Feb 092019
 

Rusia menyebut Norwegia telah membangun militer yang dapat meningkatkan risiko tindakan militer dan memerlukan semacam respons Rusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa Moskow telah menyaksikan anggota NATO, Norwegia, menjadi lebih dan lebih aktif dalam membantu aliansi militer Barat dengan membangun kehadirannya di wilayah Kutub Utara.

Zakharova mengatakan Norwegia pada tahun ini berencana untuk melengkapi sebuah pelabuhan dekat Tromso agar dapat menerima kapal selam nuklir.

“Bertentangan dengan tradisi historis hubungan bertetangga dan kerja sama di Kutub Utara, Oslo terus meningkatkan ketegangan dan meningkatkan risiko aksi militer. Ini tidak akan dibiarkan tanpa tanggapan,” kata Zakharova kepada wartawan.

“Federasi Rusia akan mengambil semua langkah yang mungkin untuk memastikan keamanannya sendiri.”

Norwegia, yang memiliki perbatasan darat 196 kilometer (122 mil) dengan Rusia, mengatakan prihatin dengan Moskow yang membangun kapasitas militernya sendiri di Semenanjung Kola, sebuah wilayah yang dipenuhi pangkalan angkatan laut dan zona militer terbatas.

Sumber: The Moscow Times

Bagikan
 Posted by on Februari 9, 2019