Rusia Respon Pengerahan Rudal AS di Kawasan Asia-Pasifik

Moskow, Jakartagreater.com  –  Moskow akan menanggapi secara tepat mengenai penyebaran Peluru Kendali (Rudal) jarak menengah dan pendek Washington di kawasan Asia-Pasifik (APAC), ujar Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat Anatoly Antonov, dirilis Sputniknews.com pada Sabtu 17-10-2020.

“Jika Rudal Amerika dikerahkan di APAC, dan sekali lagi telah dikonfirmasi kepada saya kemarin bahwa Rudal tersebut akan dikerahkan, maka jangkauan Rudal ini akan mencapai Federasi Rusia, mencakup target strategis pencegahan nuklir taktis,” kata Anatoly Antonov secara langsung di Channel One Rusia.

Amerika Serikat meninggalkan Perjanjian Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) dengan Rusia pada Agustus 2019. Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) yang baru tentang kesepakatan kendali senjata besar terakhir antara AS dan Rusia, berakhir pada 5 Februari 2021.

Anatoly Antonov mengatakan bahwa Rusia telah melakukan komitmen sepihak untuk tidak mengerahkan Rudal jarak menengah dan pendek sampai AS menyebarkan Rudal semacam itu di beberapa wilayah.

“Kemarin, saya menerima konfirmasi sekali lagi bahwa inilah yang akan terjadi (penyebaran Rudal AS) dan saya katakan bahwa, tentu saja, langkah-langkah yang memadai akan diambil dari pihak Rusia,” kata Anatoly Antonov kepada Channel One Russia.

Menurut duta besar Rusia, Anatoly Antonov, Moskow telah berusaha meyakinkan politisi AS bahwa kurangnya dialog tentang pengurangan senjata berbahaya, tetapi belum ada kemajuan dalam masalah ini dan Rusia dan AS semakin dekat dengan perlombaan senjata.

“Amerika yakin bahwa mereka akan memenangkan perlombaan senjata, mereka yakin bahwa mereka akan menyelesaikan kebijakan sebelumnya yang menghancurkan ekonomi Rusia. Dan meskipun saya terus menerus menegaskan bahwa jalan seperti itu berbahaya, bahwa dialog itu perlu, namum tidak berhasil meyakinkan politisi Amerika saat ini, setidaknya orang-orang penting yang bertanggung jawab atas pengendalian senjata, “kata Anatoly Antonov.

Sharing

Tinggalkan komentar