Rusia-RI Terus Jalin Kerjasama Strategis & Positif

94
99

Rusia-RI Terus Jalin Kerjasama Strategis & Positif (Foto:Okezone)

Rusia-RI Terus Jalin Kerjasama Strategis & Positif (Foto:Okezone)

JAKARTA – Pemerintahan Indonesia dalam hitungan bulan akan segera berganti. Setelah 10 tahun dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), presiden terpilih Joko Widodo akan menerima tongkat estafet pemerintahan.

Menjelang terjadinya peristiwa bersejarah  tersebut, Kedutaan Besar Rusia di Indonesia menyampaikan harapan besarnya. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Duta Besar Mikhail Galuzin.

“Kami harap kerjasama strategis dan positif yang sudah dibangun bisa dilanjutkan,” sebut Galuzin di Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Dijelaksan Galuzin, selama SBY memerintah Rusia dan Indonesia menjalin kemitraan dengan begitu baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kerjasama yang dicapai.

Tidak cuma itu, saling balas kunjungan antara Presiden SBY dan Presiden Vladimir Putin menjadi bukti kuat di mana hubungan Rusia dan Indonesia berjalan dengan arah positf. Galuzin meyakini hal ini terus berlanjut saat Joko Widodo memerintah nantinya. (international.okezone.com)

94 KOMENTAR

    • Solusi cerdas mengatsi krisis lintrik untuk PLN, tinggal pemerintah menkaji dan membuat aturan agar mudah mensosialisasikan kepada masyrakat agar tidak terjadi mikomunikasi

      Ayo presiden terpilih kami dukung kebijakan anda demi kesejahteraan lintrik untuk smua rakyat

    • mangap sebelumnya biar gk nyambung ma trit gpp dech yg pentin g isinya :
      SEBUAH DOA DAN HARAPAN KAMI
      Sebelumnya saya hanya ingin berbagi keinginan dan harapan tentang :
      1. Kunci menjalankan fungsi pemerintahan diantaranya adalah :
      • Mengutamakan kepentingan NASIONAL.
      • Selama memegang teguh konstitusi (UUD ’45 n Pancasila )terutama pengamalan pasal 33 yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, bukan golongan tertentu.
      • Terko’ordinasi dengan pemerintah yang sebelumnya untuk mendapatkan info n masukan tentang program” yang selama ini di jalankan sehingga dapat semakin mempercepat laju kemajuan n effisiensi dalam kinerja pemerintahan ke depan.
      2. Kunci keamanan diantaranya adalah :
      • Pengesahan UU tentang ruang lingkup kinerja BIN yang membawahi intelejen TNI dan POLRI
      • Peleburan Lembaga Sandi Negara dan Lembaga Pertahanan dan Keamanan Nasional dalam satu wadah (marging).
      • Memberdayakan / mengaktivkan lagi peranan babinsa sebagai ujung tombak penangkal gangguan keamanan.
      3. Kunci kedaulatan diantaranya adalah :
      • Menempatkan orang” yang tepat pada bidangnya ( para menteri, dirjen dll)
      • Menerima masukan dr para ahli yang terkait n membuka akses semudah mungkin bagi para pakar” trsbt.
      • Tujuan : kedaulatan dlm bidang energy, pangan, ekonomi, hukum, keamanan, pendidikan, dll.
      4. Kunci kemajuan diantaranya adalah :
      • Menarik kembali pulang para ahli-ahli / ilmuwan kita kembali ke tanah air.
      • Menambah biaya riset.
      • Membangun tempat- tempat Laboraturium yang terko’ordinasi dengan baik dengan perguruan tinggi yang berkualitas sebagai langkah inovasi untuk meningkatkan nilai produktivitas dalam negeri dalam bentuk apapun hasil karyanya yg berguna untuk khalayak ramai dan kepentingan nasional.
      • Mengundang-undangkan tiap department mesti menggunakan product / hasil karya bangsa sendiri dalam segi apapun min. 60% dari semua sector kebutuhan.

      Selanjutnya silakan teman” sekalian menambahkan…
      Bukankah sesuatu yang besar berawal dari sebuah mimpi n harapan…
      Mari bangkit, tanpa harus saling menjatuhkan… kawal president kita, bantu ….
      Dan tetap semangat untuk berjuang….

      NB.
      – bila tak bisa skrg masih ada hari esok…
      – bila tak bisa sempurna minimal sebagian….
      – bila kita tak bisa merasakan… minimal anak cucu kita merasakan.
      – asal jangan gadaikan n nodai amanat para pejuang kita terdahulu…
      – bila itu terjadi… lebih baik mati tanpa di kenal drpd melihat kehancuran negeri ini.
      – yang terakhir…. Boyok ku wes kumat…. Tak ngopi disek ae karo roko’an. Hehehehe 😀

  1. Paling2 mamarika ada antidotnya untuk mencegah Om Ruskie dari Melamar gadis nusantara.klau kepentingan kedaulatan ditunggangi politik maka sang macan hny bisa berkokok.nunggu kabinet terbentuk dan siapa didlmnya br kita bisa menyimpulkan anggaran 95T nyata adanya.Atau 95T sebagian besar nnt akan berkiblat ke Mamarika.skrg SU35 BM hrs bersaing dgn Thypoon dan terbaru bersaing dg F16 blok 60/61.Di tunggu kejutannya

  2. Kerjasama yang cantik, unik, dan menarik antara garuda dan beruang merah. Sang garuda terbang mengepakkan sayapnya dinahkodai Pak SBY sang ahli strategi..dan beruang merah dengan kekuatannya dinahkodai Mr Putin sang ahli intelejen..semoga tetap berlanjut biarpun sang garuda berganti nahkoda. Nahkoda baru biarpun dr kalangan sipil semoga mendengarkan keluhan dan arahan tentang MEF dan memahami betapa pentingnya kerjasama ini.

  3. Semoga terus berlanjut dengan tingkat keharmonisan yang lebih tinggi. Problematikanya adalah apakah dengan adanya ketegangan yg terus memanas antara Rusia dan Ukraina, barang2 militer yang sdh dipesan akan terlambat datang atau malah ditangguhkan? Sejauh mana realisasi kontrak2 yang sudah berjalan selama ini, apakah tetap sesuai jadwal pengiriman, di tunda atau memakai tangan negara ke 3 sebagai perantara deliverynya?

    Sudah sepantasnya US bergerak cepat untuk bisa mendapatkan jatah “kue” MEF 2 dan 3, krn adanya perjanjian rahasia antara Rusia dan Indonesia untuk pembelian alutsista yang menjadikan Rusia sebagai salah satu pemasok alutsista utama di MEF 1 ini. dan mudah2an perjanjian segitiga Rusia – Indonesia – Brunei juga berlanjut tanpa halangan.

  4. Nunggu rembesan dari Bung Nara, Mef 1 150T itu dapat alutsista apa saja? Kalau melihat publis resmi,jumlahnya masih jauh dari 150T, jadi pasti masih ada yang belum dibabar. Barangkali muncul 7 Oktober 2014 di HUT TNI di Ujung Sby. Ngarep.com siap2 tutup lapak satu hari utk menyaksikan HUT TNI.

  5. Teori Hubungan internasional indonesia mulai 2020
    asumsi:
    kekuatan dunia dibagi menjadi 2 kekuatan utama: blok barat dengan pemimpinnya USA dan blok timur dengan pemimpinnya China.
    selain kedua negara tersebut adalah negara pengikut blok: blok barat: jepang, korea, Uni eropa, australia dll….blok timur: russia, iran, korea selatan, kambodja dll
    politik luar negri indonesia:
    1. untuk kekuatan utama di blok barat maupun blok timur, indonesia harus bebas aktif. tidak memihak salah satu. jika dekat dengan china, maka dalam waktu yang bersamaan indonesia harus mendekat dengan USA. dan begitu juga sebaliknya. kebijakan terhadap satu negara mempengaruhi kebijakan terhadap negara kedua.

    2. untuk negara pendukung blok. indonesia harus menjalin kerjasama erat keduanya dan jangan sampai terjadi permusuhan kecuali yang memang secara bilateral ada permusuhan seperti malon, singo, dan australia. indonesia harus mengambil hati semua blok negara pendukung kekuatan utama: jepang, rusia, korut, korsel, iran, turki dll

    skenario kedepan:
    1. skenario baik: indonesia akan menjani kekuatan ketiga dalam percaturan dunia.. 😀
    2. skenario moderat: indonesia tetap menjadi non blok tapi tidak terlalu berpengaruh dalam percaturan dunia
    3. skenario buruk: china dan amerika bahu membahu menghancurkan indonesia karena dipandang akan mengancam eksistensi mereka. China menggunakan pangkalan militer di Tim Les dan amerika menggunakan pangkalan di Darwin. ini mungkin terjadi mengingat kedua negara adalah negara yang serakah. setelah berhasil, indonesia dibagi menjadi 2 yaitu barat menjadi sekutu USA dan Timur menjadi sekutu China…hiks Tragis.

    jadi inget komentarnya bung yayan pada artikel Opsi laut China selatan….
    yayan@indocuisine says:
    March 6, 2014 at 8:39 pm

    Seperti akan ada dua jagoan yang bertarung di LCS, China dan USA. Tapi dengan kontribusi China dalam perekonomian nasional US, pernahkah kita terpikir bahwa tidak mustahil justru merekalah sekutu yang sesungguhnya. Saya suka dengan suasana yang selalu hangat di JKGR, setidaknya saya masih bisa berbangga dihadapan teman-teman lain yang berasal dari negara-negara sahabat, bahwa kita bangsa Indonesia senantiasa siap menghadapi berbagai ancaman. Pendek kata, kita adalah bangsa yang selalu awas, mawas dan waspada. …

    bisa jadi lho China dan amerika bersatu menghancurkan indonesia… hehe 😀

    maaf, opini pengangguran

  6. Pagi bung Jalo
    Saya setuju dg pendapat bung, masyarakat & LSM kita pada Phobia akut dgn Nuklir. Padahal produk turunan nuklir sdh kita pake dr tahun 70an.
    Bahkan yg rumahnya di Serpong,Pasar Jumat,Yogyakarta selalu bersinggungan dg NUKLIR. kan kita Punya 3 mini Reaktor Atom-nuklir..

    #kangen dg Mr Galuzin.. kangen dg masakan istrinya..

  7. Mumpung aa yang nawarin … bungkus dulu ntar baru finding location yang lebih tepat .. Bila PLTN dibangun di Batam maka efek detterensnya sangat cetaaaaar membahana sekalian Rudal hanud disana guna penjagaan … Singapura dan Malaysia tidak berani macam2 … Bila ditelaah secara rasional Pulau Kalimantan lebih tepat karena bukan area gempa tektonik dan vukanik ….

    Andaii Kontrak Su-35 juga dilaksanakan …..

  8. @freaxout
    betul bung, pengolahan limbah nuklir kita menggunakan teknologi terbaik saat ini yg jg pengembangan nya di lakukan serta di dukung ahli nuklir kita sendiri.

    @prrimananda
    Hehehe.. salah satu ny itu bung. Kapasitas mini reaktor kita sdh dlm tahap “expert”. Wong Bapak aj punya “the football” laptop yg slalu di borgol di tangan.. ups..kelewatan
    Its not detterence if not in the table..

  9. terakhir nih sblom jum’atan bung PR
    rada politik neh. itu tin man sengaja gali2 biar jadi capres apa kebetulan tapi ada agen asing yang ngarahin secara sengaja ato pake tangan pegawenya apa gimana neh. kalo cuman tau gituan bukan 1,2 orang yang tau, cuman ya percuma ngga ada untungnya bahaya iya. mendingan kagak tau

  10. Non blok adalah amanat konstitusi, untuk bisa konsisten di jalur non blok harus mandiri di segala bidang. Militer harus kuat min setaraf dengan amrik, kalo tidak diplomasi harus licin dan cerdas seperti sangkuni kalo tidak bisa juga yah… Siap siap……