Sep 252018
 

Fregat Admiral Gorshkov (Proyek 22350) Angkatan Laut Rusia © Peter Kovalev via TASS

JakartaGreater.com – Penelitian dan pengembangan untuk fregat generasi baru proyek 22350M telah dimulai di Rusia, menurut keterangan CEO Severnaya Verf (Northern Shipyard), Igor Ponomaryov, dalam wawancara dengan TASS.

“Kami berpartisipasi dalam pekerjaan ini bersama dengan Biro Desain Utara, tetapi parameter fregat dan jumlah mereka akan ditentukan oleh Kementerian Pertahanan. Pekerjaan sedang berlangsung. Saya tak yakin bahwa 4 kapal akan cukup untuk Angkatan Laut, yang membutuhkan penggantian kapal laut biru”, katanya.

Proyek 22350M

Ponomaryov sebelumnya mengatakan bahwa fregat Proyek 22350M yang diperbarui akan membawa persenjataan yang lebih kuat dan mampu melakukan fungsi sebagai kapal perusak rudal.

Panglima Angkatan Laut Rusia, Vladimir Korolyov mengatakan bahwa Angkatan Laut berharap memiliki 4 unit fregat Proyek 22350 di tahun 2020. Setelah itu proyek akan ditingkatkan.

Menurut kepala United Shipbuilding Corporation Alexey Rakhmanov, kapal-kapal ini membawa lebih banyak senjata dan yang lebih efektif daripada proyek 22350 saat ini. Wakil Panglima Angkatan Laut Rusia, Laksamana Madya Viktor Bursuk mengatakan Angkatan Laut ingin memiliki fregat yang pertama ditingkatkan dari Proyek 22350M pada tahun 2026.

Berbeda dengan destroyer, fregat memiliki bobot yang lebih kecil serta senjata yang kurang kuat. Meskipun tugas kedua kelas kapal tersebut sangat identik, kapal perusak memiliki persenjataan yang lebih baik dan peralatan radio-elektronika untuk operasi tempur independen. Kapal perusak juga dapat digunakan untuk beroperasi sebagai pemimpin grup penyerang.