Rusia Siapkan Rudal Iskander untuk Arab Saudi

Rudal Iskander SS-26 Stone
Rudal Iskander SS-26 Stone

Rusia siap memasok Arab Saudi dengan serangkaian rudal taktis Iskander SS-26 Stone, ujar Igor Sevastyanov, seorang jenderal, sekaligus wakil direktur perdagangan persenjataan Rosoboronexport, Rusia, Jumat, 3 Juli 2015.

“Saya pikir jika Arab Saudi ingin membeli peralatan ini, Rusia akan memasoknya.”

“Untuk memulainya, sejumlah prosedur yang harus dipenuhi sebagai langkah pertama. Pelanggan harus memiliki kemauan yang sungguh-sungguh”, ujar Sevastyanov menambahkan.

Selain itu, presentasi tentang kapal penjaga pantai dan kapal patroli telah dilakukan untuk delegasi Arab Saudi di acara International Naval Show yang berlangsung di St Petersburg, Rusia.

Pernyataan Sevastyanov mengenai rudal taktis Iskanders merupakan perkembangan baru, karena pejabat Rusia di St Petersburg mengatakan sebelumnya bahwa rudal Iskanders tidak akan diekspor.

Pada bulan Juni, delegasi Saudi mengunjungi Army’2015 defence forum di Moskow untuk pembicaraan pada pembelian persenjataan.

Arab Saudi tidak pernah membeli senjata dari Rusia. Arab Saudi memiliki beberapa rudal balistik yang diterima dari China tetapi dalam jangkauan tembakan rudal Scud buatan Rusiayang ditembakkan oleh pemberontak Houthi Yaman.

Iskander_SS-26_Stone_tactical_missile_system_Russia_Russian_army-2

Beberapa waktu lalu, pejabat militer Arab Saudi sempat mengeluarkan pernyataan, bahwa tidak ada satu pihak pun yang bisa mencegah Arab Saudi, untuk membeli persenjataan dari Rusia.

Rudal Iskander memiliki kecepatan supersonic dengan sasaran yang bisa diubah saat, rudal sedang dalam perjalanan. Rudal ini didesain untuk menerobos air defence musuh, atau menyerang target bergerak ataupun sebagai rudal presisi.

Untuk versi ekspor Ikandar E, memiliki jangkauan 280 km disesuaikan dengan ketentuan MTCR. Namun untuk Iskander K yang bersifat cruise missile, memiliki jangkauan 1000 km yang bisa disamakan dengan rudal balistik.

Satu truk pengangkut dilengkapi dengan dua rudal Iskander yang masing masing bisa ditembakkan secara independen ke sasaran tertentu.

Armyrecognition.com

Tinggalkan komentar