May 112017
 

Laboratorium penelitian enerji nulir Rusia (photo : © Sputnik/ Pavel Lisitsyn)

Penajam – Perusahaan pembangkit nuklir asal Rusia, Rosatom, siap membangun Pusat Sains, Teknologi dan Industri Nuklir di Kawasan Industri Buluminung Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Dalam pertemuan dengan Rosatom dan Pemprov Kaltim di Jakarta, Rabu (10/5/2017), Rosatom menyatakan kesiapannya membangun pusat penelitian nuklir itu di KIB,” ujar Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ ketika dihubungi di Penajam, Kamis, 11/5/2017.

Menurutnya, pertemuan itu merupakan permintaan Rosatom dan sudah beberapa kali diadakan untuk pemantapan rencana pembangunan pusat penelitian nuklir yang diberi nama The Buluminung Nuclear Industry-Science Techno Park (BNI-STP) itu.

Lokasi pembangunan BNI-STP sudah ditetapkan di Kawasan Industri Buluminung atau KIB Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pembangunan BNI-STP itu dirancang Pemprov Kaltim bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional atau Batan,” jelas Mustaqim.

Pada sekitar Februari 2017, Batan telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Penajam Paser Utara untuk persiapan pembangunan BNI-STP.

“Tim teknik dari Batan sudah melakukan uji lokasi pembangunan pusat penelitian nuklir itu di KIB. Selain itu, juga sudah dilakukan survei untuk menyusun perencanaan studi kelayakan proyek pembangunan pusat penelitian nuklit tersebut,” tambahnya.

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan lahan seluas 20 hektar untuk pembangunan BNI-STP itu.

Wabup menyatakan keberadaan BNI-STP di Kabupaten Penajam Paser Utara akan banyak mendapat keuntungan, salah satunya terbukanya lapangan pekerjaan.

“Kami yakin ke depan Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi kawasan industri besar, memang saat ini terkendala keuangan tapi tetap berusaha untuk kemajuan kabupaten,” tambah Mustaqim.

Antara

  42 Responses to “Rusia Siap Bangun Pusat Penelitian Nuklir di Indonesia”

  1. Wooowww….pertamax di amanin dulu….

  2. Mantaapp

  3. Moncerrrr gak mesti SU-35 untuk pererat hubungan indonesia – rusia..

  4. Rudall nya mana rudal nya ??
    Indonesia darurat rudal tipe penjelajah kah kah kah kah ..
    neng cintia kamu dimana ??

  5. Bung patih teu acan kulem… sakitu tos wengi teh.. kade tong begadang wae neang pertamina bilih karugrag

  6. Bung patih teu acan kulem… sakitu tos wengi teh.. kade tong begadang wae neang pertamina bilih karugrag

  7. smoga bisa terwujud..

  8. ayolah PLTNsegera direalisasikan

  9. Kabar gembira ………
    Adam jangan cakap cakap aja
    Ujung ujungnya tau sendiri lah ya kan

  10. HUAHAHAHA ! Kampret ni kuminis, die mao buka Chernobyl di RI…

  11. Dari semenjak aku sd sampai punya anak usia sd masih akan..akan sampai kini juga masih akan siap..

  12. Gagal nyales pesawat bung jimmy bawa dagangan baru nih ahahaha

  13. Nanti kalo nawarin nuklir mleset lagi, trus bung jimmy mo jualan apa lagi….soale selain teknologi nuklir, dirusia tinggal “beruang kutub” yang masih tersisa…

  14. Nanti kalo nawarin nuklir mleset lagi, trus bung jimmy mo jualan apa lagi….soale selain teknologi nuklir, dirusia tinggal “beruang kutub” yang masih tersisa…

  15. dpd kalo di amerika di kenal dengan sebutan SENATOR

  16. Kasian Inul pengidolanya (FBI) yg ada di amerika di bubarin sama Donal Trunk..

  17. HUAHAHAHA !!! Het dah ni kuminis, die mao pindahin tragedi Chernobyl ke RI…Tolak kuminis bobrok Rusia !!! Minta USA yg bangun reaktor di RI

  18. Buat apa maksa pakai tenaga nuklir ?

    Sumber tenaga lain yang selalu terbarukan tersedia berlimpah di RI :

    – panas bumi / geo thermal
    – panas matahari
    – angin
    – arus laut
    – petir
    – air terjun

    Dari 6 jenis tenaga ini, 5 jenis bisa dimanfaatkan, tinggal ambil saja gratis.

    Daripada bangun reaktor nuklir, bikin saja banyak kincir untuk dipasang di sungai2 besar di kalimantan, di semua air terjun, di sepanjang tepi samudera hindia di jarak 50 – 100 meter dari pantai, di sepanjang tepi selat karimata yang ganas ombaknya.

    Daripada bangun reaktor nuklir, pasang saja banyak solar cell di Nusa Tenggara Timur, pasang banyak kincir angin di daerah2 yang sering mengalami angin kencang.

    Semua butuh upaya, manfaatkan semua yang sudah diberikan dengan gratis oleh Tuhan YME.

    • Betul. Negara lain yang punya reaktor nuklir pun mulai berusaha menguranginya secara bertahap karena risikonya yang berbahayya.
      Untuk energi masih banyak sumber lain seperti yang anda sebutkan.
      Tapi tetap penting untuk kuasai ilmu nuklir untuk memanfaatkan di bidang pertanian, pengobatan, rekayasa pengendalian cuaca (bisa nggak sih?), apa lagi ya… banyak deh.
      Pokoknya yang berminat pernukliran jangan ragu untuk kuliah di jurusan Sastra Nuklir. hahahaa….

    • Ada aja tuhhh rusia.. Indonesia kan sudah punya Batan.. ..emangnya kenapa dwngan batan .. Sekarangpun sdh banyak menelorkan aplikasi nuclear tehnologi.. .pangan..bibit.. Kedokteran.. Xixixixi

      Emengnya neleiti apa lagi… Atau mau nagajari buat ICBM dan muatanya.. Jeejjwjejejejje

    • Pemikiran yang sempit, dibaca baik baik. Itu untuk penelitian. Nuklir bukan cuma untuk energi listrik semata tapi masih banyak yang didapat dari penelitian dari hasil nuklir. Paham??

    • Menguasai teknologi nuklir adalah cita-cita pak karno sejak dahulu. Itulah kenapa Batan didirikan sejak tahun 50 an. Walaupun Indonesia telah menandatangani perjanjian non-proliferasi nuklir. Jika mendirikan banyak pusat penelitian plus reaktor (walaupun mini) di banyak tempat. Manfaatnya besar sekali selain dari sebagai sumber listrik. Jika di masa depan Perjanjian itu dihapus dan ada perlombaan senjata nuklir kita tidak perlu lagi repot-repot lagi mengulang dari nol ataupun ketinggalan karena ancaman nuklir negara lain.

  19. Saya setuju nuklir, fakta negara maju semua punya nuklir…….
    Ingat, nuklir bukan hanya untuk LISTRIK semata, nuklir bermanfaat juga di bidang kedokteran, pertanian, pengawetan makanan, dsb….

  20. Masih wacana “akan” terus. Klu terealisasi bs jd RI pengeksport nuklir untuk damai seperti yg sudah disebutkan oleh warjag diatas kan dikita bahan bakunya melimpah! Tdk seperti Freport mendapatkan untung yg fantastis karena bahan uranium jg didapat dr tambang emas tsb, bs jadi nuklir AS disubsidi RI dr Freport tsb!

  21. Buat pembangkit listrik tenaga dalam aja lebih sangat murah. Modalnya nasi sepiring aja.

  22. makanya jalur kereta buatan rusian railways salah satunya jalur penajam – mahakam hulu untuk membawa bahan baku uranium dr pedalaman
    bagus lah klo akan d bangun d kalimantan

  23. Nuke, indonesia sudah bisa cuma belum advance. Jd perlu mentor. Gitu kali ya…

  24. ini wacana dari lebaran kuda,tapi tidak ada realisasinya,seperti su 35 yang sekarang masih jadi wacana belum ada realisasinya. ngeness

  25. Muheeeeee wacana lagi, mumet . Moncer nih barang

  26. sy setuju dgn russia mengolah esdm nuklir indonesia utk kebutuhan berbagai macam

  27. Tidak ada yang bisa mengalahkan efisiensi dan besarnya listrik yang dihasilkan dari PLTN, listrik nya murah dan faktanya negara2 spt perancis,amerika,jepang,china,rusia masih mengoperasikan PLTN hingga detik ini, energi listrik yang murah meningkatkan daya saing industri nasional

 Leave a Reply