Mar 202017
 

Sistem pertahanan rudal pesisir Bastion (NATO: SS-C-5 Stooge) baru-baru ini ditempatkan di Kepulauan Kuril untuk membela wilayah perairan, selat dan pangkalan Angkatan Laut Rusia yang berada di kawasan itu, menurut harian Izvestia sebagaimana dilansir oleh Navy Recognition.

Sistem rudal pertahanan pesisir Bastion (SS-C-5 Stooge). (© Armada Laut Pasifik Rusia)

Kementerian Pertahanan Rusia telah mengerahkan sistem peluru kendali anti kapal Bastion di Pulau Iturup dan sistem rudal Bal (SS-C-6 Sennight) di Pulau Kunashir. Mereka akan meningkatkan pertahanan pangkalan angkatan laut dan infrastruktur darat.

Berdasarkan opini para pakar strategi militer, sistem rudal canggih di wilayah ini menunjukkan tekad dari Federasi Rusia untuk mempertahankan wilayah tersebut.

Sistem rudal pertahanan pesisir Bastion dikembangkan dan dibuat oleh NPOMash di kota Reutov untuk mengatasi kapal permukaan dan ancaman darat pada jarak antara 300-500 km. Hingga saat ini, diyakini tetap efektif terhadap segala jenis kapal. Sistem rudal canggih ini mampu mengambil beberapa sasaran darat di Suriah pada 15 November 2016 sebagai bagian dari operasi serangan yang laksanakan oleh Angkatan Laut Rusia.

Rudal Kh-35 (AS-20 Kayak) dilengkapi dengan sistem Bal dari kesepakatan Tactical Missile Corp. dengan target permukaan sejauh 300 km atau lebih.

Menurut harian Vakhta Boyevaya, surat kabar resmi dari Armada Laut Pasifik, sebuah batalion yang diperkuat rudal Bastion telah bertugas di Pulau Iturup, sementara batalion rudal Bal telah didirikan di dekatnya yaitu Pulau Kunashir. Kedua unit organik tersebut bersama dengan Brigade Rudal Pertahanan Pesisir ke-72 telah diaktifkan pada tahun 2014.

Sistem rudal pertahanan pesisir Bastion (SS-C-5 Stooge). (© Armada Laut Pasifik Rusia)

Menurut NPOMash, batalyon rudal Bastion mencakup 8 peluncur yang terpasang pada casis mobilitas tinggi MZKT-7930. Setiap peluncur membawa dua rudal supersonic Oniks (SS-N-26 Strobile) yang siap diluncurkan apabila ada alarm peringatan. Juga tersedia launcher-loader untuk mengisi ulang peluru kendali.

Menurut website Tactical Missile Corp, tebel misi dan peralatan dari batalion Bal dibuat menyerupai batalion Bastion. Namun, setiap peluncur rudal Bal memiliki 8 (delapan) rudal, bukan dua.

Pakar militer Dmitry Boltenkov mengingatkan bahwa batalyon pertahanan rudal pesisir telah ditempatkan di Kepulauan Kuril pada masa Uni Soviet.

“Unit yang dilengkapi dengan sistem rudal anti kapal Redut [SS-C-1 Sepal] dan Rubezh [SS-C-3 Styx] ditempatkan di Kepulauan Kuril pada 1980-an. Tepatnya di Pulau Simushir dan Pulau Iturup. Namun, mereka ditarik dari pulau-pulau tersebut dan dibubarkan pada awal 1990-an”, kata Boltenkov.

Menurut mantan Duta Besar Rusia untuk Jepang Alexander Panov, penguatan Rusia pasukannya yang berbasis di Kepulauan Kuril mungkin merupakan sinyal resolusi untuk mempertahankan Kuril selatan.

“Kemungkinan besar, orang Jepang akan menutup mata terhadap langkah-langkah yang diambil oleh Federasi Rusia, karena telah ada dinamika positif dalam hubungan bilateral”, menurut diplomat itu. “Tidak ada yang perlu berturut-turut. Hal ini dimungkinkan, bagaimanapun, bahwa mereka akan meminta penjelasan dari pembangunan militer melalui jalur diplomatik. Tokyo cukup puas dengan status quo”.

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  9 Responses to “Rusia Pasang Sistem Pertahanan Rudal Pesisir 3K55 Bastion di Kepulauan Kuril”

  1. Pertimix

  2. Biar kapal jepang gak berani mendekat..xixixi

  3. Indonesia dulu juga Punya rudal pesisir peninggalan jaman Soekarno tapi sayang sekarang gk ada kabar

  4. Yakhont Indonesia gimana ceritanya?
    Setelah Van Spejk pensiun, mau dikemanakan?
    Katanya beli 50, cuma dipasang di KRI OWA pula

    • Kan sebentar lagi TNI mau mengadakan tender 2 Unit real Fregat..mungkin akan di pasangkan ke fregat itu

  5. kasihan dirimu pang, rusia perkuat pertahanan di kepulauan kuril 😀 ini gara-gara seol pasang THAAD

  6. Indonesia juga punya rudal pesisir SS-N-3 Shaddock tapi yg tipe T-35B… jarak jelajah 450 Km dan bisa di kasih hulu ledak Nuklir

  7. kekaisaran jepang-uni soviet
    masih berstatus perang sampai 2009 ketika masing2 negara sudah berubah bentuk

  8. Kasian banget Jepang…. kena getahnya maenan d Korsel…. tp jepang jg maen… skrng Kepulauan Kuril d perkuat… blm tentu Korsakov yg cuma sejengkal dg jepang d birkan kosong…. sebelahnya lg pesisirnya Nakhodka yg dekat banget dg Vladivostok… terkurung g cuma dr Rusia… China & Korut jg intip2….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)