Apr 152018
 

Kapal perusak USS Arleigh Burke (DDG-51) meluncurkan rudal jelajah RGM-109 Tomahawk © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Suriah telah berhasil mencegat sekitar 71 dari 103 rudal jelajah yang ditembakkan oleh Amerika Serikat dan sekutunya, kata Kepala Staf Departemen Operasi Utama Rusia, Jenderal Sergei Rudskoi pada hari Sabtu, seperti dilansir dari laman TASS.

“Menurut informasi yang tersedia, total 103 rudal jelajah ditembakkan. Sistem pertahanan udara Suriah yang pada dasarnya terdiri dari senjata usang buatan Uni Soviet berhasil menghalau serangan dari pesawat dan kapal laut. Sebanyak 71 rudal berhasil dicegat”, kata jenderal itu.

Serangan rudal oleh Amerika Serikat dan negara sekutunya telah berhasil di tangkis oleh sistem pertahanan udara S-125, S-200, Buk, Kvadrat dan Osa, kata jenderal itu.

“Ini membuktikan efisiensi tinggi dari sistem persenjataan yang beroperasi di Suriah dan keterampilan yang sangat baik dari prajurit Suriah yang dilatih oleh para spesialis kami”, terang Rudskoi, menambahkan bahwa Rusia telah sepenuhnya memulihkan kemampuan pertahanan udara Suriah selama 18 bulan terakhir dan terus meningkatkan kemampuannya.

Menurut jenderal Rusia tersebut, Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya menembakkan lebih dari 100 rudal jelajah, termasuk rudal Tomahawk dari laut dan bom GBU-38 dari pesawat B-1B sementara pesawat tempur F-15 dan F-16 meluncurkan rudal udara ke permukaan. Pesawat Tornado Angkatan Udara Inggris menembakkan 8 rudal Storm Shadow, sementara Angkatan Udara Prancis menembakkan rudal SCALP EG.

Serangan rudal terhadap infrastruktur militer dan sipil Suriah dilakukan oleh pesawat pembom dan kapal angkatan laut AS bekerjasama dengan pasukan udara Inggris dan Prancis antara pukul 03:42 hingga 05:10 waktu Moskow pada hari Sabtu.

Amerika Serikat, Inggris dan Perancis mengatakan bahwa serangan tersebut sebagai tanggapan terhadap dugaan serangan senjata kimia oleh pasukan pemerintah Suriah di kota Douma.

Bagikan Artikel :

  89 Responses to “Rusia: Pertahanan Udara Suriah Cegat 70% Rudal Koalisi”

  1.  

    di lawan barang kuno rontok? kasian

  2.  

    Euum 70%, sisanya ko lolos? 30% angka yg lumayan.

    •  

      Untuk system pertahanan yg katanya kuno seperti di suryah yg di keroyok 3 negara sebesat as, ingris dan prancis 70% sudah lumayan. Tapi untuk yg nyerang ini jadi pertanyaan besar keefektifan senjatanya yg katanya paling canggih.

  3.  

    Hingga saat ini militer AS sebenarnya masih bingung untuk menembus sistem rudal pertahanan udara milik Rusia seperti S-400, S-300 VM dan Buk-M2.

    Sejumlah sistem rudal yang dimiliki oleh Rusia itu dikenal sangat presisi saat mencegat rudal atau pesawat  lawan.

    Khusus rudal S-400, selain bisa menghancurkan pesawat tempur dan kapal perang, rudal itu yang memiliki daya jelajah sejauh 400 km dan ketinggian 30 km juga bisa menangkis serangan rudal lawan.

    Dibandingkan rudal Patriot dan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) AS, S-400 masih lebih unggul dari segi daya jelajah sehingga membuat militer AS benar-benar gelisah.

    Apalagi pesawat tempur siluman AS, F-117A Nighthawk, pernah ditembak jatuh di Serbia (1999) oleh rudal Buk-M2 yang secara kualitas jauh di bawah S-400.

    Militer AS memang semakin “cemburu berat” karena kehebatan S-400 yang telah diborong China, Turki dan Arab Saudi. Negara Adidaya itu tentu khawatir rudal itu akan mengalahkan rudal-rudal Patriotnya.

    Rudal-rudal Rusia memang telah membuat Arab Saudi terkagum-kagum karena memiliki ketepatan yang tinggi saat mencegat rudal lawan.

  4.  

    kgk ada keterlibatan F-16 & F-15 ,,,,,,, ah elu …….. nge analisis nya pake dukun sih…….xixi

  5.  

    walaupun tidak di cegat sama sekali jg percuma sblm nyerang sudah ijin dulu,audah di kemas2 tuh barang2 yang mau di rudal.yang di hantam bangunan kosong

  6.  

    saya rasa yang gagal di hadang sistem hanud suriah itu yang di tembakan dari jet tempur

  7.  

    Kalau melihat dan mengkaji peperangan ini, maka kita jadi tahu penting nya RUDAL ketimbang pespur, apalagi pespur gen 4 kayak f16, yg gen 5 aja takut melintas apalagi yg gen 4 … xixixi

  8.  

    Cuma disayangkan kan kemaren pihak Rusia berjanji akan membalas serangan kepd Flatform peluncur rudalnya wak geng Samiri dimanapun berada, tapi jd melempem karena pertimbangan politik dan resiko ww3 ya jd sebatas omdo jdnya!he3

    •  

      Vladimir Putin : ” dunia semakin kacau, semoga akal sehat yang menang”.kita juga mesti mendukung siapapun pemimpin dunia yang gak emosian..gak brangasan..gak arogan…meski jadI pemimpin negara ADIDAYA.

      damai itu indah..slurrrppp..

    •  

      wkwkwkkkk

      ente harus percaya brow………iman harus kuat……klo kgk percaya bisa dicap murtad lho……xiixii

      •  

        hehe knp tong..pusing ya liat junjungan loe mumeett..
        ngopi lagi ahh..sluurrrppp..

        •  

          ngak lha justru senang kok,,,,, kan biasanya klo di militer ada tujuan/objektif nya.

          kali ini objektifnya lebih mengutamakan unsur politik drpd kemenangan/psikologis….

          mau sukses / tidak, itu tidak masalah, yg penting objektifnya terpenuhi…

          dan yg paling konyol ya itu tong, junjungan lu yg gertak mau tenggelamkan kapal penembak tomahawk,,,tpi ternyata cuma gertak meong doang.

          tpi klo masalah ini gw ga dorong fanasboy jauh2 deh,,,nanti mereka sakit hati lalu bunnuuh diri,,, nanti malah gw yg disalahin kekeke

  9.  

    Kalau mau perang yo jangan di negeri orang, apa ga kasihan rakyat sipil yang jadi korban..
    Negara, jadi ajang promosi senjata” di 2 kubu yang berseteru..

    kampung halaman nya hancur akibat ego kepentingan asing dan toh setelah isis berhasil di kalahkan, dan pemberontak syria mulai kehilangan kekuatan nya, seandai nya usa hengkang dari syria, toh rakyat sipil juga dapat merasakan kedamaian walau semu, tapi tidak di bayang ketakutan akan ada rudal” yang akan menimpah atap rumah mereka..

    Masalah syria ya hanya rakyat syria yang bisa mengakhiri, mau tetap di bawah naungan presiden diktator seperti assad, atau meminta bantuan ppb untuk mengintervensi pemerintahan yang dzolim, saya rasa itu lebih legal di banding apa yang dilakukan seperti sekarang ini..

    Xixixixi lanjut bobo cantik

  10.  

    AS makin menancapkan sikap arogansinya pd negara2 berdaulat dan merdeka di dunia, parahnya negara2 barat yg ngaku dedengkot dan kampium berkoar2 dan mengajarkan hak asasi dan demokrasi pd negara2 ketiga dunia malah mendukung sikap pelanggaran terhadap Piagam PBB, apa guna PBB selain dimanfaatkan negara2 tersebut. Prihatin dan membuat orang bertanya2, kenapa justru negara seperti Russia ex USSR dan China yg malah lebih menghargai isi Piagam PBB?

    Serangan AS (dan pengekor setianya Inggris, serta Perancis yg belakangan sepertinya mulai belajar patuh pada AS, dengan dukungan sekutu2 barat) yg katanya krn serangan senjata “kimia” tentara Suriah, sebenarnya lbh pd krn AS ingin menaikkan gengsinya yg jatuh habis2an di Suriah krn kalah dr Russia. Semua yg rutin baca berita Suriah pasti sdh tau bahwa soal serangan senjata kimia berasal dr NGO (yg didanai barat) dan terutama White Helm, dengan rekaan berita yg menonjolkan anak2 kecil utk menarik simpati dunia, dan terutama sbg alasan yg dicari2 utk meletigimasi serangan.

    Sepertinya terhadap serangan AS dan kronco2nya ini, Russia baru sebatas memantau dan memberi dukungan informasi intelijen kpd Pemerintah Suriah. Krn AS sendiri tdk berani menyerang lokasi markas tentara Rusia di Suriah, krn Rusia sdh mewanti2 AS kalau tentara atau rakyat Rusia di Suriah diserang akan ada akibat berat.

    Beritanya Rusia mempertimbangkan kembali ingin menjual kembali S-300 kepada Suriah setelah serangan2 AS dan kronco2nya ini. Jauh sebelum krisis Suriah memanas, Rusia membekukan penjualan S-300 ke Suriah krn tekanan2 (dan tentunya kompromi tertentu) negara2 barat (pastinya AS, Israel dan Saudi Arabia).

    Sepertinya negara2 Arab tidak pernah akan damai, krn menciptakan dan membiarkan antar negara2 Timur Tengah sendiri gontok2an, bahkan yg besar dan kaya malah kerja keras mengambil hati dengan menggelontorkan uang yg begitu besarnya utk beli senjata AS hanya utk menyenangkan AS. Kasihan rakyat Palestina, hanya dijadikan “makanan pencuci mulut” bagi negara2 TT ini, hanya berkoar2 dalam politik diplomasi, abis itu ngapaen? Impoten, hasrat kuat tenaga loyo, salah kali, saya meragukan hadratnya apa benar kuat, buktinya kasus yerusalem dan serangan tentara israel terhadap demo/protes rakyat Palestina ….. halooo ….. Double Standar!

  11.  

    70% dari 100% itu sama dengan dapat nilai 7 dari 10 soal !!!

    Dapat nilai hanya 7 saja kok bangga.

    Nilai tujuh itu hanya bisa dibilang cukup, kemampuan hanya rata-rata saja.

    Nilai Tujuh bukanlah nilai akademik yang istimewa.

    Artinya rudal bikinan Rusia hanya mampu mencapai angka rata-rata saja, dan itu bukan hal yang bisa dibanggakan.

    Angka rata-rata bukanlah angka yang bisa dipuji.

    Sebaliknya jika dapat nilai 9 baru boleh bangga. Jika dapat nilai 10 atau 100 baru sempurna.

    Dapat angka 7 kok bangga, shame on you Russian !!!!

    •  

      Sebaliknya rudal balistik itu bukanlah pesawat tempur.

      Jangan disamakan antara pesawat tempur dengan rudal balistik.

      Pesawat tempur diberi kemampuan manuver untuk menghindar, diberi decoy (pengecoh) seperti chaff, flare dan jammer.

      Rudal balistik tidak diberi kemampuan itu semua.

      Rudal balistik hanya diprogram koordinatnya saja.

      Jadi rudal balistik bisa diprediksi jatuhnya di mana sehingga bisa disergap dengan mudah.

      Sebaliknya dengan hanya dapat nilai 70% saja, rudal arhanud buatan Rusia patut dipertanyakan kemampuannya.

      Rudal arhanud yang bagus itu di atas 90% bisa mengenai target, apalagi untuk mengenai rudal balistik seharusnya bisa 98%.

    •  

      trusss yg dpt nilai 30 lbh baik?

    •  

      Lho coba lihat pertandingan sepakbola.

      Kesebelasan Suria dengan strategi bertahan.

      Kesebelasan US+Cs dengan strategi menyerang.

      Tim kesebelasan Suria berhasil menggagalkan 7 serangan, namun gagal menangkis 3 serangan lagi sehingga kesebelasan US+Cs berhasil menjebol gawang Suria 3 kali.

      Kemenangan 3-0 untuk US+Cs.

      Yang dinilai itu adalah seberapa banyak golnya dan bukan seberapa banyak tangkisannya.

      Jika diantara 103 rudal yang diluncurkan 99 rudal di antaranya adalah rudal pengecoh untuk menghabiskan stok arhanud suria sedang 4 rudal lagi berhulu ledak nuklir bagaimana nasib Suria sekarang ?

      •  

        Jelas militer berbeda dgn bola. 😆 dan logika yg Mbh pake benar-2 aneh. Baru kali ini saya baca pemikiran di luar normal ehhhh kotak ding yg “Emejing” seperti di atas. 😆

        •  

          Jim,

          Kalau ada target yang ditangkis hanud masih lolos, artinya tim hanud gagal.

          Sebab hanud gunakan berlapis2 pertahanan dan macam2 jenis rudal dan juga meriam2 pertahanan titik, eh masih ada lolos juga, itu artinya sistem pertahanan udaranya tidak bagus.

          •  

            tapi masuk diakal teori tuan phd….tapi dalam drama penalti sepihak….karna pihak lawan dikartu merah semua…hingga tersisa penjaga gawang….xaxaxaAxa….

          •  

            Nah brarti patriot itu gk bagus ya Mbh?.

      •  

        Filosophi yang terbalik…
        dalam sepakbola… mau goal attempt 1000 kali… dan membuat score 1 goal itu sama nilainya dengan membuat goal attempt 1 dan goal…
        Rudal super mahal 100 biji ditembakkan hanya 30 yang lolos itu jelas tekor bandar… baru bisa dibilang sukes itu juka 70/30… bukan 30/70… 30/70 jelas aib… dalam ilmu perdagangan itu jelas tidak direkomendasi, yang direkomendasi ya yang 70/30…
        Bukan rudalnya yang laku keras justru itu barang antik bakalan dicari karena ternyata masih gahar… yang sudah karatan di gudang digosok biar kinclong, yang terlanjur masuk museum di kembalikan ke lini pertahanan…

        •  

          Lho jangan langsung di skakmat bung. Soalnya saya lagi cari hiburan setelah sekian lama absen di formil ini. 😆

          #Peace

        •  

          Lho khan misinya menjebol pertahanan udara lawan.

          Sama seperti menjebol gawang lawan.

          Tetap saja kalau ada rudal yang lolos dari arhanud itu artinya arhanudnya yang tidak bagus.

          Sebab misinya menjebol pertahanan udara lawan, walau hanya 1 rudal yang berhasil lolos dan meledak mengenai sasaran dari 100 rudal yang diluncurkan, misi dianggap berhasil.

          Lagipula harganya nggak mahal2 amat, per unit cuma 1,87 juta usd doang.

          •  

            xaxaxa…..

          •  

            Ya sekarang mana ada SAM yg berhasil intercept seluruh rudal bila rudal tsb di Tembakan secara Salvo. Dan lagian sudah bagus sistem SAM yg mayoritas era perang dingin milik Suriah berhasil intercept 71 dari 103 rudal dgn teknologi yg jauh lebih unggul milik Koalisi. Dan lebih lucunya lagi 3 negara super power gangbang 1 negara sekarat tapi rasio keberhasilannya cuma 30%

          •  

            hahaha, …bung Jimy
            Ini umpamanya kayak :
            3 laki-laki buaya gangbang janda sakit TBC, … cuma bisa mrosotin BH nya …

          •  

            100 rudal untuk menyerang negara yang compang camping setelah berperang 7 tahun, bahkan tahun 2015 tinggal menguasai 30% wilayahnya… dan yang paling mencengangkan… mampu merontokan 71 rudal canggih super mahal dengan sistem pertahanan yang sudah berumur 30 tahun… bahkan itu barangnya sudah tidak dijual versi barunya…

      •  

        ho……ho………pintar anda bung TN…….
        ini yg dinama kan dengan objektif / tujuan…….
        kalau perang betulan yg namanya objektif musuh pasti disamarkan……..
        tapi ini trump malah membocorkan waktu pelaksanaan dan strategi pelaksanaan………

        disisi lain para jenderal as mengaku keberatan dan komplain ke media dengan menggunakan kalimat “kewalahan menghadapi syr yah” yang artinya adalah seharusnya penyerangan menggunakan misi SEAD lebih dulu atau misi DEAD, sehingga tidak menimbulkan risk yg lebih besar.

        tapi tetap objektifnya lebih condong ke pemuasan hasrat politik dalam negeri amrik/ mungkin juga luar negeri amrik,,,,,sehingga hanya 3 objektifnya…….kalau objek yg lain mungkin disebut secondary objektif,,,,,para pilot bisa menentukan beban/prioritas tugas……….
        tapi tetap penggempuran sekon objek butuh otorisasi dari atasan…..

        lalu ini namanya bukan keroyokan,,,main bola,,,,,,bolanya satu tapi dikeroyok banyak orang,,,,,,supaya bisa masukin bola ke gawang,,ya harus pakai teamwork……teamwork lha yg jadi utama……

        •  

          Saya penasaran… mengapa USA dan koalisinya tidak pernah menembakan 100 rudal canggih ke arah ISIS, padahal mereka jelas2 berkali-kali mengatakan ada di Suriah untuk memerangi ISIS???
          kalau untuk menyerang ISIS minimal pasti scorenya 100% hit…

          Dan dalam sepak bola itu tidak menggunakan sistem seperti rudal yang persamaan rudal itu adalah kamikaze ala Japan… lolos hancurkan… kalau sepak bola itu mau seribu kali melakukan goal attempt tetap saja orangnya sama, dan boalnya ya satu itu saja, bukan 1000 bola…

    •  

      Sama Suriah aja pake keroyokan, keroyokan kok bangga? Pake 105 rudal juga kok bangga? Itu namanya memalukan dan sangat tidak percaya diri, seandainya Suriah nembakin 10 rudal ke kapal amerika kemungkinan besar amerika bakal menghadang dgn 100 – 1000 rudal akibat tidak percaya nya pada produk dan teknologi mereka sendiri.

      😎 huehuehue

  12.  

    xaxaxaxa …omm jimm kembali rindu huha terobati….xaxaxaxa….

    •  

      arah mata angin begitu cepat berubah….kemarin angin barat berhembus kencang dan nyaring didengar…tiba tiba berubah keangin timur….walau sama angin dan berisik memekakan teling…tapi itu adalah bentuk dari ketiadaan karna angin hanya bisa dirasakan dan didengar telinga kala beresonansi dengan alam mengema memadukan sinkronisasi hingga tercipta melody…walau ada yang sumbang dan kurang enak untuk didengarkan…tapi tetap membuat semarak… ..!!!

    •  

      arah mata angin begitu cepat berubah…kemarin angin barat berhembus kencang,,,hingga buat bising telingga….tiba tiba berubah keangin timur yang tidak kalah kencang dan buat kebisingan pula…daku tak tau apa harus menagis atau tertawa dibuatnya….

      •  

        Sukhoi adalah simbol keperkasaan dari rusia adakalanya dibeli borongan namun tak jarang dibeli ketengan

        Laris manis menjadi suka namun suatu ketika
        menjadi duka saat menemukan buyer yg semaunya

        Kapan kenyataan tentang kontrak finansial diselesaikan karena kami sudah muak dan mulai resah.

        •  

          xaxaxaxa….tak perlu risau apa lagi gundah gulana,karna semua telah diskemakan seakan akan drama terus berlanjut…hingga meraka lupa ada scenario dibalik sebuah drama….xaxaxa….

          •  

            Risau dan galau sangat di butuhkan dlm perihal ini

            Sebab sudah beberapa tahun diri ini menanti

            Apalagi yg sedang diri ini nanti selusin burung besi dgn kemampuan tk tertandingi. 😆

          •  

            xaAxaxa….risau menanti burung besi atau risau berapa besar komisi dari legalisasi ,,,xaxaxa….

  13.  

    kampanye udara sudah selesai,,,,kok sekarang malah fanasboy nya sibuk hitung berapa yg kena tembak,,,berapa yg lolos…..berapa kerugian yg dicapai……kekeke….kapan move on nya ini……….

  14.  

    hmmmm buset deh, rame banget diskusi di atas yaaak…..

    nih dikit bocoran diskusi di sono :
    – suriah kehabisan stock rudal surface to air , ….
    – jangan dikira 1 lawan 1 nih rudal, ada yang infokan 1 lawan 2 …artinya suriah perlu sekitar 200 rudal penangkalnya
    – lepas dari di atas, tetap saja prestasi tomahawk dipertanyakan, … one shoot one kill dan fire n forget adalah kampanye Barat dari duu…

    •  

      Wow 1 shoot 1 kill. 😆 .BTW Mau nanya nih bung @Seno tadi mlm AS luncurin berapa rudal untuk menyasar target di suriah?.

      #Edisi kompor
      #Peace
      #Just kidding

    •  

      yaa kalo itu jelas bung SP….karna yang nembak engak mikir resikonya mau kena mau ngaknya,,,beda dengan yang ditembak….xaxaxaxa,,,,,,……

    •  

      Betul bung SP, saya juga menduga demikian, dan ini juga yang terjadi pada sistem Patriot saat perang Irak, cuma bedanya Patriot-nya AS memiliki stok rudal yang buanyak… beda dengan Suriah…

    •  

      Lho yang ini bukan hanya one shoot one kill tetapi one shoot two or three kill.

      Yang di kill itu 2-3 unit rudal arhanud Suria untuk 1 tomahawk yang diluncurkan , sehingga rudalnya Suria habis.

      Itulah tujuan serangan udara ini yaitu menggempur dan membobol pertahanan udara Suria.

      •  

        Lho klau mau menggempur dan membobol Air Defence Suriah seharusnya Koalisi langsung targetin aja basis/spot sistem SAM Suriah. Toh lagian jika stock rudal hanud Suriah habis pasti bakal langsung di Supply ama Rusia&Iran yg jg memproduksi KWnya.

      •  

        DEAD : Destruction of Enemy Air Defense.

        Misi ini bertujuan membuat loyo pertahanan udara Suriah, sehingga nantinya memudahkan jet2 tempur dan bahkan pesawat angkut berisi penuh paratroopers untuk memasuki Suriah.

        Tujuan akhir adalah menggempur dan menangkap serta mengganti Presiden Bashar sama seperti menggempur dan menangkap Saddam Husein dan Moamar Khadafi.

        •  

          Tugas yang seharusnya dilakukan FSA, karena terlalu lembek keluarlah ISIS, ketika hampir sukses masuklah Rusia… ketika ISIS sekarat, dan FSA sekaligus militan lainya mulai di uber2… maka mau tidak mau bos nya turun gunung… yang menarik kalau perang Irak dan Libya mereka memiliki cukup pasukan darat, sedangkan di Suriah belum terlihat…
          Yang pasti Assad ternyata tidak selemah Saddam Husein dan Gaddafi…

      •  

        D.E.A.D : Destruction of Enemy Air Defense.

        Misi ini bertujuan membuat loyo pertahanan udara Suriah, sehingga nantinya memudahkan jet2 tempur dan bahkan pesawat angkut berisi penuh paratroopers untuk memasuki Suriah.

        Tujuan akhir adalah menggempur dan menangkap serta mengganti diktator Presiden Bashar Al Assaad sama seperti menggempur dan menangkap Saddam Husein dan Moamar Khadafi.

        Do you see what I see ?

        •  

          Lha iya itu udah tk jawab di atas. Klau mau hancurin hanud suriah ngapain itu rudal tadi mlm gk langsung di luncurin aja ke tempat Instalasi sistem SAM tsb. dan pastinya sekutu Suriah langsung Supply rudal ke suriah jika stock rudalnya habis. Soalnya pasti Rusia tk akan mengulang kesalahan untuk ke 2× thd sekutunya.

        •  

          Tapi apa yang terlihat belum tentu WYSIWYG bung TN 😛 wkwkwk 😆

        •  

          Emang paratropnya tidak dhajar ama sekelas silka bung??…yg lebih serem dari silka aja punya..kayakna pantsyr sangat efektif jika ada..karena rudalnya dg range 20 km..pantsyr akan jaga spot SAM selagi reload…

    •  

      https://sputniknews.com/middleeast/201804141063570897-russia-tv-video-syria-airfield/

      Justru dari beberapa kali insiden dengan serangan Israel, makin kesini Suriah semakin mampu melakukan perlawanan termasuk terakir ketika serangan dilakukan dan diketahui oleh Russia kalau dilakukan F-15 Israel, menunjukan dari 8 rudal 5 berhasil ditangkis… sepertinya itu adalah tes sebelum serangan masif yang dilakukan…
      Dan ternyata memang terbukti sistem pertahanan Suriah sudah sangat kuat untuk ukuran negara yang mengalami perang selama 7 tahun dan belum menunjukan akan berakir…
      Pihak USA menyatakan kalau rudal tanpa guide yang ditembakan ke udara hanya akan jatuh kesuatu tempat… dan sepertinya mereka juga tahu kalau sistem yang ada di Suriah semuanya basisnya dari Sovyet dimana pasti terintegrasi dengan sistem milik Russia seperti yang dinyatakan “Selama 1,5 tahun terakhir, Rusia telah sepenuhnya memulihkan sistem pertahanan udara Suriah dan terus memperbaikinya.”
      “Sistem pertahanan udara Rusia di Pangkalan Hmeymim dan Tartus bisa mendeteksi dan mengendalikan semua peluncuran misil dari kendaraan angkatan laut dan udara Amerika dan Inggris,” kata Staf Umum Rusia.

  15.  

    Oh ya jangan lupain fakta bahwa alutsista Rusia yang dijual adalah selalu satu kelas di bawah alutsista yang dipakainya sendiri. Jadi kalau yang k2 aja apalagi produk zaman dulu itu bisa merontokkan rudal2 AS, Inggris dan Perancis, bayangkan apalagi yg orisinilnya (jangan benaran dibayangin lo bisa sinting)

  16.  

    Dengan percaya diri Rusia mengatakan, akan membalas setiap serangan AS ke Suriah. Tapi kok ga di balas yaa… Ciee Suriah kena PHP lagi wkwkkwkw…

    (Mungkin) karna keseringan PHP sampai2 sekutu2nya pada ga percaya lagi sama dia, hingga akhirnya sekutu2nya mengambil keputusan untuk meninggalkan DIA. Dan akhirnya bergabung ke NATO, dan memandang NATO sebagai sekutu yg dpt di andalkan.

    Jgn kayak sih itu, PHP muluu… wkwkkwkw

    Masih ga malu juga sama KUCING?? meoonnnggg… wkwkkwkw

  17.  

    Cuma 3 target sj pake lebih dari 100 rudal mahal dan modern, gak salah? itu kapal induk AS kalo mau diserang 3 buah rudal Yakhont dari kapal rusia di pelabuhan suriah bisa langsung tenggelem, kaga mikir apa itu amerika???

 Leave a Reply