot (pada kedalaman hingga 800 meter) di perairan samudera dunia hingga sea state 6. APR-3 memiliki keunggulan respons yang cepat dalam mode pencarian target dan deteksi, dan dengan kecepatan tingi rudal mampu mengejar setelah mengunci targetnya, dan sebagai hasilnya rudal dapat membunuh target sebelum sempat mengaktifkan sistem penangkalnya.

 Posted by on Mei 14, 2019