Mar 282017
 

Render 3D proyek “Husky”, ditunjukkan oleh Biro Desain Kelautan Malachite dalam pameran pertahanan yang diadakan tahun 2016

Rusia mulai merancang konsep perspektif kapal selam nuklir (SSN) generasi kelima kelas Husky dan saat ini sedang mengerjakan desain tahap awal, demikian menurut Igor Ponomarev, Deputi Presiden United Shipbuilding Corporation (USC) untuk pembuatan kapal militer kepada wartawan, sebagaimana dilansir dari Navy Recognition.

“Konsep kapal selam nuklir (SSN) generasi kelima dari proyek Husky saat ini sedang dibentuk. Sebuah desain awal dari perspektif kapal selam yang akan diproduksi”, kata Ponomarev.

“Karakteristik perspektif kapal selam, persenjataan dan peralatan lainnya akan tergantung pada tugas-tugas yang ditetapkan oleh Angkatan Laut Rusia,” tambah Ponomarev.

USC sebelumnya mengatakan bahwa konsep dan sketsa kasar dari kapal selam multi-peran bertenaga nuklir generasi kelima kelas Husky harus siap dalam dua tahun kedepan. Kapal selam baru ini dirancang oleh Biro Desain Kelautan Malachite yang berbasis di St. Petersburg. Saat ini Rusia sedang membangun sejumlah kapal selam generasi keempat Proyek 885 (kelas Yasen).

Pada bulan Desember tahun lalu, Jakarta Greater dalam artikelnya memberitakan bila Presiden United Shipbuilding Corporation (USC), Alexei Rakhmanov menyebut bahwa pembangunan kapal selam diesel-listrik (SSK) generasi kelima yang pertama akan dimulai dalam lima tahun ke depan.

Kapal selam diesel-listrik (SSK) Proyek 677 kelas Lada akan dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan kapal selam diesel-listrik generasi kelima. “Saya yakin [pembangunan kapal selam diesel-listrik generasi kelima pertama] itu akan dimulai dalam lima tahun”, kata Rakhmanov saat menjawab pertanyaan yang diberikan. Kapal selam diesel-listrik (SSK) generasi kelima akan dilengkapi dengan unit propulsi udara mandiri (AIP) dan persenjataan canggih.

Bagikan Artikel:

  25 Responses to “Rusia Memulai Desain “Husky”, Konsep Kapal Selam Generasi Kelima”

  1. Changbogo masuk generasi keberapa ?

  2. Indonesia AKAN diperkuat oleh kapal SSN kelas Husky ini, …………….. muhihihihi !!!

  3. Kasel generasi ke 5 kok balik ke teknologi diesel listrik.?
    Kenapa gak buat inovasi baru yah.
    Apakah itu berarti diesel listrik memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan nuklir, selain dr segi senyap.?
    Kalau dari segi ukuran, Lada class kan lebih kecil. Apa iya Kasel generasi ini cm di tujukan buat peperangan bawah dan permukaan air dan bukan untuk menyerang daratan.

    • karna itu membuat kasel lebih tenang,senyap dan mematikan….

    • mungkin dari segi kemampuan tak terdeteksinya, makanya perlu dipelajari dulu, konsep generasi kelima yang dimaksud :D

    • Bukan balik…. coba baca lagi… tp ada 2 jenis kapal selam generasi 5 yg d kembangkan… kasel kelas Husky yg bertenaga nuklir & pengembangan kasel diesel listrik gen 5 dr lada class…. Kalo Indonesia mau mencicipi kasel gen 5… ya proyek pengembangan lada ini mungkin bisa d jdkan kandidatnya….

  4. Nah, lantas kapal selam dengan baterai Li-Ion yang dikembangkan DSME dan Samsung masuk ke kategori generasi berapa ya? Apakah “Galaxy” series?

  5. Rusia & AS klu membuat alat perang baru selalu diumukan untuk efek gentar dan sekalian promo produk bila untuk eksport walau didowngrade.

  6. gak usah yang ini,,seandai ny indonesia punya yassen class aja udah gempar kawasan

  7. Seandainya sejak dari dulu Indonesia terus belajar di rusia,mgkin skrg udah puluhan kasel,ratusan rudal yg udah brhasil dciptakan..

  8. Seandainya sejak dari dulu Indonesia terus belajar di rusia,dan gk djegal ama orba,mgkin skrg udah puluhan kasel,ratusan rudal yg udah brhasil dciptakan..

  9. kerahasiaan spesifikasi yg membuat ini kasel jadi gen 5.(bingung….bingung)

  10. Rudal yg sangat cepat, tapi bukan lawan armada atau kapal yg make pertahanan laser dg kekuatan sinar panas/ pake sinar microwave. Apalagi kalo senjata laser itu dikontrol lewat AI yg bisa membuat pertahanan secara otonom. Komputer apalagi AI bisa berpikir seper seratus sekian detik dibanding manusia jadi walo rudal tsb terdeteksi dari jarak 32 km pake sea skimming klo ada laser tetap bisa diatasi. Beda klo skhval. Belum ada sistem pertahanan bawah air yg bisa ngadepin itu torpedo. Cuma noise dari sonar yg kuat yg bisa menulikan sistem di torpedo skhval. Kalo itu bisa diatasi oleh Rusia, AS dan sekutunya gak akan berkutik.

  11. Gara2 siharta indonesia jadi macan ompong, parahnya lagi dia berkuasa di saat negara lain pada bangkit dri segala sisi, siharta dengan bangga jadi pmakai buatan negara lain dan peng ekpor sda indonesia, nasebbb nasebbb

  12. Walaupun kelas anjing kampung, jika di instal virus flu burung generasi 7. Pasti mantap. Jangankan cuman anjing herder. Macan singa sama beruang pun bakal lari ketakutan.

 Leave a Reply