Aug 272019
 

Su-47 Berkut

Hari ini di wilayah Zhukovsky Moskow di adakan Pameran Penerbangan Internasional dan Ruang Angkasa MAKS-2019. Pameran dijadwalkan untuk menampilkan banyak produk baru, tetapi ada satu pesawat tempur tua unik yang akan dapat menarik lebih banyak perhatian dari pengunjung dan para pecinta dirgantara.

Untuk pertama kalinya di pameran udara, masyarakat umum akan secara resmi dipamerkan salinan dari jet tempur Su-47 Berkut “Golden Eagle” di tempat parkir statis, lansir Topwar ru.

Su-47 Berkut adalah prototipe jet tempur dengan sayap sapu terbalik, pesawat khusus ini pada awalnya dianggap sebagai pesawat tempur generasi kelima Rusia.

Su-47 tidak pernah diproduksi, pengembangan Su-47 yang awalnya memiliki indeks Su-37, diluncurkan oleh Biro Desain Sukhoi pada tahun 1983. Pesawat itu seharusnya merupakan pengembangan Su-27.

Awalnya Su-47 dirancang sebagai pesawat berbasis kapal induk dan baru kemudian akan dikembangkan juga untuk Angkatan Udara, namun akhirnya perkembangannya terhenti pada tahun 1988.

Perancang utama pesawat ini adalah Mikhail Poghosyan (kemudian ia mengepalai United Aircraft Corporation). Perancang umum Biro Desain Sukhoi selama periode ini adalah Mikhail Petrovich Simonov.

Salinan jet tempur “Golden Eagle” dibangun pada tahun 1997. Desainnya dengan sayap sapu dibuat sesuai dengan skema aerodinamis ” longitudinal integral triplane” yang dapat dilipat agar dapat dimuat dalam jumlah banyak di kapal induk, Su-47 juga memiliki kait untuk dapat mendarat di geladak kapal induk.

Dalam konstruksi yang hampir seperempat abad, material komposit digunakan secara aktif. Telah dicatat bahwa penggunaan plastik dengan serat karbon yang diperkuat meningkatkan berat badan kembali sebesar 20-25%. Sumber daya meningkat 1,5-3 kali, penurunan biaya tenaga kerja untuk pembuatan komponen diharapkan pada tingkat 40-60%.

Berkut secara aktif digunakan sebagai laboratorium terbang dalam pengembangan Su-57. Secara khusus, teluk bom diintegrasikan ke dalam badan pesawat, pengalaman yang menyediakan data yang diperlukan untuk pengembangan elemen ini untuk jet tempur multirole generasi kelima Rusia.

 Posted by on August 27, 2019