Mar 032016
 

Seorang komandan Angkatan Udara Rusia mengatakan bahwa militer Rusia sedang mengembangkan jet tempur keenam, dan mungkin generasi ketujuh, untuk mengantisipasi masa depan perang udara. Tanpa mengungkapkan secara rinci, ia mengatakan pesawat akan dapat dikendalikan baik dengan awak atau tak berawak.

Sementara itu, jet tempur Sukhoi T-50 Rusia state-of-the-art generasi kelima sedang menjalani uji coba dan hampir masuk ke layanan Angkatan Udara. Kantor berita TASS memberitakan bahwa penelitian pendahuluan dan pengembangan pada pesawat perang generasi keenam juga dilakukan.

“Bekerja pada keenam dan, mungkin, generasi ketujuh [jet tempur] yang sedang terjadi. Saya tidak bisa mengatakan terlalu banyak [tentang hal itu], “kata Komandan Angkatan Udara, Kolonel Jenderal Viktor Bondarev. Ia menekankan bahwa jika fase penelitian dan pengembangan berhenti sekarang, itu akan “berhenti selamanya.”

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang generasi kelima jet T-50, ada informasi mengenai konsep tempur generasi keenam. Jenderal Bondarev mengatakan bahwa jet 6G dirancang dalam versi berawak dan tak berawak, dan “akan menjadi modernisasi varian terbaik.”

Opsi tak berawak tampaknya menjadi komponen penting untuk memastikan kemampuan terobosan superioritas udara dan kemampuan untuk mengungguli persaingan. Komandan Angkatan Udara menambahkan bahwa tubuh manusia “ada batasnya,” sementara avionik pesawat tak berawak dan hardware “jauh lebih fungsional dan dapat menahan setiap G-force.”

Jenderal Bondarev tidak menentukan kerangka waktu untuk versi uji coba pesawat perang tersebut, tetapi mengatakan tidak mungkin terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelum komentar Jenderal Bondarev ini, Dmitry Rogozin, vice-prime minister yang bertanggung jawab atas industri militer, mengatakan kepada media bahwa draft pertama yang menguraikan jet tempur 6G “secara singkat disajikan” oleh biro desain Sukhoi.

RT

  30 Responses to “Rusia Siapkan Jet Tempur Generasi 6”

  1. Mantap rusia, kita 10 tahun bikin pesawat generasi 4-5, ini udah gen 6, ampuun deh ah..

  2. lanjutkan

  3. BISA JADI MOTIFASI KITA BANGSA INDONESIA,… UNTUK TERUS MAJU DAN MAJU ……..

    INDONESIA…… PASTI BISA …. !!!!

    • Jika fase penelitian dan pengembangan berhenti sekarang, itu akan, “berhenti selamanya”.
      Sebuah filosofi yg sangat mengagumkan,,,
      R and D adalah bagaimana melihat jauh teknologi untuk masa depan,,dan R n D adalah bagaimana anggaran mampu memenuhi segala kebutuhannya,,
      Motivasi selalu ada didepan mata dan pikiran, tapi percuma jika tanpa dukungan yg memadai,,,

  4. INDONESIA … SEMOGA SEGERA BISA MENYUSUL UNTUK MENGIMBANGI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TINGGI DUNIA ….

  5. Rasain tuh f35., rusia dah bikin konsep generasi 6 dan 7.

    Sebentar lg bangkrut f35..

  6. wajib borong 1 lusin. Cash on top.

  7. semoga kelak dibeli juga … meski hanya 8 tapi komplit persenjataan plus suku cadang …..

  8. konsep pesawat gen 6 menggunakan tekhnologi stealth pemandu lasser dan tanpa awak, apakah gen 7 yang di iming2 rusia mengadopsi ketigaNya?

    Saya membayangkan itu jika semua tergabung dalam sebuah UAV atau pun DRONE canggih buatan PT DI untuk TNI tapi tidak untuk pesawat tempur dia akan lebih sempurna untuk sebuah operasi yang taktis serta ekonomis.

    Contoh pesawat Pakfa adalah pengembangan intelegensi manusia untuk merumus pesawat yang mereka hendaki mencapai generasi 6/7 maka tidak ada salahnya mari mencoba inspirasi dengan dukungan intelektual kaum asia yg konon katanya ras isrohel yang pintar2.

  9. Sudah diorder 50 lusin yg 100 lembar. Tinggal dibungkus. xD

  10. hebat…

    semoga bawah ane komen, Indonesia harus segera pesan.

  11. Joss

  12. Yes..sukhoi family pasti dibeli RI..ayo rusia kerja cepat bikin sukhoi Gen 6-7.. Tetangga palingan melongo liat pespur gen 6-7 ..yg f.35 saja dah nguras kantong Hahahahaha…

  13. Tank bekas gak da peluru

    Pespur baru bisa beli gen 4 itupun ngeteng. .. Pelurunya jg ngeteng

    Pespur gen 4.5 masih rencana dan akan andaipun beli mampunya ngeten. .. Utk gen 5 nanti 20 th lagi kl dah muncul gen 8

    Kasel baru bisa beli class ikan pindang klass tongkol kakap hiu paus nanti 20 th lg akan beli itupun msh akan dan mungkin masa itu klass ikan dah gak musim dah ganti klass kura kura dan kepiting.

    Kaprang baru bisa beli frigat banci bekas pula itupun 3 biji .. Kapan yg real frigat. .. Jelajah destroyer DG DDG F DG SDG SDDG

    Sam. . Baru kelas bulu semua bgmn kl perang itu terjadi kemarin2 atau besok siang. .. Kan gak ada guna beli alusista2 selama ini karena akan di hajar lebih dulu. ..

    Kl Beli yg terbaik aja selalu gak mampu truss mana yg katanya negri ini kaya raya semua SDA tersedia di sini.

    Cape dech

    Gimana mo optimis kl strategi dan kebijakan yg di ambil menyimpang dari desain yg seharusnya.

    Cape dech

  14. Jika generasi ke-6 adalah generasi ke-5 dengan kemampuan berawat atau tidak berawak berarti sangat berat sistem yang dibuatnya. Harus ada super komputer dengan perkalian milyaran perdetik di dalamnya untuk mendukung kemampuan super manuver menghindari rudal atau missil anti udara.

    Maka untuk generasi 7 gw mengusulkan adalah pesawat generasi ke-6 dengan penambahan engine berbahan bakar nuklir atau yang lebih ramah lingkungan di 1 engine tsb sehingga menjadi triple engine untuk mensuport hingga 3,5+ hingga 4,5 march dan mampu bermain di luar atmosfire bumi (dalam kondisi tanpa awak).

    Dan generasi ke 8 gw usul bisa mendarat di bulan. hahaha

  15. sudah jelas T50 di percepat prmbuatanya..russia tea atuh…
    pak menhan nantinya di samping ttd pembelians35 ,nanti sekalian pesan pak fa..kih kih kih KOBAM MEL NOBIA edition…

  16. baiknya dari skrg kita bikin join dg Rusia ikut develop gen 6 … siapa tau Rusia mau join jg, kerjasama tsb akan cepat menghasilkan produk fighter masa depan, masalah biaya nya yaa kita urunan donk,
    kalo bisa join dg embah nya fighter … faktor kesulitan teknis bisa cpt teratasi plus penyediaan sarana desain, engineering sampai bikin production line bisa lebih mudah dan gak pake lama …
    semoga

  17. pada koar2 gen 6, padahal parameter dr tehnology gen 6 blm jelas, klo cuma nir awak, F16 yg di tes amrik atau pakistan kemarin(artekel Jkgr) jg sdh bisa.
    klo Indonesia mau buat lompatan tehnologi, kedepan IFX kembangkan agar bisa mendarat disemua medan baik didarat maupun dilaut, syukur2 bisa nyelam, xixixixixix

  18. Hancurkan beruk2 malon sialan

  19. yg tidak mungkin bisa jadi mungkin asal ada kemauan , kerja keras dan keuletan

    INDONESIA BISA

  20. bentuknya kayak apa ya nanti? flat dan memanjang kesampingkah tanpa ekor (cranked-kite) kyk B 2 dan Sentinel

    enginenya pake variable-cycle atau model pulse engine ya?

    😮 penasaran

  21. WUICS…mantep…

    pespur G6 pasti juga punya keunggulan manuver nich,

    pespur G4++ aja punya manuver cobra,

    pasti pespur G6 ini punya manuver BENANG KUSUT…jiahahay

  22. generasi 8 pasti kaya ufo di film2 itu -_-

  23. yaelah rusia gayanya. pesawat gen 5 aja blm kelar2. in mau bkin rencana gen 6 7. yg ga2 aja…

  24. generasi 6-7..?, tunggu 40-50 tahun lg br ada prototype ny. pd saat itu, pespur generasi 7-8 amrik dah menari2 d udara. wong generasi 5 aja ga nongol2 dah bicara 6-7, dasar beruang.. pk uang apa, uang aspal…?

 Leave a Reply