Nov 092015
 
Rusia siapkan 44 pesawat evakuasi warganya dari Mesir. Foto : Kompas.com

Rusia siapkan 44 pesawat evakuasi warganya dari Mesir. Foto : Kompas.com

Rusia bersiap mengerahkan 44 pesawat untuk mengevakuasi puluhan ribu warganya yang berlibur di dua resor di Laut Merah, Mesir. Hal itu disampaikan Badan Transportasi Udara Federal Rusia.

Evakuasi besar-besaran itu menyusul dugaan penanaman bom yang memicu jatuhnya pesawat Metrojet Rusia di Sinai yang menewaskan 224 orang. Dugaan itu muncul dari intelijen Amerika Serikat dan Inggris, meski ISIS mengklaim pesawat itu mereka tembak jatuh.

Badan itu dalam sebuah pernyataan mengebut 30 pesawat kosong akan dikirim ke Hurghada, dan 14 akan dikirim ke Sharm el-Sheikh. Moskow mencatat total 78.000 warga negaranya saat ini berlibur di Mesir. 

”Untuk alasan keamanan, hanya koper tangan yang akan diizinkan di pesawat,” bunyi pernyataan Kementerian Urusan Darurat Rusia. 

”Dua pesawat Ilyushin-76 harus lepas hari ini ke Mesir untuk mengangkut tas para wisatawan Rusia,” lanjut kementerian itu pada hari Minggu (8/11/2015), kemarin.

Irina Tyurina, juru bicara Biro Industri Pariwisata Rusia mengatakan bahwa para turis Rusia tidak perlu pulang ke Rusia jika mereka tidak menginginkannya.

Jumlah wisatawan Rusia yang bepergian ke luar negeri telah turun secara signifikan karena sejak Rusia dilanda krisis dan diperparah dengan sanksi yang dijatuhkan negara-negara Barat terkait konflik Ukraina. Namun, lokasi wisata seperti di Mesir dianggap masih terjangkau untuk para turis Rusia.

  10 Responses to “Rusia Siapkan Pesawat Evakuasi Ribuan warganya Dari Mesir”

  1.  

    Petromalon

  2.  

    antisipatif kasus metro jet

  3.  

    sepi turis rusia…mesir

  4.  

    ke mesir takut kena bom n misil, lha ke indonesia takut nubruk gunung lagi…..apes, ke korut wae aman….

  5.  

    ke mesir takut kena bom n misil, lha ke indonesia takut nubruk gunung lagi…..apes, ke korut wae aman….paling usa protes

  6.  

    resiko jadi negara agresor ya begitu, rakyatnya pergi keMana2 nggak aman.

  7.  

    kemungkinan besar mereka takfiri

  8.  

    antisipasi bung sebelum ada apa2 dengan warga russia yg pergi plesiran.