Rusia Siap Upgrade Su-30MKM dan MiG-29N Malaysia

Sukhoi Su-30MKM Malaysia. (@ US Navy)

Moskow, Jakartagreater.com – Rusia siap untuk menguprade Jet tempur Su-30MKM dan MiG-29N yang beroperasi di Angkatan Udara Malaysia, ujar Layanan Federal untuk Kerjasama Militer dan Teknis kepada TASS di sela-sela acara kedirgantaraan internasional MAKS-2019 pada hari Kamis, 29-08-2019.

“Tidak ada pekerjaan yang dilakukan untuk memodernisasi pesawat tempur Su-30MKM dan MiG-29N yang dikirim ke Malaysia tetapi pihak Rusia siap untuk bekerja sama dalam bidang ini, jika mitra kami menunjukkan minat,” kata badan pertahanan itu.

Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu mengakui tahun lalu bahwa hanya 4 dari 28 pesawat tempur buatan Rusia (18 Su-30 dan 10 Jet tempur MiG-29) yang beroperasi. Seperti yang dia jelaskan, Angkatan Udara Malaysia sebelumnya tidak dapat melakukan pekerjaan perawatan yang tepat di pesawat-pesawat ini, yang menurunkan kondisi pesawatnya.

Juga, angkatan bersenjata Malaysia telah jauh tertinggal dari negara-negara Asia Tenggara lainnya dalam perkembangan mereka, menteri pertahanan mengakui. Acara kedirgantaraan internasional MAKS-2019 berlangsung di kota Zhukovsky di luar Moskow pada 27 Agustus-1 September 2019.

Penyelenggara acara adalah Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia dan perusahaan teknologi tinggi Rostec. Sebanyak 827 perusahaan dari 33 negara mengambil bagian dalam pertunjukan dirgantara, termasuk 184 perusahaan asing.

TERPOPULER

Tinggalkan komentar