Rusia Pesan 20 IFV dan 80 Tank Generasi Baru

T 14 prototype

Purwarupa tank tempur utama T-14 Armata buatan Rusia. (photo : Boevaya mashina, via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia kabarnya telah memesan puluhan tank tempur utama generasi baru dan kendaraan tempur infanteri berat yang berdasar pada platform tempur universal “Armata”, seperti dilansir dari Defence Blog.

Menurut sumber Kementerian Pertahanan, militer Rusia telah memesan sekitar 80 tank tempur utama generasi ke-4 dan sekitar 20 kendaraan tempur infanteri berat.

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Yuri Borisov secara khusus mencatat bahwa kontrak untuk dua batalyon tank T-14 dan satu batalion dari kendaraan tempur infanteri T-15 telah ditandatangani.

Setelah pengujian, keputusan akan dibuat untuk pembelian berskala besar. “Tidak perlu mempercepat pekerjaan. Karakteristik teknis produk itu terus dimodernisasi sekaligus menyelesaikan pengerjaan amunisi baru bersamaan. Tapi karakteristik yang ada saat ini cukup puas dirasakan pasukan.

“Kemampuan mereka dikonfirmasi oleh potensi ekspor yang tinggi dari model ini”, kata Yury Borisov.

Evaluasi operasional akhir untuk T-14 “Armata” telah ditetapkan pada tahun 2019. Sesuai dengan Program Persenjataan Negara 2018-2027, produksi massal dari tank T-14 berdasarkan platform Armata direncanakan dimulai pada tahun 2020.

T-14 Armata adalah tank tempur utama generasi baru buatan Rusia dengan menara tak berawak dan kapsul lapis baja khusus di bagian depan lambung untuk 3 orang awak.

T-15 adalah kendaraan tempur infanteri berat yang didasarkan pada platform tempur universal “Armata” dan juga tank T-14. T-15 terdiri atas 2 kategori kendaraan, yaitu kendaraan tempur infanteri (IFV) sebagai perlengkapan tentara mekanis modern dan pengangkut personel lapis baja (APC).

Leave a Reply