Jan 252018
 

Ilustrasi kapal selam mini (midget) Rusia. © ROE

JakartaGreater.com – JSC Rosoboronexport, bagian dari Rostec State Corporation, dan JSC United Shipbuilding Corporation akan melanjutkan upaya untuk mempromosikan kapal selam mini dan midget ke pasar internasional pada tahun 2018.

“Rosoboronexport mencatat meningkatnya minat terhadap kapal selam mini dan midget di Asia Tenggara, Afrika, Amerika Latin dan juga Timur Tengah”, tutur Igor Sevastyanov, Wakil Direktur Jenderal Rosoboronexport.

“Industri galangan kapal dan angkatan laut Rusia memiliki pengalaman yang cukup dalam pengembangan dan operasi mereka, yang memberikan alasan untuk sukses dalam mempromosikan kapal semacam itu di pasar dunia”, tambahnya.

ROE siap memasok mitra asingnya dengan kapal selam mini dan midget yang dirancang khusus dengan 10 model berbeda. Ini termasuk kapal selam berbobot 130 sampai 1000 ton untuk memenuhi kebutuhan konsumen potensial. Menurut perkiraan awal, kapasitas segmen pasar senjata ini adalah sekitar US $ 4 miliar dalam lima tahun mendatang.

Eksportir khusus akan melakukan layanan purna jual dari produk yang telah dikirimkan berdasarkan kontrak terpisah.

Kapal selam mini dan midget tersebut dirancang untuk :

  • menjaga perbatasan maritim melalui patroli rahasia
  • menghancurkan perahu dan kapal permukaan tunggal
  • menghancurkan kapal selam
  • memberi (menerima) komando
  • menyebarkan ranjau laut
  • melakukan pengintaian di daerah yang ditunjuk dan menekan kekuatan musuh
  • melakukan intelijen elektronik
  • mengevakuasi penduduk dari daerah konflik lokal
  • menyerang fasilitas musuh yang terletak di pesisir dan jauh di dalam wilayahnya.

“Kapal selam mini adalah segmen unik dari pasar angkatan laut. Meski hanya berukuran kecil, mereka dilengkapi berbagai persenjataan maju, termasuk torpedo dan ranjau laut, serta dapat dipersenjatai rudal jelajah”, menurut Igor Sevastyanov.

Igor Sevastyanov juga menambahkan bahwa perlengkapan elektronika tingkat lanjutnya memungkinkan mereka untuk mendeteksi target secara tepat waktu serta menyerang musuh secara proaktif, tanpa diketahui secara siluman karena suara dan tanda tangan elektromagnetik yang rendah.

Pekerjaan sedang dilaksanakan agar sistem propulsi udara mandiri (AIP) sesuai untuk kapal selam mini yang secara signifikan akan mampu memperpanjang daya tahannya.

Di antara sejumlah keuntungan utama kapal selam kecil adalah pada intensitas medan fisik mereka yang rendah, yang mana secara signifikan mengurangi peluang terdeteksi oleh pasukan anti kapal selam (ASW).

Hal ini dapat tercapai melalui ukurannya yang kecil, penerapan material yang tepat dan teknologi peredam kebisingan canggih, serta solusi perancangan lainnya.

Untuk kapal selam kecil yang ditujukan untuk melaksanakan operasi khusus, disediakan sebuah ruang lockout di mana perenang tempur dapat meninggalkan kapal selam itu secara diam-diam.

Pangkalan kapal selam mini dan midget tidak perlu melakukan perubahan radikal pada peralatan di pangkalan angkatan laut yang ada, sehingga komisioning mereka ke dalam angkatan laut tidak memerlukan investasi modal yang signifikan untuk pembangunan infrastruktur pesisir yang sesuai.

Kapal permukaan kecil yang telah dilengkapi peralatan khusus dapat digunakan sebagai pangkalan mobile untuk kapal selam kecil.

Artikel ini merupakan rilis pers dari laman situs resmi Rosoboronexport. (18/1/2018)