Jul 292017
 

Departemen Pertahanan Rusia telah menerima sebuah batch baru dari tank tempur utama (MBT) T-72B3 upgrade ke dalam layanan Angkatan Darat Rusia, menurut produsen tank Rusia, UralVagonZapod (UVZ), seperti dilansir dari laman Defence Blog.

UVZ menyebutkan bahwa Angkatan Darat Rusia telah menerima batch tank tempur utama T-72B3 yang telah diupgrade dengan perlindungan lapis baja tambahan.

Program modernisasi T-72B menjadi T-72B3 dimulai pada tahun 2010 dan proses ini juga mencakup peningkatan daya tembak tank dengan memasang sistem kendali tambak baru, merombak serta mengganti mesin tua tank tersebut dengan yang baru.

Versi terbaru T-72B3 ini dilengkapi dengan pelat baja di setiap sisi di bagian depan lambung dan pelindung lapis baja sangkar kawat dibagian belakang guna meningkatkan perlindungan kompartemen mesin terhadap ancaman RPG (Rocket-Propelled Grenade).

Para pengembangnya telah memperhitungkan upgrade tersebut berdasarkan pengalaman dari pertempuran di Ukraina, Georgia dan Suriah.

Perisai lapis baja di menara juga telah diupgrade dengan paket perlindungan lapis baja baru, termasuk ERA (Explosive Reactive Armor) generasi baru yang dipasang disetiap sisi turret, sementara bagian belakang menara (turret) dilengkapi dengan lapis baja sangkar kawat. Ini mirip dengan sistem yang digunakan untuk melindungi lambung bagian belakang.

Bagikan:

  14 Responses to “Rusia Menerima Batch Baru T-72B3 Upgrade”

  1.  

    B3M

  2.  

    Bangun tidur liat angka 13

  3.  

    yah harusnya TNI punya lah nyicipin MBT rusia, sukur dapat tot kya iran..

  4.  

    Assalamualaikum.. Senang baru bisa join di forum ini.. Salam kenal semua.. Pecinta dunia militer..

  5.  

    Ayo Indonesia tambah lagi pembelian unit tank nya… minimal nambah 1000 unit lagi…. kalau bisa varian tank nya jangan cuma leopard saja.

  6.  

    mirip-mirip kaya tank nya ukraina. UPIN dan IPIN

  7.  

    Lapisan pinggirnya…mantap…

 Leave a Reply