Okt 092016
 

iskander-m

Rusia melakukan manuver dengan mengirimkan rudal iskander ke wilayah yang berbatasan langsung dengan negara-negara Baltik di Kaliningrad. Polandia dan Estonia langsung menyampaikan kecemasannya dengan maneuver yang dilakukan Rusia.

Kepala Staf Angkatan Pertahanan Estonia, Letnan Jenderal Riho Terras menyampaikan, langkah yang diambil Rusia merupakan bagian dari upaya untuk menguasai Laut Baltik. ”Dalam jangka panjang, keinginan Rusia adalah untuk membawa Laut Baltik di bawah kontrolnya,” ujarnya, Minggu (9/10/2016).

Sementara itu, juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan, penempatan rudal iskander di perbatasan Baltik akan digunakan untuk latihan militer. ”Unit rudal ini telah ditempatkan lebih dari sekali dan akan digunakan sebagai bagian dari latihan militer angkatan bersenjata Rusia,” ujar Konashenkov, dikutip dari Reuters, Minggu (9/10/2016).

Polandia dan Estonia merasa terancam, karena kemampuan rudal iskander yang mampu melesat hingga 500 kilometer (310 mil).

 Posted by on Oktober 9, 2016