Oct 212014
 
Rusia siap suplai kapal selam project 636 ke Indonesia

Rusia siap suplai kapal selam project 636 ke Indonesia

Jakarta, 21/10/2014 TASS. Rusia dan Indonesia sedang mempertimbangkan kemungkinan perluasan kerjasama militer dan teknis, termasuk pasokan kapal selam dari Rusia, Industri Rusia, ujar Menteri Perdagangan Denis Manturov pada hari Selasa setelah pertemuannya dengan Presiden Indonesia yang baru Joko Widodo.

Kedua negara berharap untuk meningkatkan perdagangan antar negara dari USD 3 miliar menjadi USD 5 miliar dalam dua tahun ke depan, kata Manturov. Pertemuan ini juga membahas rencana untuk kerjasama energi dan pembangunan kilang minyak Rusia di Indonesia.

image

Joko Widodo disumpah sebagai Presiden. Indonesia

“Rekan-rekan kami Indonesia telah mengangkat masalah ini untuk pertama kalinya,” kata menteri. “Kami siap untuk membahas dan mengembangkannya.”

Masalah lain yang dibahas menyangkut kerjasama dalam pengadaan militer, kata Manturov. “Indonesia telah memiliki pengalaman dalam membeli peralatan kami – helikopter, pesawat, kendaraan lapis baja dan barang-barang lainnya,” katanya. “Kami sedang mempertimbangkan kemungkinan memasok kapal selam Proyek 636 diesel-listrik (ke Indonesia),” katanya. (en.itar-tass.com).

  145 Responses to “Rusia Siap Pasok Kapal Selam ke Indonesia”

  1. siiippp

    • Numpang bung,,sesepuh belum nongol ga seru ,….

    • salah satu mainan untuk menjadi poros maritim dunia udah di angkat

    • Kayaknya masuk daerah Kutai Barat aka Melak, memang daerah susah dan terpencil. Untuk menjangkau daerah ini hanya menggunakan jalur air yaitu sungai mahakam, dimana karena sudah daerah hulu maka banyak jeram nya oleh karena itu menggunakan perahu “khusus”.

      • jangan menyalahkan masyarakat, merupakan fakta baik pemerintah pusat dan pemerintahan propinsi serta pemerintahan daerah induk pemekaran selama ini tidak memperhatikan masyarakatnya, pejabatnya hanya mikirin dirinya sendiri, coba mikir masyarakat di daerah terpencil tidak hanya daerah perbatasan, semua daerah punya hak untuk hidup sejahtera, negara Indonesia ini bukan hanya milik masyarakat yang hidup di daerah Jawa, Sumatera atau Sulawesi, atau Propinsi Kecamatan, Kabupaten dan Kota yang makmur lainnya di Indonesia, melainkan juga masyarakat daerah terpencil.

        • Ujutes bung..

        • keluarga gw di Sebatik…tetap Merah Putih walau fasilitas mereka bagai bumi dan langit dgn Tawao..dan sawahnya disebatik milik Malaysia tiap hari mereka ke LN….he7x…yg penting semangat utk maju tetap ada…semua butuh waktu…kritik pemerintah boleh sekeras2nya tapi kalo ganti WN..itu sih udah spt kelewat batas…tapi terserah mereka…

        • Setuju dengan anda bung arjuna. Bila saja kita pernah merasakan hadir di Long Pangahai, Tiong Ohang dan Long Apari (kampung paling hulu di sungai Mahakam), maka kita baru menyadari betapa saudara2 kita dijantung belantara Borneo, betul2 sangat terpencil dan sangat kurang mendapat perhatian, baik dari pemerintah propinsi maupun pemerintah pusat. Masih kurangkah 69 tahun lamanya mereka tidak atau kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah..!! Masyarakat setempat sudah berkali-kali memperingatkan pemerintah daerah maupun pusat supaya lebih peduli dengan kesulitan dan kesengsaraan hidup mereka… Sepengetahuan saya masyarakat Dayak tidak nuntut macam2 dari pemerintah, mereka hanya minta agar mereka dapat hidup lebih pantas dan layak, yaitu cukup sandang, pangan, papan dan pendidikan bagi anak2 mereka di pedalaman Borneo… Moga2 saja pemerintah mau sungguh2 mewujutkan harapan mereka. Cukup sudah janji2 palsu yang tidak terhitung banyaknya, bahkan sudah sepanjang 69th Indonesia Merdeka, tetap tinggal janji2 sampai hari ini. PIMPINAN DAERAH DAN PUSAT STOP DENGAN JANJI2MU YANG KOSONG, BERTINDAKLAH SEKARANG, INGATLAH KITA MEMPERTARUHKAN NKRI…..!!!

        • setuju dengan bung roh NKRI, memang kehidupan di ulu mahakan membutuhkan biaya yang sangat tinggi, tanpa ditunjang dengan infrastruktur yang baik akan sangat sulit saudara kita yang di ulu mahakam untuk memenuhi sandang pangan dan pendidikan untuk anak anaknya, saya juga sempat merasakan betapa susahnya tinggal di sana dan saya memaklumi dengan keinginan mereka untuk pindah kewarganegaraan ke tetangga karena mereka juga berhak untuk mendapatkan kehidupan yang layak. nah tinggal kesigapan pemerintah daerah, propinsi dan pusat lah yang harus tanggap untuk menindak lanjuti wacana tersebut.

          JAYALAH INDONESIA RAYA

  2. Itu tadi artikel yang saya email di kontak ya bung, hueeeebat tho

  3. Mantab…

  4. Semakin mesra,,,

  5. maknyos, hasil test di swedia langsung disambar, mantap

  6. 5:mrgreen:

  7. Lagghhh, ini baru berita ademm…

  8. Moga realisasi dan dipublikasikan ke media, dan tidak menjadi barang goib, cuku kita warga negara Indonesia tahu kita punya kapal selam kilo, masalah jumlah dirahasiakan..

  9. Project 636 yg block 3 lebih bagus lagi dan terbaru, dari pada project 636 punya vietnam.

  10. Indonesia strooong.

  11. Sudah di bungkus tp ttp rahasia

  12. “Rekan-rekan kami Indonesia telah mengangkat masalah ini untuk pertama kalinya,” kata menteri. –> kurang gaul di blog dan forum militer nih rusky 🙂

  13. kira2 Pak Joko mau pake teknik Jigging ato popping ya buat mancing ni hiu ? 😀

  14. Pas mantap!

  15. Bukankah 636 sdh ada dsini?klo yg d maksud 636 yg lbh advance, it’s beautiful..! *maaf kalo salah

  16. Bungkusss maknyossssss

  17. Mkin Bertaji n Gahar aja Negeriku Indonesia….Rusia emang Stroooong….

  18. Versi publish niihhh,,,

  19. bung PS datanglah..

  20. Mohon pencerahan dr bung yayan@indocausin kuliah HI-nya analisa lcs/indonesia pasca pasca pelantikan joki.

  21. Asikkk tambah 10 KS lagi…makin kinclong dah Nusantara-ku <3 🙂

  22. Sekalian kapal selam nuklirnya…biar josss

  23. Bung PS mana Bung PS ? Wakwaaaaw :mrgreen:

  24. penglaris … bungkuuusssss

  25. Mohon babarannya bung PS …
    Atau lagi tunggu kebijakan dari Big Bos dulu neh …
    Biasanya ganti Bos Ganti kebijakan neh …?

  26. Wuiihhh..lhaa ikii..
    Mesti bnyk yg komen kyknya mlm ini.
    Apalagi para punggawa dah selesaikan tugas mengawal dr pemilu smp pelantikan berarti dah mulai bs kasih clue ksini lg.

    Ngecas hp sambil ke warung beli ganjal mata dan ganjal perut serta ganjal paru2 biar kuat mbaca komen2 semaleman..

  27. Klo dah bilang siap di pasok pasti barangnye dah ada dimari…!! Bung@jalo lanjutannye mane nih artikelnye…???

    …NKRI HARGA MATI…

  28. horeeeee rusia stronggg bingittttt 😀

  29. Menunjuk
    keputusan mayoritas kaum warjager ttg pilihan kapal selem KILO class type 636 varian terakhir full spec

    Menimbang
    APBN yg terbatas

    Memutuskan
    Membeli 8 unit kapal selem Kilo class

    semoga tuan kamerad bersedia menerima pembayaran dg pola barter
    CPO, alumunium, timah dsb. Aminnn

  30. 636 sudah ada tapi lewat pernyataan menteri perdagangan rusia nampaknya perlahan tapi pasti pengadaan kasel kilo klass NKRI mw di publish untuk rakyat#IMHO

  31. klo beritanya muncul biasanya sihh antara sedang di perjalanan, atau sudah datang hehehe..

  32. Cepat sikat.

  33. “Indonesia telah memiliki pengalaman dalam membeli peralatan kami – helikopter, pesawat, kendaraan lapis baja dan barang-barang lainnya,”

    TOT nya gimana pak menteri?

  34. kalau dipublish… ehm.. smoga sudah ada yg sdg dibuat… hehe… ;)..

  35. Saya lbh antusias dgn chang bogo buatan sndr,,secara TNI dah lama pakai ks dr rusia,jerman,kalo ks buatan sndri versi gado2 kan brarti ngambil keunggulan disetiap ks,pst maknyus rasanya,hehe…

  36. bisa aja nih rusia… padahal sih…

  37. koleksi 636nya di tambah, jadi 2-3 skasel. STRONG!!!!!

  38. mantapppp, lanjutkan segera.

  39. “Indonesia telah memiliki pengalaman dalam membeli peralatan kami – helikopter, pesawat, kendaraan lapis baja dan barang-barang lainnya,” katanya.

    Ntah orang ini memang sangat hati-hati atau memang jujur se-jujur2nya… Atau bahkan doi hanya mengetahui item2 yang dijual melalui pintu depan tidak melalui pintu belakang…

    *877*

  40. ngopi karo udud karo gedang goreng

    artikel KS nh,,,semoga bung PS datang secara beliau skrg sudah gak nyilem2 lagi :mrgreen:

    ane mau usul ke jokowi buat minta yg lebih gedean lagi kek dri si 636,yg kmrin direfurbish juga rapopo 😆

  41. aslinya sini kan? http://en.itar-tass.com/economy/755508

    kalo yang http://scales.desert.ru/ mungkin crawler saja

  42. Ternyata benar kata pak jokowi poros maritim itu harus di perkuat mantap neh…
    Ayo beli yang banyaaaak makin strooong 😀

  43. Bisa mabok kilo ama semur
    Ndan ps muncullah dari pertapaannya

  44. Hehe.. Kalau saya bilang type selain 636 dan type yang baru saja datang tahun ini gimana? Hehehe… :mrgreen:

  45. Bungkus yang banyak. Mantap Nih

  46. jatah satu propinsi 2 ks

  47. .no comen

  48. Nyimak ah…semoga para sesepuh pada hadir memberi pencerahan dan clue2nya…kangennn jugaa ama yg hoak hoekkknya yg bikin merinding….

  49. Sekarang rakyat jangan munggungin laut lagi kalau mau lihat yang gahar”, apalagi siluman” kayak gitu bakalan ngapung nampakin diri dengan sendirinya .

  50. ternyata rusky juga tertarik untuk mendirikan kilang minyak di Indonesia..

  51. Hore bung PS datang …
    Clue lagi neh …
    Maaf bung PS kira-kira kita dah bisa meng-counter KS nya jepang yang bakal dibeli Australia ga?
    Mohon masukannya ? …:p

  52. asikkkkkkkkk
    sakitnya tuh disini sampe muntah muntah
    kalo ndan Ps nongol
    CBG vs Soryu

  53. Nah klo jam segini bung pocong serem pasti nongol nih …bawa berita dari alam ghoib..!!!! Kebetulan ane lagi bakar menyan nih…salam bung PS..!!! Dah ga sangsi lagi dah..klo beritanye nongol pasti tuh barang bakal nongol beneran…!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  54. Mantap lah kl bgt, lontongnya pake tipe terbaru jg gpp, biar semakin kuat pager nusantara nya, siiiplah … Setuju aja.

  55. yahhh ujung2nya minyak yg d angkut, dari pihak barat emas yg d angkut.. seandainya negara kita miskin SDA jngnkan KS atau heli apache, peluru pistol sebiji aja gk bakalan dkasih. smoga kemandirian alutsista kita cepat terlaksana & mampu memenuhi kebutuhan peralatan militer sendiri, terutama KS, Kaprang, Pespur, heli tempur, tank & Rudal.
    hanya uneg2 pribadi, bukannya menentang.. malah sya senang kita bisa memiliki alutsista gahar dari rusia ataupun negara maju lainnya. 😆 :mrgreen:

  56. Rusia sangat memperhitungkan sekali apa yg kita butuhkan..
    Rusia tahu kita masih butuh kapal selam, selain yg kita punya skrg.
    Dgn kata lain rusia juga tdk mau kalah dgn amerika yg ingin mendktkan hub bilateral dgn kita.
    Atau bisa dibilang rusia tdk ingin indo menjalin hub dgn us.
    Oleh sebab itu utk menyakinkan pmrthn, k-2 negara(us-rus) menawarkan alutsista nya kpd kita ex. Kemarin us memodernisasi angkatan udara kita .
    Juga mrk ingin investasi disini. Lalu apa keuntungan timbal balik indo yah?? Ada yg tahu?

  57. Mending nunggu pt. pal atuhh,.. Asli indonesia,

  58. Dan yg bikin seneng itu, Mr. Putin ingin segera bertemu dengan Pak Jokowi, mudah-mudahan bawa oleh-oleh yg banyak…

    Trus ibu bilang sama Pak Jokowi:
    “Pak, nda usah bli bli lg alusista strategis dr barat mending dari bpk putin saja, kalo dr barat nanti kena embargo seperti zaman ibu dulu, SAKITNYA TUH DI SINI..”
    #maafcuculancang

    kaburrr….

  59. Yang kecil ada 10 yang besar ada 4 tunggu saja suaatnya. Maaf kalau salah maklum tukang asah2 piring

  60. Nah klo berita kyk gini berarti ks sdh disini. Tinggal nanbah apa nggak?

  61. Mr.jokowi shoping d mall pake harga grosir n free ongkir waww…keren ampek yg punya mall sendiri yg dtg dmari VVIP BUYER n pastiny VVIP PRODUK ne….???? Siap nggu pencerahan para sesepuh dari sudut goa

  62. hmmm sedaaaaaaaaap

  63. Bung PS dah pulang dr Swedia nihh..

  64. Lama bgt ga komen gatel jg kl urusan lontong mah. Ga sia2 ane bli kaos lontong sekilo.. down periscope! Its time to dive

  65. Ayo pk.jokowi mulailah membuat gebrakan yang dahsyat dengan akuisisi KS kelas herder terbaru dari rusia, Su-35S, S-400 dan destroyer dll, ……..tidak perlu rahasia2an !!!

  66. Bung PS, Kilo rasa Jerman apa ditambah lagi? Mumpung Jerman lagi resesi, banyak armadanya yg mau dipensiun dini dan diobral dng harga diskon. Gabungan lontong rusia dan jerman, bikin armada hantu laut kita ruuuuaaar biasa.

  67. Indonesia may buy Russian amphibious aircraft Be-200

    Indonesia is ready to consider purchasing the Russian amphibian aircraft Be-200, and can also organize the production of components for medium-haul aircraft MS-21 on its territory, the press service of the Industry and Trade Ministry reported.

    Industry and Trade Minister Denis Manturov held a meeting with the leadership of the Chamber of Commerce of Indonesia during a working visit to Jakarta. “Manturov expressed Russia’s readiness for closer cooperation with Indonesian partners,” the press release said.

    In particular, during the meeting they discussed the possibility on the part of Indonesia to consider the purchase of Russian amphibian aircraft Be-200, proven in extinguishing forest fires, as well as to host the production of components for medium-MC-21 aircraft, the report said.

    http://engineeringrussia.wordpress.com/2014/10/21/indonesia-may-buy-russian-amphibious-aircraft-be-200/

  68. Untuk urusan KS, memang lebih baik CBG rasa Indonesia (Mbuh nanti gimana jeroannya). Yang jelas negara “MUSUH”. Tidak tahu/buta kemampuannya. Sementara nunggu CBG rasa Indonesia, bisa diambil tuh tawaran Papa Bear, meskipun bekas pakai.
    Untuk saran Bung Danu, ane setuju. Marinir perlu peswata angkut yang berbasis di air, saingannya si herky.

  69. Bungkus tanpa broker itu lebih greget ! nunggu menhannya nih ky gimana.

  70. nggak bung.

    mungkin project tank sbs yang kira2 mirip dengan project bae yang ditutupkah ? coba dibandingkan.

    SEP Modular Armoured Tactical System, Sweden

    BAE Systems Land Systems Hagglunds has developed the SEP (spitterskyddad enhets platform) modular armoured tactical system which incorporates an electric transmission system and a family of demountable interchangeable mission modules.
    The electric transmission system (the drive shafts have been replaced by cable and the power from the engines is transferred by cable) gives a number of advantages, including volume efficiency, fuel efficiency, reduced life cycle costs, reduced environmental impact and increased stealth characteristics.
    The engine is decoupled from the final drives allowing flexibility in the placing of systems in the vehicle and also easily allows two engines to be installed instead of one. Batteries are integrated into the electric drive system, which allow the vehicle to be driven silently for several hours with the engines shut down.
    “The modular design allows the SEP vehicle to be configured for 24 different roles.”
    The useable internal volume of 8.7m³ is a substantial increase over a conventionally powered vehicle of a similar length. The SEP combat weight is 13.5t and the load capacity is up to 6t.
    The top speeds for the wheeled and tracked variants are 100km/h and 85km/h respectively.
    SEP modular armoured vehicle programme

    Development work on the SEP began in 1996. The first SEP-track demonstrator was delivered to the Swedish defence material administration Forsvarets Materialverk (FMV) in November 2000 for trials and evaluation and by 2003 the vehicle had covered over 2,000km in various trials.
    FMV placed a contract on Hagglunds for the development of the wheeled version of SEP in November 2001 and a wheeled 6×6 variant prototype demonstrator, SEP-wheel, was delivered to FMV in 2003. In 2003, FMV placed a risk reduction contract on Alvis Hagglunds (now BAE Systems, Land Systems Hagglunds) involving the construction of a second tracked SEP testbed vehicle. This vehicle was rolled out in November 2005.
    A contract for final development was placed by the FMV in July 2006. A further two tracked and two 6×6 wheeled vehicles were to be built under the contract. An 8×8 wheeled SEP demonstrator was rolled out in February 2007. SEP was planned to enter service in 2014.
    SEP programme cancellation

    In February 2008, the Swedish Armed Forces announced the cancellation of the SEP programme. The reasons stated were a ‘lack of an international collaborative partner’ which did not allow the armed forces to continue the project alone. Contracts will therefore not be placed for the next stage of SEP development. BAE Systems is completing the build of four pre-production vehicles (two tracked, two wheeled).
    “The top speeds for the wheeled and tracked variants of the SEP vehicle are 100km/h and 85km/h respectively.”
    BAE Systems may offer a version of the SEP vehicle, named Thor, for the US Marine Corps Marine Personnel Carrier (MPC) requirement. Thor was trialled in the Nevada desert in 2007.
    In a parallel programme, Land Systems Hagglunds is also coordinating the industrial efforts of a six-nation, all-electric vehicle project with the participation of Finland, Holland, Italy, Greece, Sweden and Turkey.
    In January 2006, BAE Systems was awarded one of the UK Army’s future rapid effect system (FRES) chassis concept (CC) technology demonstration programme (TDP) contracts.
    The BAE Systems chassis concept TDP was based on the SEP programme and addressed the suitability of the SEP electric drive system for the FRES missions. An 8×8 demonstrator vehicle, with mechanical rather than electric transmission, was completed. The vehicle was not downselected for the FRES trials programme in July 2007.
    Stealth

    The electric drive vehicle has greatly improved stealth characteristics in terms of thermal and acoustic signatures as well as low visual and radar signatures. The continuous rubber band tracks are much quieter and lighter than conventional steel tracks.
    SEP-wheeled vehicle

    The SEP-wheeled vehicle has three axles and is driven through all six wheels. The propulsion system is based on two engines with electric transmission. The integrated 100kW maximum power, permanent magnet type electric motors are supplied by magnetic systems technology (UK) and are located in the wheel hubs. The motors are fitted with a two-speed reduction gear.
    The wheels are mounted with double cast-steel wishbones with a short torsion bar spring connected to the upper wishbones. The front wheels are steered normally, the centre wheels are not steered and the rear wheels are electronically controlled to provide steering at low to medium speeds and to cut out the rear wheel steering at high road speeds to maintain high-speed stability. The wheels are fitted with 405/70 type R24 tyres.
    Tracked SEP

    The tracked vehicles are fitted with rubber bandtracks rather than conventional steel link tracks. The bandtracks are lighter, quieter and have a longer operational life. The noise developed by the running gear is reduced by about 6dB. Bandtracks also have a lower rolling resistance. Band track technology has been used previously by Land Systems Hagglunds on the Bv206 articulated carriers which use short track length bandtracks.
    “The tracked vehicles are fitted with rubber bandtracks rather than conventional steel link tracks.”
    In the SEP tracked vehicle the suspension is mounted on the underframe and not on the side frames, so the suspension is separated from the hull. A result of using a decoupled suspension and bandtracks is that the internal noise level is as low as 85dB which is sufficiently low to meet civilian vehicle noise requirements.
    The decoupled suspension also provides a spaced outer layer which gives improved protection against mines. The SEP vehicle can withstand a 7kg TNT explosion under a track.
    The company Ingenieurebureau Deisenroth (IBD), based in Germany, has developed a SEP protection kit that provides protection against advanced mines with explosively formed penetrators.
    Missions

    The modular design allows the vehicle to be configured for 24 different roles including: armoured personnel carrier, troop transport, command post, ambulance, anti-tank missile system, anti-aircraft missile system, mortar vehicle, forward observation, NBC (nuclear, biological and chemical) decontamination centre, and mine clearing and scattering.
    The mission or role-specific modules can be fitted on both the SEP track and SEP wheel vehicle base units. Plug-in building blocks have been used, allowing fast adaptation and quick upgrades as new technologies become available.
    The vehicles are capable of operation in a many different types of terrain and in a wide range of climatic conditions.
    SEP command and control

    The vehicle uses a new electronic architecture, VETEC, developed by Hagglunds, based on an open scalable, fault-tolerant databus which manages all the on-board systems and the crew interfaces including the weapons systems, battlefield management, defensive aids suite, built-in test, digital radio communications and other mission or role-specific systems.
    Crew stations

    The crew stations each occupy 0.35m³ of the available hull space. The crew stations and the SEP man-machine interface were developed under a collaborative venture by Alvis Hagglunds of Sweden and Diehl Gerate of Germany, which was sponsored by the Swedish FMV and the German Federal Office for Defence Technology and Procurement.
    Self-protection

    The different zones of the vehicle have different levels of ballistic protection, with the highest level of protection for the personnel compartment.
    “The different zones of the vehicle have different levels of ballistic protection.”
    The hull is of high hardness steel armour construction rated to protect against shell fragments and rifle rounds. IBD of Germany has developed the SEP add-on armour.
    The 1.5t add-on armour includes ceramic tiles and provides protection against 14.5mm armour piercing rounds. Heavier armour provides protection against 30mm armour piercing fin stabilised discarding sabot (APFSDS) rounds.
    Engines

    The SEP uses two commercially available diesel engines. The first B-13 tracked testbed vehicle is fitted with two five-cylinder, 2.3l Volkswagen car diesel engines rated at 130kW each. The engines are coupled to ZF generators and are installed in the front of the sponsons on both sides of the crew compartment.
    The second B-13 tracked testbed is equipped with the Steyr M16 3.2l, six-cylinder Steyr M16 diesel engine, rated at 130kW, which is also installed on the armoured articulated Bv206S Hagglunds vehicle.
    The final drives are connected by a cross-shaft which gives higher power efficiency in turning manoeuvres by transferring the power regenerated at the inner track during a turn to the outer track. The vehicle is fitted with a bandtrack developed and supplied by Soucy International in Canada.
    In February 2009, BAE Systems announced a teaming agreement with Kongsberg Devotek of Norway to develop new gears and transmission for the SEP.

    http://www.army-technology.com/projects/sep/

  71. “Jalesveva Jayamahe”

 Leave a Reply