Sep 112013
 
Destroyes USS Mahan, Arleigh Burke-class dengan rudal jelajah Tomahawk (photo:Mate 2nd Class Greg Roberts)

Destroyes USS Mahan, Arleigh Burke-class dengan rudal jelajah Tomahawk (photo:Mate 2nd Class Greg Roberts)

Sikap AS yang seringkali melangkahi lembaga Dewan Keamanan PBB, dianggap Vladimir Putin telah keterlaluan. Presiden Rusia ini, habis-habisan mempertahankan agar Suriah tidak diserang secara sepiahk oleh AS, tanpa persetujuan PBB. Rusia terus mengirim kapal perangnya ke perairan Mediterania, bahkan melebihi armada kapal perang AS yang berjumlah 5 destroyer. Putin pun mengancam Obama, bahwa Rusia akan terlibat langsung dalam peperangan jika Suriah diserang oleh AS.

Ancaman Putin ternyata cukup manjur. AS berpikir ulang karena khawatir perang tidak terkendali dan berakhir dengan nuklir. Rakyat AS juga semakin khawatir. Mereka takut dengan kemungkinan serangan nuklir. Hasil polling menunjukkan warga AS semakin banyak yang menentang serangan militer ke Suriah, mencapai sekitar 60 persen. Suara Senat AS akhirnya terpecah. Bahkan suara-suara untuk melakukan impeachment terhadap Obama, mulai disuarakan rakyat. Barack Obama akhirnya menunda voting di senat yang hendak memutuskan apakah Suriah jadi diserang atau dibatalkan. Obama menyetujui pembatalan serangn militer ke Suriah, dengan syarat pemusnahan senjata kimianya Suriah oleh PBB. Inisiatif pemusnahan ini disampaikan oleh Rusia. Ketegangan di Suriah sedikit mereda.

Kasus Suriah ini, membuat Putin mengevaluasi kembali kebijakan Rusia tentang ekspor alutsista. Rusia yang selama ini menuruti permintaan AS untuk tidak menjual alutsista strategis, ternyata kena getah sendiri.

Dalam perhitungan geopolitik dan ekonomi, jika pemerintahan Suriah jatuh dan menjadi pro-barat, maka jalur perdagangan Rusia- Suriah – Timur Tengah akan berantakan. Negara-negara Timur Tengah tidak akan ada lagi yang mau bersekutu dengan Rusia, karena tidak berguna. Begitu pula dengan negara-negara di belahan dunia lainnya. Seperti halnya AS, Rusia baru sadar, bahwa dia akan berguna, jika bisa melindungi sekutunya. Dengan melindungi sekutu, maka Rusia dengan sendirinya memperluas “lebensraum” alias ruang hidup.

S-300 air defense system (RIA Novosti / Valeriy Melnikov)

S-300 air defense system (RIA Novosti / Valeriy Melnikov)

Jika AS menempatkan dan membangun sistem pertahanan udara yang canggih untuk negara Nato dan Sekutu, mengapa Rusia tidak ?. Apalagi AS terlihat suka bertindak di luar ketentuan PBB.

Untuk itu, Vladimir Putin mengatakan, Rusia akan menyuplai Iran dengan senjata anti-serangan udara S-300 yang akan ditempatkan di reaktor nuklir Bushehr. Demikian laporan koran bisnis Kommersant, Rabu, 11 September 2013. Putin akan memperbarui perjanjian pengiriman lima misil anti-serangan udara canggih. “Hal itu akan disampaikan Putin dalam sebuah pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rowhani pada Jumat, 13 September 2013,” tulis Kommersant mengutip sumber yang dekat dengan Kremlin.

Integrasi sitem pertahanan anti-udara S-300

Integrasi sitem pertahanan anti-udara S-300

Putin dijadwalkan berjumpa dengan Rowhani dalam sebuah pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai yang digelar di Kyrgystan, Jumat, 13 September 2013.

Pada tahun 2007, Rusia meneken kontrak dengan Iran untuk pengiriman senjata darat ke udara (misil anti-serangan udara) yang dapat digunakan menembak jet tempur musuh atau sebagai penuntun misil senilai US$ 800 juta (sekitar Rp 9,2 triliun). Namun kontrak tersebut dibatalkan oleh Presiden Dmitry Medvedev pada 2010 lantaran mendapatkan tekanan kuat dari ASt dan Israel agar tak melanjutkan penjualan senjata anti-serangan udara ke Iran. Pembatalan ini menuai protes Iran.

Vladimir Putin menyatakan bersedia mengirim senjata pesanan tersebut, jika Iran menarik gugatannya senilai US$ 4 milyar (Rp 46 triliun) yang diajukan ke pengadilan internasional di Jenewa terhadap eksportir senjata Rusia. Kommersent menulis, Putin siap menyuplai Teheran dengan modifikasi versi ekspor S-300 dengan model S-300VM Antey-2500.

Rusia juga mendesak Barat agar memperlunak sanksi terhadap Iran setelah terpilihynya Rowhani, seorang ulama moderat, menjadi Presiden Iran pada Juni 2013. Selain pengiriman senjata, Putin siap menandatangani kesepakatan dengan Iran untuk membangun reaktor nuklir kedua di Bushehr.

“Kesepakatan ini sesungguhnya secara ekonomi tidak menguntungkan, namun harus dipandang dari sudut politik,” kata sumber itu. Rusia mulai menghitung , untung rugi jika membiarkan negara Sekutunya jatuh satu persatu. (JKGR).

  46 Responses to “Rusia Siap Kirim S-300 untuk Iran”

  1. ini dia contoh presiden yg perlu di gugu lan di tiru… Bukan cuma gertakk sambal…selamad buat om putin…

    Bisa dilhat betapa Usa takut dengan Ruskie,bila trjadi perang nuke,,bila sekutunya di timur tengah di jajah… Belom juga di test gmna efect deterjen dr S-300.. Nd pantsyr. Ech udah pada ilang duluan..
    Yang perlu di cermati untuk pemerintahan sekarang dan masa depan adalah “BETAPA BERHARGANYA NILAI/POWER,EFECT DETERRENT NYA ALUTSISTA KITA, BILA MEMILIKI TEKNOLOGI MUTHAKIR,,YANG BISA DI BANGGAKAN,KITA PASTI DI SEGANI,MUSUH KITA KEDEPAN BUKAN NEGARA KECIL SPERTI JIRAN KITA, ADA MACAN YG SIAP MENERKAM KITA DR BERBAGAI PENJURU,,,,””

    GIMANA DENGAN INDONESIA..
    Destroyer,
    s-300
    pantsyr
    kilo
    siapkah di jOint ke NkrI,,
    jangan sampai nunggu hancur dulu baru saling menyalahkan siapa” yang korupsi,,,

    apaalagi yg kita pikirkan..ikutan ngeblok apa masih noN blok sampai bobrookk,,,
    silahkan Om meLektech,pak WH, bung diego..
    Pencerahanya…

  2. Entalah ga habis pikir segitu Rusia mati2n belain sekutunya…
    toh kenapa indonesia malah di kasih kesempatan sama om putin untuk membangun pertahaanan udara sekaligus membangun markas rusia di indonesia di tolak……ada apa gerangan….apakah agen Us terlalu banyak di parlemen.

    • bang jhon____

      emang adee yee bang.. Om ruskie mau bangun markasnye di mari..apa iya kalau pmerintahan kita menolak skaligus pertahanan udaranya..dari om ruskie

      Apa emang udah di tolak atau gimana???
      Tolong pencerahanya nd darimana summbernya..
      Monggo bang jhOn

  3. putin strongggggggggg
    bgnilah shrsnya presiden negara besar bersikap
    mef 2
    1.s300/s400,pantsyr
    2.kilo/amur
    3.su35
    4.destroyer
    5.pswt AWACS
    6.rhan 300km
    7. presiden tegas

  4. Analisa “Rusia Siap Kirim S-300 untuk Iran” cukup bagus.

  5. Berita panaaass… semoga tidak dijual ke india

  6. Cocoknya, indonesia mengakuisisi 100 batere s-300, 20 batere s-400….
    Secara strategi perang, Indonesia sudah terkepung dengan pangkalan AS bersama Australia.

    Dalam sejarah perang ribuan tahun, berapa banyak jumlah pasukan yang kecil, mengalahkan jumlah pasukan lawannya yang jumlahnya berlipat-lipat dengan menggunakan formasi ini (pincer movement atau double envelopment).

    Kondisi saat ini tidak sedang dalam keadaan pincer movement, tapi sudah dalam kondisi Cakrabyuha, dengan kita berada di tengah-tengahnya. Sudah saatnya petinggi TNI membuat satu simulasi perang jika kita saat ini diserang melalui pangkalan-pangkalan itu, seperti AS membuat simulasi perang saata akan menyerang Iran. Hasilnya mereka juga terkejut, Teluk Parsi dan Laut Mediterania menjadi kuburan bagi kapal induk kapal induk mereka.

  7. Keren euy Mr.Putin .., Ternyata USA ciut jika ada kemungkinan menghadapi lawan kelas berat tanpa keroyokan dibantu seluruh begundal2nya.
    Arab Saudi juga brengsek banget jual diri ke USA hanya karena persaingan pengaruh sektarian dengan Iran. Saya yang walau Sunni malu dengan kelakuan Arab Saudi dan ikut bangga dengan pemerintah Iran yang punya harga diri.
    Ayo TNI, buruan beli S300 atawa langsung Nego S400, karena Rusia sedang meremajakan pertahanan udaranya dengan S400 dan bahkan dalam proses untuk mempersiapkan system pertahanan udara masa depan S500. Atawa HQ9 juga boleh lah asal dengan ToT

    TNI dgn S300 akan seperti pendekar tenaga dalam yang bisa menolak lawan dari jarak jauh, lawan ga akan bisa mendekat

    • Ah mas, jangan suka berburuk sangka (Su’udzon)… Kalo emang Arab Saudi itu jual diri, buktinya budaya2 Amrik nggak masuk tuh disana. Yang ada malahan Indonesia (dan negara Asteng lainya) ikut2an dengan budaya dan life style Amrik (music, film, makanan, dll)….. Kalo masalah minyak & barang tambang mah, jangankan Arab Saudi, Indonesia pun “dijarah” oleh Amrik. Tuh lihat, Freeport, Cevron, Exxon, dll, lantas apa kita juga bisa dibilang jual diri….???

      Dengan adanya hubungan baik antara Amrik dan Saudi, Islam (Ahlusunnah/Sunni) cepat tersebar disana, bahkan beberapa Universitas ternama Amrik membuka jurusan/program agama Islam atas bantuan dari Kerajaan Saudi….
      Jangan terpukau dengan media, apa anda pernah dengar Iran perang terbuka dengan AS dan Israel..??? Yang ada hanya ancam mengancam saja, dan nggak pernah ada perang diantara mereka. Ingat, hanya Iran satu2nya negara “Islam” yang memiliki dan melindungi komunitas yahudi, bahkan diantara mereka bagian dari DPR Iran… Kalau di lihat dari sisi politik, Iran nggak terlalu anti barat tuh, buktinya sewaktu Shah Iran jatuh, Khomeini datang dari pengasingannya di Prancis….

      • Kalo serbuan AS ke Suriah jadi, dananya bakal disuplai Arab Saudi. Kemungkinan cukup besar. Saudi (dkk arab) amat ingin Suriah diserbu & rezim Assad digulingkan. Oposisi Suriah termasuk dibiayai Saudi hingga bisa bertahan cukup lama.

        Kalo soal budaya, Saudi emang sangat tertutup & termasuk teraneh (ini satu2nya negara yg melarang wanita menyetir). Tapi kalangan elitnya (kerajaan) bebas & dekat dgn gaya hidup AS. Di AS mereka suka pesta2 (ada videonya). Jd memang lebih tepat kalo elite kerajaannya yg jual diri ke AS & rakyat gk bisa bersuara bnyk karena kekuasaan penuh ada di tangan raja (beda ama Indonesia & Iran, sama2 demokratis).

        Jubir Hezzbolah dlm wawancara TV sempat mengancam menghancurkan Mekah kalo Suriah diserang AS. Iran jg akan menyerang Saudi selain Israel. Dan memang kenyataan kalo negara2 Arab sendiri trlalu bnyk kepentingan pribadi & sektarian (saling rebutan pengaruh) sehingga sulit kalahkan negara kecil macam Israel (apalg AS dkk) meskipun negara2 Arab ini kaya & jumlah manusianya melimpah.

        Sebetulnya yg bikin repot adalah isu ‘politik-rebutan kekuasaan’ lingkup lokal beginian melebar jd isu agama. Getarannya jd mengglobal krn diamini kalangan yg terlampau brsemangat beragama tp lupa belajar politik & sejarah. Negara2 gede mau pusing2 di sana krn masih bnyk sumber energi di sana & bakal dikasih konsesi bnyk kalo mau bantu selesein krn negara2 Arab sendiri malas selesein persoalan mereka sendiri. Tp kalo energi mereka abis & gk punya daya tarik ya dibuang dibiarin ribut sendiri (kayak beberapa negara Afrika).

        Iran emang gak pernah perang ama AS. Tp Iran yg berani terbuka menantang AS, & secara gerilya (lewat Hezbollah dkk) perang lawan Israel. Saudi sendiri gk pernah melawan Israel, apalg AS.

        Sayang banget kalo agama musti ikut dbawa2 buat penuhin hasrat berkuasa suatu pihak. Ksian, agamanya jd kotor.

        • maaf ya gan ane tambahin dikit..
          Kalau gk salah sich di israil juga ada muslimmnya juga lho.bahkan waktu mau menggempur suriah.. Warga israil Ada yg menolak untuk mmenginvasi suriah. Karena mereka takut perang berkepanjangan apalagi suriah di bantu omruskie..jadi gak menutup kemungkinan perang akan melebar..
          Disitulah ereka berfikir..

          Thanks

      • Dasar pikiran saya sederhana saja mas bro, alasan dibalik diijinkannya pangkalan militer Amerika untuk bercokol di Saudi Arabia adalah demi menjaga kekuasaan keluarga Saud (diantaranya dari ancaman Iran).
        Ya, Yahudi di Iran bisa jadi anggota parlemen, dan ada juga anggota parlemen Israel yang Arab Muslim.
        Tentu saja banyak kebaikan yang telah dilakukan oleh Saudi Arabia, hanya saja tidak merubah kenyataan bahwa mereka bersembunyi di bawah kekuatan Amerika untuk melanggengkan kekuasaan keluarga Saud. Dan “penjagaan” itu tentu tidak dengan gratis.

  8. para petinggi TNi sudah menyinggung tentang pertahanan udara..
    Tp dr kemenhan belom ada kesepakatan gimana,,trntang s-300 /pantsyr.untuk tawaran sepuluh lontong pun belum ada kata sepakat..
    Seakan” masih ada keraguan dg para petinggi kita mengenai perthanan udara nd lontong..
    Kalao barang dr Us slalu nd pasti di iyyakan tapi kalao om ruskie kok kayaknya sll di sepelekan..
    Sebenernya ada apa di balikpara petinggi kita??

  9. semoga 2014 Jokowi jadi presiden, siapa tahu dia akan meniru Soekarno, membangun angkatan perang yang disegani di kawasan. Tidak rela rasanya sumber daya alam kita disedot bangsa asing, banyak TKI jadi PRT diluar negeri, negara dilecehkan..mana harkat dan martabat kita sbg bangsa yg besar. Mandiri dengan kaki sendiri, bersahabat dengan negara lain dg saling menghormati dan menguntungkan rakyat Indonesia.

  10. Ok sip …, klo bung diego sering menanpilkan artikel s-300, dan teman2 pd aminin, insyaallah bentar lg pasti dibungkus tuch…….
    Kayak lontong, klo jkgr sering nampilin kilo….. Akhirnya pak pur bilang kita dpt tawaran ks kilo lagi hi hi hi hi
    Lanjutkan…… Bungdiego…

    • AAMIIN
      AAMIIN
      AAMIIN

      SEMOGA S-300 DKK CEPET DI BUNGKUS
      S-350E
      PANTSYR
      KILO
      SU35BM /T-50 PAKFA
      DESTROYER
      AWACS

      JANGAN CUMA PANSER AJA..EFECT DETERJEN E KURANG..

  11. kasus ini mengingatkan ane penawaran new 6 f16 AS ke Indonesia tahun 2009 lalu dan ditolak oleh Indonesia dengan alasan saat itu danannya belom ada/tidak mencukupi kemudian AS kembali menawarkan f16,kali ini bukan newf16 tapi f16 refurbish dari block 25 yang diupgrade ke block 35 pada tahun 2012 lalu sebanyak 24(jumblahnya simpang siur ada yg bilang 24,30 dan 34). Menurut ane bukan ga mungkin nanti om Ruskie kembali menawarkan rudal arhanud jarak jauh, mungkin S300 refurbish atau pantsyr refurbish dll ( Mengingat ada tawaran 10 lontong refurbish om ruskie) hehee.

    • ane sependapat gan.. Om ruskie emang dan pasti nawarin kita dulu kalao ada barang bagus. Di banding negara asia tenggara lainya..

      Tapii..
      Gimana dengan respon pemerintah kita gan..
      Mmasih diem seribu bahasa..
      Ato nunggu hibaiyyah ..

  12. Saya rasa TNI jg wajib punya nih,percuma kita punya byk persenjataan modern klo ga di dukung payung udara yg mumpuni.gw bingung juga nih,rusia udh jelas2 nawarin s300 ke kita.tp smpe skrg koq ga terealisasi.klo tiba2 jakarta di serang musuh paling2 sanggup bertahan cuma beberapa jam.mudah2an aja di MEF 2 kebeli ntu barang…

    Amiiinn….

  13. AS tidak jadi/menunda agresi militer ke suriah karena suriah di baking Rusia yang mempunyai juga rudal nuklir atau senjata pemusnah masal. Mangkanya asu mikir 2/3x buat nyerang suriah wong om putin (Rusia) udah pasang body buat suriah. Lain halnya dengan Indonesia. Adapun kedepannya s telengutas diakusisi oleh TNI bila terjadi konflik dengan As sedangkan andaikan saat itu Rusia dkk yang notabenenya mempunya senjata nuklir ga pasang body, ya tetetep Indonesia bisa kalah. Jadi dalam konteks Suriah ini bukan di titik beratkan siapnya om putin ngirim s300 untuk suriah mangkanya AS gentar dan tidak jadi menginvasi Suriah. AS lebih mandang Rusianya yang sama-sama mempunyai senjata nuklir ketimbang s300. Karena klo salah satu pihak kedesek bukan tidak mungkin akan menggunakan senjata pamungkasnya yaitu NUklir. Jadi menurut ane Indonesia harus memihak om ruskie tidak lagi menjadi negara nonblok. Agar dikasih senjata2 termutakhir bukan hanya s300. Bungkarno saja meskipun status Indonesia ialah negara non blok, tapi sejarah membuktikan pada zaman beliaulah NKRI mayoritas alutsistanya dari Rusia bukan dari NATO/ AS. Jadi negara nonblok cuma kedok aja ibarat lain di hati lain pula di tindakan. Meskipun di tindakan mah pas perang dingin ga memihak alias nonblok tapi di hati mah srek ke Rusia, di buktikan oleh alutsista yang pada waktu itu kebanyakan dari om ruskie bukan dari NATO/amrik.

    • Maaf sedikit catatan :
      Indonesia menganut kebijakan luar negeri BEBAS-Aktif sehingga tidak memihak salah satu Blok (dikenal dengan NON-BLOK)

      Namun pada prakteknya, kebijakan Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan geo-politiknya (dinamika sistem internasional).
      Contoh : ketika Masa Orde Lama Sukarno lebih condong ke Rusia dan otomatis peralatan militernya menganut sistem Rusia. Ketika Orde Baru Soeharto lebih condong kepada Amerika sehingga peralatan militernya menganut sistem Barat (NATO), sampai kemudian kita tersadar dengan adanya embargo militer oleh Amerika & Inggris sampai dgn thn 2005. (tahun 1965 sebenarnya Rusia (Uni Soviet) juga pernah mengembargo Indonesia karena melarang paham komunis)

      Setelah kita diembargo maka pembelanjaan peralatan militer kita kembali kepada Rusia (Su-27&Su-30), sampai kemudian akhir-akhir ini Amerika mulai mendekati Indonesia kembali dengan program hibah pespur F16 & persetujuan pembelian Helicopter Apache AH-64E untuk Indonesia, seiring perkembangan geo-politik Laut Cina Selatan (LCS).

      Masalahnya setelah ini Indonesia akan condong ke mana lagi?

      Karena sistem Rusia dan sistem NATO merupakan 2 sistem yang berbeda, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk diintegrasikan.

      • menrut sy, mslah apache dan F16, amerika takut kalah pengaruh dari rusia, krn kalo apache dan F16 kan ngga pada takut tuh australi, malaysia dan singapura. Lain kalo kita punya SU-35 dan kilo class, wah bisa2 puyeng tuh australi dkk. Apalagi kalo jadi ambil S-300 atau S-350, bisa2 nggak ada yg berani colek TKI sm nelayan2 kita.

      • Non blok itu ambigu. lagipula a friend to all is a friend to none. Indonesia tidak akan benar2 punya musuh dan tidak akan benar2 punya teman.
        Tapi bentar lagi akan ada pasukan Asean, mungkin ala NATO atau African Union, jika sudah terbentuk pada tingkat tertentu itu bisa diartikan kita sudah masuk ke suatu blok, yaitu blok Asean.

  14. percayakan pada tni yg sekarang, yg menurut ausit berdarah dingin…lebih kejam dr jaman soeharto…..sampe2 puter tujuh keliling strategi militernya untuk menghilangkan trauma takut ‘kontroversi’ invasi tni ke ausit…..klo masalah s1 sampe s500 ….itu sih lg di instal…ati2 banyak agen bayaran nih….

  15. INDONESIA OH INDONESIA,,

    COBA INDONESIA MASUK BLOG TIMUR,,YANG SLALU KASIH LEBIH,DI BANDING BLOG BARAT YG SLALU DI KACANGIN DI KERDILIN..
    Jaman tahun 60an iNDONESIA TERKUAT DI BUMI SELATAN,DI KARENAKAN INDONESIA DI PASOK DARI TIMMUR PERALATAN YG MEMILIKI EFECT DETERJEN ND BATLE PROPENT.TAPI DI ERA ORBA INDONESIA MALAH DI KERDILKAN ALUTSISTANYA MENGAMBIL BARANG DR BLOG BARAT,SETELAH DI KERDILKAN ALUTSISTANYA TRUS DI EMBARGO HABIS DI EMBARGO P.SIPADAN LIGGITAN HILANG TANPA JEJAK,

    SEKARANG KOG MAU TERULANG LAGI,,,,PADAHA INDONESIA SLALU DPT ALUTSISTA NOMER 3 DR TETANGGA KITA..F-16 LAH BLOK 32 KLAH SINGAPURA BLOK 52,,EXOCET,SAM,ETC..
    Coba kita akuisisi semua yakhont pasti mereka akan gentar ma kita…

    Selagi antek” asing .lsM,ham serta dpr yg dapat hasutan dr barat segera copot…

    negara yg mau akur jadi hancur bila mengikuti barat……!!m!!!

    • Turki mulai berpikir untuk ambil sistem pertahanan udara dari timur, karena AS yg sama-sama anggota Nato, dinyatakan pelit untuk urusan tot. Jepang pun sudah merasakan pelitnya tot pesawat tempur dari Nato. Bahkan kalau tidak salah Inggris yang meminta teknologi heli apache tidak dikasih AS. Korsel mencoba keluar dari jeratan AS, tapi tidak punya tenaga seperti Turki karena ancaman korut shg mereka menempel ke AS. Tender pesawat baru korsel…akhirnya jatuh ke AS, “teknologi baru” dengan embel-embel F-15 SE (stealth ? Apapula ini), mirip kasus paspur Jepang.

      Roadmap mazhab alutsista kita bukan disusun berdasarkan pilihan logis (militerisasi: vicky), tetapi politis. Jaman Soekarno…ke blok timur, masuk pemerintahan Soeharto….blok Barat….dan sekarang hasilnya seperti ini…..Adanya dual mahzab ini memang harus diselesaikan dengan tuntas.

      Analoginya kita mau bangun komputer, motherboardnya kita ambil dari barat, sementara prosesor dari timur…ya gak nyambung.

      Dari pengalaman yang ada, menggintegrasikan teknologi dari dua vendor asal barat saja, sering ada bugs-nya. Crash/ hang/shootdown. Pernah juga coba integrasikan teknologi AS dan China, kata vendor bisa. Pas dieksekusi….kagak jalan. Sistem itu akhirnya berjalan sendiri-sendiri, tidak optimal dan buang uang.

      Bagaimana platform Alutsista Indonesia ke depan…..kalau sekarang masih mencari-cari….yah….welcome deh.

      Ayo tentukan platform mana yang mau dipake. Coba kita lihat negara yang kuat secara alutsista, adakah yang punya platform gado-gado ?. Apalagi kita yang baru melek teknologi, mencoba hybrid 2 platform yang sudah matang…..gak janji deh…

      • sebagai contoh rudal pertahanan udara milik cina yg di joint antara patriot dan s-300..ujung”nya pun lebih bagusan yg s-300an seperti yg bung diego bilang di artikel” terdahulu..
        Dari segi jarak dan ke akuratan pun gak sebanding,,waktu di test di gurun gobi..

        Nah seharusnya dari situ pemmerintahan kita bisa berdiskusi,berbicara dan berpikir..seumpamma alutsista kita ambil dari blok timur semua pun tidak rugi,sudah mmurah,,bisa ngutang,tidak seperti dari barat,cash money,,apalagi kalao alutsista dr timur bisa lebih unggul nd propent,,pasti kita gk akan di lecehkan.th 60an gk ada negara yg brani invasi NkRi,nah skrg negara kecil saja berani obok” kita..

        Dimana nurani para pemimpin kita..??
        Sudah laku terjual kah atau masih di lelang??

        Coba kita ke timur pasti kita gk akan seperti ini..
        Simmbolnya dari dulu kog cumma “” tidak ada salahnya bila terlammbat dari pada tidak sama sekali “” itu semua kuno.
        Jangan mmasuk di gepuk tapi kita harus gepuk sebelumm masukk
        “”masuk tanpa salam kelura tanpa kepala””
        seharusnya itu yg mmenjadi pedomman nKrI..

        Maaf kalau saya terlalu mendukung blok timur.
        Tapi kami sebagai rakyat cumma gk mmau negeri ini hancur karena ulah oknum tertentu..dan saya pribadi sudah terlalu gera dengan pemerintahan sekarang..

        Terima kasih

      • “….sebagai contoh rudal pertahanan udara milik cina yg di joint antara patriot dan s-300..ujung”nya pun lebih bagusan yg s-300an seperti yg bung diego bilang di artikel” terdahulu..
        Dari segi jarak dan ke akuratan pun gak sebanding,,waktu di test di gurun gobi……”

        SUMBER DARI MANA MAS ?????

        Yang difikirkan pemerintah itu semua aspek, bukan hanya Alutsista.
        Lha wong Rusia aja tunduk dengan tekanan AS, apalagi Indonesia, Jauuuuuh

        Pernahkah anda menjumpai barang yang “MADE IN RUSIA” ?

        Mas Banas Panties, saya jamin anda suka “Made in USA” , dimulai dengan Tahu dan Tempe, karena kedelainya made in USA, belum lagi komputer beserta softwarenya semua-nya made in USA

        Kalau urusan beli Alutsista pasti diikuti dengan “urusan” lainnya yang biasanya berupa efek langsung dan tak langsung.

      • Kalau soal Teknologi Hq9, sudah banyak pembahasannya Mas. Sistem yang mengadopsi s-300 combine patriot AS yg didapat China lewat Israel. Karena kemampuan china mengcombine sistem timur-barat, turki tertarik dengan rudal ini. Tapi AS cepat cepat ingatkan turki, jangan mengintegrasikan sistem nato jika hq9 jadi dibeli turki. Dari segi kemampuan, sejumlah blog luar menilai hq masih jauh di bawah S-300. Untuk itu bisa dipahami, China juga masih mengandalkan S-300 sebagai pertahanannya, dibantu hq9 family.

        Banyak yang bahas soal hybrid Hq9. Salah satunya

      • Platform blasteran, mungkin India sebagai salah satu nuclear power, menggabungkan Mirage 2000 dan kelak Rafale dengan Sukhoi.

        Di bawahnya Pakistan, F-16 dan J-xx Cina (lupa angkanya)…

  16. POKOKNYA, S-300 ITU MENU WAJIB DALAM HIDANGAN MEF-2 KITA NANTI.
    Amerika aja keok, ga usah bicara nuklir dulu.

    Pesawat2 mereka pasti banyak yang rontok, belum lagi kapal induk di laut mediterania….
    begitu besarnya kerugian ekonomi dan korban perang yang akan diderita amrik.

    • ane setuju pak “desperado”

      nuke thu nummber suwidhak rolas,,yg penting ada:

      S-300 penyapu udara
      s-350 / pantsyr penyokong
      Yakhont pembersih laut
      Rhan pembersih kota
      Kilo penebar maut
      Su-35 pengawas sakligus pembasmi
      Destroyer penangkal

      serta industri pertahanan di tingkatkan

      ane juga yaqin kalau semua list diatas di beli..
      Indonesia bisa dikatakan macan asia..
      Kalau belom ada semua. Ya. Mau bilang apalah..pasti matanya petinggi kita udah pada buta
      aamiin

  17. Indonesia pelan-pelan kok belanjanya, jangan berfikir indonesia berpihak pada negara tertentu, karena indonesia bisa memanfaatkan bisa belanja alutista dari negara manapun, yang pasti alutista persenjataan indonesia akan diperbaharui, baik darat, laut maupun udara, masalah f-16 yg akan tiba 2014 nanti dan ada hibahnya itu karena NKRI masih kekurangan pesawat tempur, jika sekarang dibelanjakn model terbaru seperti SU-35, tentu saja jumlahnya yg kebeli ga akan sebanyak f-16, belum lagi ditambah T50 dari korea kan?? itung-itung buat memperbanyak pertahanan udara untuk jangka pendek, jangka panjangnya untuk pesawat tempur sudah bikin sendiri tu di PT DI kerja sama dengan korea dan proyeknya sudah ke tahap 2-3 dari 5, AD juga ga mau ketinggalan oktober ini akan kedatangan tank leopard kelas berat dan menengah dari rusia yg jumlahnya hampir 200 unit! Belum lagi produk dalam negri selalu update dari PINDAD, AL pun juga ga mau ketinggalan mulai dari pesan 3 kapal selam kelas berat 2 dari korea dan kapal ke 3 dibikin di pt PAL surabaya, dan juga bikin kapal-kapal perusak, kapal patroli, kapal anti selam dan serangan udara, belum yg lain lain sepeti heli aphace dan heli pesanan TNi di pt DI, ini untuk anggaran 2013-2014 anggaran tahun berikutnya NKRI bisa beli apa saja yg dibutuhkan untuk sistem pertahanan, NKRI bukan negara penjajah, sistem pertahan hanya untuk melindungi wilayah sendiri, bukan menjajah wilayah negara lain, NKRI hanya ingin negara INDONESIA tidak di usik oleh negara lain. TNI punya cara sendiri karena kemampuan mereka di akui di dunia, walau mereka terlihat diam sekarang karena belum merasa di usik oleh negara tetangga, kalau merasa di usik, macan asia bangun habis tu tetangga 😀

  18. Assalamu alaikum semuany saudara, y allah yg maha kuasa. Aku pasrah y allah. Ini dunia mu alam semesta ciptanmu. Seluruh isinya, mau perang /mau hancur suka2 dia, aku udah gk butuh dunia ini yg terlalu bergelimangan dosa, hidup di dunia hnya sesaat dlm arti kata persinggahan, aku mau akhirat yg hakiki , arab iran israel usa rusia semuanya. Sampah sampah sampah, besook anda sekalian pasti mati tggu y , wessalam

 Leave a Reply