Rusia Siap Bangun Kapal Selam Berdasarkan Konfigurasi India

Kapal Selam Amur Rusia. (Russian MoD)

Vladivostok – Jakartagreater.com – Rusia telah menawarkan proposal ke India untuk membangun 6 kapal selam non-nuklir di bawah perjanjian antar-pemerintah tanpa mengadakan konteks penawaran (bidding), kata kepala Dinas Federal untuk Kerjasama Militer-Teknis, Dmitry Shugayev, kepada media di sela-sela Timur Forum Ekonomi pada hari Kamis, dirilis TASS, 05-09-2019.

“Kami sedang mendiskusikan dengan mereka (pihak India) masalah pembuatan armada kapal selam. Salah satu proyek mereka adalah penciptaan 6 kapal selam dengan sistem propulsi independen udara (AIP). Awalnya mereka menyatakan konteks penawaran, tetapi kami telah mengusulkan persyaratan eksklusif dan membujuk rekan-rekan kami untuk melakukan ini berdasarkan perjanjian antar-pemerintah, “kata Shugayev.

Proposal Rusia memiliki pengalamannya yang luas di bidang Angkatan Laut. “Saya berharap kita akan mencapai pemahaman. Pertama, akan lebih murah dan tentu saja jauh lebih cepat. Juga, India akan memperoleh kompetensi baru dalam pembangunan kapal selam yang saat ini kurang,” tambahnya.

Rusia telah menawarkan kepada India kapal selam non-nuklirnya Amur-1650, yang dirancang oleh Biro Desain Pusat untuk Teknik Kelautan Rubin (afiliasi dari United Shipbuilding Corporation). Menurut para perancang, kapal selam itu dapat dikonfigurasikan atas permintaan pelanggan untuk membawa rudal jelajah Club-S (ekuivalen ekspor rudal Kalibr-PL) atau Rudal jelajah BrahMos dari pabrikan Rusia-India.

Saat ini, Angkatan Laut India memiliki 9 kapal selam diesel-listrik buatan Rusia dari proyek 877EKM. Forum Ekonomi Timur ke-5 diadakan di Vladivostok pada 4-6 September 2019. Yayasan Roscongress adalah organisasinya, dan TASS adalah mitra informasi umum, pembawa foto resmi dan moderator zona presentasi peluang inovatif  Timur Jauh.

Tinggalkan komentar