Sep 282018
 

Uji peluncuran rudal jelajah anti-kapal supersonik P-800 Onyx alias Yakhont dari sistem rudal Bastion di Siberia untuk pertama kalinya © Kemenhan Rusia via Youtube

JakartaGreater.com – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengizinkan penggunaan dari sistem rudal pesisir Bastion pertama kalinya di kawasan kutub utara. Sebuah rekaman video menunjukkan peluncuran rudal jelajah anti kapal supersonik Oniks atau Onyx aka Yakhont (varian ekspor) dari pulau Kotelny di lepas pantai utara Siberia, seperti dilansir dari laman Ria Novosti. (27/9/2018)

Latihan militer melibatkan serangan terhadap kapal-kapal musuh yang diduga di Arctic untuk pertama kalinya. Saluran televisi milik Kementerian Pertahanan Rusia, Zvezda mengatakan bahwa rencana tersebut telah berhasil dilaksanakan.

Satu kompleks (sistem) pertahanan pesisir Bastion ini dapat dilengkapi hingga 36 rudal jelajah Oniks yang mampu melindungi pantai sejauh 375 mil atau sekitar 600 km. Dan latihan kali ini dipentaskan di Kotelny, bagian dari kepulauan Novosibirsk antara Laut Laptev dan Laut Siberia Timur.

Menjelang uji tembak rudal P-800 Oliks, juru bicara armada utara Rusia Kapten Vadim Serga mengatakan: bahwa rudal akan ditembakkan pada target jarak jauh yang meniru grup kapal permukaan musuh dalam simulasi.

Penyebaran Bastion dilaksanakan baru-baru ini ke pulau yang sangat luas sebagai bagian dari upaya Putin untuk memodernisasi pertahanan Rusia di Kutub Utara. Ini bertepatan dengan klaim Moskow soal kekayaan mineral yang besar di bawah es Arktik.

Hingga saat ini kompleks (sistem) rudal Rubezh adalah persenjataan utama unit pesisir Armada Laut Utara yang ditempatkan di pulau tersebut. Awal bulan ini Rusia menggelar latihan perang terbesar Volstok 2018 sejak era Perang Dingin di Timur Jauh negara itu.

  3 Responses to “Rusia Sukses Uji Rudal P-800 Onyx di Arktik”

  1.  

    Ngeri banget, Russia punya banyak jenis Rudal maut.. meskipun non nuklir tapi cukup mengerikan..

  2.  

    ya itu tinggal mau di isi apa.nuke atau yg biasa.
    sesuai seleea dan sasaran.

  3.  

    keren 😀

 Leave a Reply