Rusia Membangun Kapal Serang Amfibi Tahun 2020

Upacara peluncuran kapal dukungan logistik Elbrus, Angkatan Laut Rusia di Severnaya Verf Shipyard, 26 Juni 2015. © Ruslan Shamukov

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia dan United Shipbuilding Corporation (USC) telah sepakat untuk memulai pembangunan kapal serang amfibi (kapal induk helikopter) dalam negeri pada tahun 2020 di Northern Shipyard, menurut sebuah sumber industri pertahanan kepada situs berita Rusia, TASS.

“Kementerian Pertahanan Rusia dan USC telah sepakat bahwa perusahaan Northern Shipyard akan melaksanakan pekerjaan pada kapal induk helikopter dan kapal perusak Leader-Class. Perusahaan ini telah melakukan rekonstruksi kapasitas produksi secara komprehensif, termasuk pembangunan sebuah lokakarya untuk membangun kapal-kapal ini”, kata sumber tersebut.

Sumber tersebut juga menyebutkan bahwa pabrik itu diperkirakan akan membangun kapal induk helikopter terlebih dahulu dan kemudian mulai membangun kapal perusak.

Riset dan pengembangan kapal induk helikopter akan dimulai pada tahun 2018, sedangkan pembangunanannya diperkirakan akan dimulai pada tahun 2020 dan pada tahun 2024 akan bergabung dengan armada Angkatan Laut Rusia.

Gambar menunjukkan Proyek Avalanche dari Institut Pusat Riset Sains Krylov dengan segel Angkatan Laut Rusia. © Krylov CSRI

Kapal serang amfibi pertama dan satu-satunya akan diproduksi pada tahun 2022 dan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Sumber lain sebelumnya bahwa kapal serang amfibi akan didukung oleh kombinasi mesin diesel dan turbin gas, di mana mesin diesel adalah yang utama, dan turbin gas digunakan untuk mempercepat daya.

Kapal-kapal tersebut kebanyakan akan membawa helikopter Ka-52K yang akan dikirimkan ke Angkatan Bersenjata Rusia bersamaan dengan kapal induk helikopter tersebut. Kapal-kapal tersebut juga akan melayani helikopter Ka-27, Ka-29 dan Ka-31.

Sebelumnya Wakil Menteri Pertahanan Rusia yaitu Yury Borisov mengatakan kepada wartawan bahwa kapal induk helikopter pertama Rusia akan selesai kira-kira pada tahun 2022.

Tinggalkan komentar