Rusia Tampilkan Prototipe Pesawat Tempur Checkmate di Dubai Air Show

pesawat tempur Checkmate

Jakartagreater – Sebuah prototipe pesawat tempur Rusia bermesin tunggal Checkmate Rusia dikirim dengan pesawat kargo An-124 ‘Ruslan’ ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk dipresentasikan di Dubai Airshow, ujar perusahaan teknologi negara Rostec, dikutip TASS pada hari Selasa, 9/11/2021.

“Benar, prototipe pesawat tempur bermesin tunggal baru Checkmate tiba di UEA untuk partisipasinya dalam pameran internasional Dubai Airshow. Pesawat itu dikirim ke kompleks Dubai World Central dengan pesawat An-124,” kata perusahaan negara Rostec, Rusia.

Rusia akan mendemonstrasikan pesawat tempur Checkmate di luar negeri untuk pertama kalinya. Serangkaian presentasi tertutup dan terbuka dengan partisipasi media direncanakan, kata Rostec.

CEO eksportir senjata negara Rusia Rosoboronexport (dalam Rostec) Alexander Mikheyev mengatakan kepada TASS pada akhir Oktober bahwa calon pelanggan asing menunjukkan minat yang meningkat pada pesawat tempur taktis bermesin tunggal Checkmate yang canggih. Pesawat baru itu diminati di beberapa pasar senjata dan Angkatan Udara di banyak negara di Amerika Selatan membutuhkan pesawat jenis ini, katanya.

Petarung bermesin tunggal Checkmate

Perusahaan teknologi Rusia, Rostec meluncurkan pesawat tempur bermesin tunggal domestik terbaru yang dijuluki Checkmate di pameran udara internasional MAKS-2021 yang berlangsung di kota pinggiran Zhukovsky di luar Moskow pada 20-25 Juli. Pesawat baru yang dibuat oleh Rostec atas inisiatifnya sendiri, merupakan turunan dari pesawat tempur generasi kelima Su-57.

Pesawat tempur bermesin tunggal baru ini didasarkan pada teknologi siluman dan dilengkapi dengan kompartemen di dalam pesawat untuk persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan. Pesawat tempur akan membawa muatan lebih dari 7 ton dan akan mampu menyerang hingga enam target sekaligus.

pesawat tempur checkmate rusia 3

Prototipe Pesawat Tempur Checkmate. (@ Rostec – Russia)

Pesawat tempur Checkmate akan mampu terbang dengan kecepatan Mach 1,8 (1,8 kali kecepatan suara) dan akan memiliki jangkauan operasi 3.000 km.

Pesawat akan dilengkapi dengan pembangkit listrik yang sangat efisien. Pesawat tempur baru ini diharapkan akan mengudara pada tahun 2023 dan Rostec berencana untuk meluncurkan produksi serial pesawat tempur tersebut mulai tahun 2026.

Pesawat tempur mutakhir Rusia terbaru diharapkan untuk bersaing dengan F-35A Lightning II Amerika dan JAS-39 Gripen Swedia. Checkmate menggabungkan sistem terbaru, termasuk konfigurasi arsitektur terbuka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan teknologi kecerdasan buatan yang unik.

*Foto: dok. Prototipe Pesawat Tempur Checkmate. (@ UAC Russia)

Leave a Reply