Aug 172019
 

File:Submachine gun PP-2000, from Wikimedia Commons, the free media repository.

Moskow – Jakartagreater.com,  Kementerian Pertahanan Rusia mempertimbangkan untuk memasukkan senapan mesin yang lebih ringkas, yakni PP-2000 ke dalam military pilots’ survival kit, sebagai pengganti senapan serbu AKS-74U Kalashnikov, ujar sumber di industri pertahanan domestik kepada TASS, Jumat 16-8-2019.

“Sebuah proposal telah diajukan untuk mempelajari kemungkinan mempersenjatai pilot militer dengan PP-2000 yang sangat ringkas, bukan AKS-74U. Badan pertahanan berminat pada proposal ini,” kata sumber.

TASS belum mempunyai konfirmasi resmi atas informasi ini.

Selama ini, kit survival pilot yang ditempatkan personel darat ke dalam kursi ejeksi sebelum penerbangan adalah termasuk senapan serbu AKS-74U Kalashnikov, muatan amunisi dan granat selain persediaan makanan dan air, perlengkapan pertolongan pertama serta peralatan komunikasi. Juga, ketika seorang pilot melakukan serangan mendadak, misalnya, di Suriah, ia membawa Makarov atau pistol Stechkin sebagai senjata tambahan bersama magasin dengan ke dalam rompi amunisi.

PP-2000 dikembangkan oleh Tula Design Bureau untuk kartrid Parabellum 9x19mm. Senapan mesin ringan ini adalah salah satu senjata api paling ringan di dunia: beratnya 1,4 kg tanpa magasin dan buttstock. Sebagai fitur spesifiknya, PP-2000 menawarkan kemungkinan untuk menggunakan magasin cadangan dalam bentuk shoulder support.

Breechblock lever dan the magazine’s latch button dapat dipasang kembali di sisi mana pun, yang memungkinkan pilot bertangan kanan atau kidal untuk menggunakan pistol.

Senapan mesin ringan PP-2000 yang diproduksi secara seri telah dilengkapi dengan popor logam lipat sisi yang dapat dilepas sejak tahun 2006. Panjang PP-2000 adalah 582 mm dengan popor terbuka, dan panjang 350 mm tanpa popor. Sebagai perbandingan, AKS-74U memiliki panjang 730 mm dengan popor terbuka dan panjang 490m dengan popor terlipat.