Rusia Siapkan Sistem Canggih untuk Pantau Kapal Asing

6

Kapal Selam Rusia, Salah Satu Tercanggih di Dunia
Kapal Selam Rusia, Salah Satu Tercanggih di Dunia

Rusia terus meningkatkan kekuatan militernya, termasuk di laut. Tahun 2020, militer Rusia menargetkan mampui ‘melihat’ apa yang terjadi di area-area paling terpencil di samudera dunia yang sebelumnya tak bisa diakses.

Menurut laporan surat kabar Izvestia, Kementerian Rusai yang menunjuk Kontraktor umum Spetsstroi, tengah membangun Sistem pemantauan akustik dalam harmoni yang ditempatkan di laut. Sistem tersebut akan memantau pergerakan kapal laut dan kapal selam asing.

Pos komando pengelola sistem tersebut ditempatkan di Kepulauan Novaya Zemlya. Untuk memproduksi komponen sistem tersebut, akan dibangun pabrik khusus di Severomorsk, Murmanskaya Oblast, sebelah utara kota moskow. Pengembangan proyek ini diperkirakan akan menghabiskan tujuh miliar rubel (108 juta dolar AS).

Cara kerja Sistem pertahanan Laut Rusia ini terdiri dari jaringan stasiun dasar laut dengan robot yang dapat bekerja dalam suhu antara -10 derajat Celcius hingga 45 derajat Celcius. Sistem Harmony akan menggunakan sonar untuk memantau akustik di lautan. Sistem ini akan mengirim sinyal ke pos komando saat mendeteksi sebuah objek mencurigakan.

Rusia menengaskan tak akan mengganggu atau melakukan aktivitas militer di perairan milik negara lain, sesuai dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Sumber : RBTH

13 KOMENTAR