Mar 252017
 

Sistem rudal pertahanan udara S-400 Rusia. © Vitaly Nevar

Rusia melihat tidak ada masalah dalam memasok sistem rudal pertahanan udara S-400 ke Turki meskipun negara itu berstatus sebagai anggota NATO, demikian seperti disampaikan oleh Vladimir Kozhin, ajudan Presiden Rusia pada hari Kamis dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi Rossiya 24.

Vladimir Kozhin mengingatkan bahwa pembicaraan tentang pengiriman sistem S-400 ke Turki, yang menaruh minat pada rudal permukaan-ke-udara (SAM), saat ini masih terus berlangsung, sebagaimana dilansir dari TASS Defense.

“Ya, Turki adalah anggota NATO, itu benar, tapi kami tidak takut”, kata pejabat itu. “Anda mungkin bertanya mengapa. Yah, pertama-tama, kita selalu mengatur secara ketat produk-produk dari aktivitas intelektual sebelum kita menyediakan apa pun di mana saja dan setiap negara mengasumsikan kewajiban pada apa yang dapat atau tidak dapat dilakukan dengan persenjataan Rusia yang mereka beli”.

“Kedua, apa yang akan kami jual merupakan versi ekspor yang diproduksi saat ini [bukan versi S-400 untuk digunakan di Rusia – red]”, katanya menjawab pertanyaan wartawan.

Kozhin menambahkan bahwa Angkatan Bersenjata Rusia masih memiliki persenjatan yang lebih maju yang dikembangkan oleh produsen pertahanan yaitu sistem rudal pertahanan udara S-500 dan sistem rudal terbaru yang memanfaatkan prinsip-prinsip fisika pada teknologi baru.

Vladimir Putin dan Recep Tayyip Erdogan membahas ekspor sistem S-400 ke Turki pada awal Maret lalu.

Sergei Chemezov, presiden perusahaan negara Rostec, mengatakan sebelumnya Turki telah mengusulkan untuk mendapatkan pinjaman dari Rusia untuk pembelian persenjataan, termasuk sistem rudal pertahanan udara S-400.

China menjadi pelanggan asing pertama dari senjata tersebut sejalan dengan kesepakatan yang telah ditandatangani pejabat China dan Rusia pada musim semi 2015. Laporan-laporan media menyebut biaya keseluruhan transaksi adalah sekitar USD 3 milyar.

Rusia dan India juga telah menandatangani perjanjian ekspor untuk sistem rudal pertahanan udara yang sama di bulan Oktober 2016.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  17 Responses to “Rusia Menjelaskan Alasan Kenapa Tidak Khawatir Memasok Sistem S-400 ke Turki”

  1. kahiji….

    • Rusia mah takutnya jualan ke negara “jaguh sejagat raya”, … lah wong cuma didatangi raptor ajah Udah bangga setengah mati sampai-sampai ngijinin USA ngudal ngudal jeroannya jammer rusia, …
      Lucunya lagi, fans boy nya kayakk bangga ga keruan sampe pamer nyombongin ke kita… attitude norak kok dipamerin?

  2. Tetap yg namanya produsen selangkah di depan…

  3. Rudal lagi

  4. Mudah mudahan juga Indonesia berminat akan beli s400 walau ngutang kerusia..

  5. Rudal cintia

  6. WEiits…. mantaaappp… S400…!!

    Andai di akuisisi Indonesia saat ini, tentu akan sangat Dahsyat Detern nya…

    berharap biiingiittsss….

  7. Mustinya setelah su35 ditandatangani ya s400 bukan yg lain

  8. s400 versi ekspor artinya udah siap diremot klo macam2 sama produsennya haha

  9. itu lah resikonya beli peralatan militer dr negara lain,..mau beli dr mn aja, negara barat atau rusia,..pasti akan didowngrade, makany ada istilah versi ekspor, makany jgn harap, su35, kilo yg kita akan beli akan setara ama negara asalnya.

    • Kecuali negara yang membeli merupakan anggota dari MTCR mereka bisa mendapatkan versi penuhnya 😛 dengan hulu ledak diatas 500 kg dan jangkauan diatas 300 km

  10. terlalu mahal & kita tidak akan pernah bisa mandiri kalo impor ni barang.kembangin aja apa yg sudah dilakukan antara Pindad,dahana & Lapan.ane yakin suatu saat nanti kita bakalan punya S-300,S-400,S-500 versi indonesia.

  11. saya tidak setuju!!!!

    hati hati ayam kalkun berbulu musang

  12. Beli rudal S 700 aja nunggu dulu produksinya. buat ngejaga langit Nusantara taruh di tiap pulau besar di indonesia. Aman negara kita .

  13. negoro ayem tentrem gak usa blonjo bedhel blanjanono rakyakte ben makmor gak ruwet uripe wong tani

  14. Yg perlu ote2nya adalah sistem radar, anti jaming, seeker S400nya.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)