Rusia Mulai Produksi S-400 Pesanan Turki

7
9
Transport-Charging Unit (TZM) 22T6 untuk sistem rudal S-400 Rusia © Russian MoD via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rusia telah mulai memproduksi sistem rudal pertahanan udara S-400 untuk Turki, menurut Direktur RosOboronExport, Eksportir Alutsista Rusia yaitu Jenderal Alexander Mikheev seperti dilansir dari laman Sputnik News pada hari Rabu.

“Kami telah mulai mengeksekusi kontrak untuk pengiriman S-400 ke Turki”, kata Mikheev, menjelaskan bahwa produksi sistem rudal pertahanan udara telah dimulai.

Kerjasama Rusia-Turki pada pengiriman sistem rudal S-400 telah berulang kali dikritik oleh NATO, yang telah menyatakan bahwa integrasi antara sistem pertahanan udara yang berbeda tidak akan mungkin dilakukan.

Departemen Luar Negeri AS juga turut menyuarakan keprihatinan tentang masalah ini, memperingatkan Turki tentang kemungkinan sanksi atas pembelian sistem rudal Rusia.

“Ankara mengklaim telah setuju untuk membeli sistem rudal S-400 Rusia, yang berpotensi dikeluarkannya sanksi di bawah CAATSA seksi 231 serta berdampak buruk terhadap partisipasi Turki dalam program F-35”, sebut Asisten Menteri Luar Negeri AS Wess Mitchell.

Rusia dan Turki menandatangani perjanjian pinjaman untuk menyediakan sistem S-400 ke Ankara pada bulan Desember 2017. Menurut pejabat Turki, negara mereka akan memperoleh dua baterai S-400, yang akan dioperasikan oleh personil militer Turki.

7 COMMENTS

  1. Jualan kok gitu. Ngelarang orang belanja ke tempat lain. Harusnya ngaca diri. Kenapa pelanggan bisa berpindah ke tempat lain. Ini malah ngancam. Nggak fair itu namanya. Tidak patut dicontoh apalagi dijunjung tuh negaraXixixi.. Kalau saja dalang kudeta turki diserahin aja sama amrik. Mungkin gak bakalan panjang tuh urusan. Tapi mengapa ngak dikasih tuh orangnya. Apa ada rahasia yg takut kebongkar? Sungguh terlalu…

LEAVE A REPLY