Sep 052014
 
Desain PLTN

Desain PLTN

Batam – Sejumlah delegasi dari Rusia, termasuk perusahaan energi Rosatom, mengunjungi BP Batam dan menawarkan PLTN untuk mencukupkan keperluan listrik industri di sana.

“Batam sebagai kawasan industri terus berkembang memang memerlukan energi terbarukan meski ini membutuhkan pembicaraan panjang,” kata Staf Ahli Kepala BP Batam, Asroni Harahab, saat memberikan keterangan, usai pertemuan di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, Rosatom sudah memiliki pengalaman di bidang pembangkit litrik tenaga nuklir dan telah membangun fasilitas serupa pada sejumlah negara seperti di Vietnam, Bangladesh, Turki.

“Melihat pengalaman yang dimiliki, kami akan membawa ini untuk pembicaraan lebih lanjut. Mudah-mudahan November nanti ada pertemuan lanjutan,” kata dia.

Ia mengatakan, pertemuan yang dilakukan di Marketing Centre BP Batam tersebut juga melibatkan Kementerian Luar Negeri, Batan, dan PT PLN.

“Kebijakan publiknya harus didudukkan dulu. Kalau implementasikan disetujui tentu akan sangat positif,” kata Harahap.

Rosatom, kata dia, tidak hanya akan berinvestasi dan membangun fasilitas itu. Namun juga akan memberikan pelatihan terhadap teknologi yang digunakan.

PLTN di Jepang

PLTN di Jepang

“Masyarakat juga harus diberi pemahaman. Karena selama ini jika mendengar kata nuklir pasti timbul ketakutan dan kehawatiran,” kata dia.

Direktur Pengembangan Bisnis Rosatom, Anna Kudryavtseva, mengatakan, mereka menawarkan pembangunan dua pembangkit dengan masing-masing berkapasitas 1.200 MW.

Untuk membangun fasilitas tersebut, kata dia, investasi yang akan ditanamkan sebesar 9 miliar dolar Amerika Serikat.

Ia juga mengatakan, Batam merupakan wilayah yang aman dari bencana alam terutama gempa bumi sehingga cocok dibangun pembangkit tenaga nuklir.

“Kami sudah sangat berpengalaman pada banyak negara,” kata dia.
(Antara / Ade Marboen).

  71 Responses to “Rusia Tawari Batam Teknologi Nuklir”

  1. Bungkus saja pak,kita dah kiamat energi…

  2. Nyimak

  3. jika batam sukses dengan listrik nukenya pasti berlanjut ke pulau lainya…semoga

  4. 07.43 wib nomr 4

  5. lanjutkan

  6. jangan ragu n jangan bimbang,…lanjutkan…sruuup kopi hitam ku kental..

  7. kacian banget yuda, heheheheeh, salam kenal…kopi bung yuda

  8. semoga terlaksana

  9. Ntar malam mau minum saraba dan makan pisang epe… Yg tinggal di makassar ada yg mau ikut atau ada referensi…. 🙂

  10. Saatnya Indonesia membangun PLTN utk kesejahteraan rakyat. Semoga ini merupakan titik awal pembangunan PLTN diseluruh Indonesia, cadangan uranium yg besar bisa dipergunakan untuk kemakmuran rakyat. Biarkan saja LSM kepanjangan tangan2 imperialis yg selalu mendemo pembangunan PLTN, padahal dibalik itu adalah usaha mencegah Indonesia menguasai teknologi nuklir. PLTN sangat aman di Indonesia. Buktinya PLTN di puspitek serpong yg dibangun sejan era Habibie, sampai saat ini aman2 saja (meski pernah terjadi kecelakaan kecil), padahal terletak di tengah kota Tangerang selatan. Kalau tidak sekarang dimulai, kapan lagi?

  11. Smga terwujud.. N bs jdi contoh u/ daerah2 laen di indonesia.

  12. Affirmative 😈

  13. Lagi2 om yg nolak paling kenceng PDIP di tahun 2011

  14. 2x 1200 MW nukeplant seharga 100 trilyun rupiah. Kalo batam udah cukup, bisa dijual ke singapura dengan harga yang lumayan bisa balik modal dalam 5 tahun.
    Dapat bonus “pelatihan penggunaan teknologi nuklir” bukannya udah paketan pelatihan operasional pltn ya. Apa penggunaan teknologi nuklir diluar pltn?

  15. @ Bung Petra. Setuju. Salam kenal dari nDepok Jawa Barat. Kita harus segera bungkus itu tawaran. Di Batam apalagi yang jauh dari lingkar pasifik. Daya nya besar bisa buat Batam dan sekitar nya plus di Export ke Singaporno kalo perlu. Plus tawaran TOT/???????? ??????????/peredacha tekhnologii. Sedangkan BBM utk listrik, bisa dialihkan ke moda transportasi. Jadi nggak perlu ‘JUAL-MENJUAL” aset negara. Demikian.

  16. Kapasitas 1200mw di Batam andainya diteken kontrak dn dibangun bisa dijadikan model untuk pembangkit listrik yg lain di indonesia.Dalam 10 thn evaluasi tak ada kendala dan selamat bisa bangun lagi di pembangkit listrik tempat lain dgn kapasitas lebih besar.peluang seperti ini calon pemerintah hrs merespondsnya

  17. Yang terpenting proteksi perlindungan , dan sistem keamanan yang kuat, tahan thd gempa,

    Walupun batam jauh dari jalur gempa, tp kemungkinan bs saja terjadi,
    Kejadian kebocoran di jepang hrs jadi pelajaran utk membuat yg lebih baik lagi

  18. Jual aja lg… Sampai bangsa ini telanjang dan tidur di kolong jembatan.
    NKRI HARGA MATI
    HANYA PADA TNI AKU PERCAYA SAAT INI

  19. wujudin jadi nyata….maju teruuussss PLTN….kemandirian energi listrik…harus itu!

  20. Warga baru.,boncenger dl

  21. Bungkus ambil ilmunya, kesempatan tdk datang 2x. Kapan lg bangsa ini jd pinter

  22. Sebenarnya bangsa kita dah bisa buatnya kalau tidak ada penolakan …

  23. Dgn cara yang radikal cerdas dan bijaksana indonesia maju…karna selama ini..kita tdk berani melakukan itu..semua itu perlu pengorbanan..apa pun itu dalam pembangunan..apa perlu di pecut dulu..baru jalan..pemimpin yang punya keberanian utk menatap masa depan…itu yang di butuhkan dan sdm yang mumpuni..indonesia pasti bisa…

  24. hehee.. minta pencerahan dari para sesepuh warjager, komfirmasi dari semua komentar saya disini.. mohon arahannya jika saya menyimpang..
    bahasa saya memang seperti jauh dari ranah objek yg diopinikan dan cendrung kampungan dan tidak terdidik.. tapi saya yakin para senior dan sesepuh semua akan paham apa yg saya katakan disini, sehingga dapat mencerna dengan baik, terimakasih.. 🙂

  25. Tak usah ragu lagi, sudah terbukti…ahli ahli kita…diakui di dunia…lanjutkan bangun…jangan tunggu lama, biar cukong minyak…uring2an… hemat anggaran dengan hemat pengeluaran..jangka pendek, jangka panjang. kesian mineral uranium kita…ga di maksimalkan fungsinya…20 ton uranium bisa buat hidup…indonesia…berapa lama ya…hehehehe…maaf IMHO…

  26. Kalau jadi dibuat apa tidak akan diprotes Singapura mengingat lokasi yang sangat dekat dengan Batam?

    Jika terjadi Tsunami seperti di jepang atau kesalahan teknis seperti di chernobyl pasti Singapura akan kena “hit” meskipun sedikit namun menggigit dan pasti nyelekit

    PLTN nuklir di Batam = menaruh moncong Howitzer ke arah Singapura?

    *Lebay mode oON*

  27. PERGI DAN KERJAKAN!!!!!

  28. lakukan dan lanjutkan serta kerjakan

  29. setuju biar ada sokterapi bt singapura

  30. Pemda lb baik membangunya untuk daerahnya dan dijual ke pln pasti untung! Itu kalau pemdanya cerdas!.

  31. langsung sain…

  32. PLTN no NUCLEAR BOM yes!!!!

  33. Terlepas dari tawaran ini,masih banyaakk cara untuk mendapatkan energi terbarukan selain nuklir.
    Sebut saja pembangkit listrik tenaga angin dan pembangkit listrik tenaga gelombang
    Berapa sih garis pantai nasional kita? Nah klo kita buat itu di garis pantai kita Insya Allah listrik untuk menyuplai kebutuhan nasional aman! Setidaknya untuk 10thn kedepan

    Uneg uneg bakul tahu hehehe 🙂

    • Salam kenal dari bakul mie ayam….sependapat bung eh mbok…cuma teknologi tenaga listrik dari gelombang laut ini tidak berkembang malah BPPT sudah uji coba prototipe di pantai Baron th 2004, banyak kendalanya terutama pemilihan material yang tahan terendam air laut bertahun tahun dan daya listrik yang dihasillkan kecil jadi kalo untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk industri belum bisa. Pembangkit yg paling modernpun baru bisa menghasillkan 2,5 MW.

  34. Betul bung @ Petra, banyak pihak yg dirugikan terutama perusahaan migas, paling rugi ya mafia migas.mereka akan brusaha mematikan ide dan konsep hemat energi atau energi terbarukan.

  35. saya sebagai warga batam setuju.
    PERGI DAN KERJAKAN!

  36. Tp pemerintahan baru nanti setuju, kn rencananya mau penghematan, mengetatkan ikat pinggang.

  37. Harus nya Rusia juga tawarin kita teknologi bom nuklir dong…

    100 pcs bom nuklir cukuplah.

  38. di veteran utara bung jalo ada saraba,, jadi kangen makasar.
    ikan mairo,sop saudara,pisang epe,pisang ijo,Sama kedai kopi yang deket jalan bawa karaeng.

  39. Klw saya lebih menyarankan diluar jawa, kenapa?? Krn di jawa ini masuk ring of fire.. Big risk dengan banyak gunung activ yg skali akan terjadi gempa tanpa prediksi, dijawa juga kepadatan penduduk rapat, dan sudah menyebar disluruh wilayah tanah jawa(rata). Klw saya menyarankan di pulau yg stabil, seperti klimantan, atw pulau yg tak berpenghuni, nanti listriknya dikirim melalui jaringan kabel bawah laut. Wlw pun tekno nuklir sngat maju sperti dijepang pun bisa saja melakukan error 0.01%

  40. Barusan sy bc di vivanews hr ini..Ternyata Irkut si pmbuat mesin sukhoi jg trtarik untuk dilibatkan dlm penelitian gunung padang. Irkut terus mengikuti perkmbangan dan menawarkan kerjasama dgn memberi dukungan peralatan pengindraan paling mutakhir.
    Maaaf krn keterbatasan kemampuan komputer sy blm bs memberi link-nya..

  41. Kandungan Uranium kita banyak dan SDA tersedia termasuk para pakarnya, dilain pihak pemakaian energi nasional kita kian lama semakin berkurang dan harganya relatif mahal!
    Maka, sudah saatnya kita menggunakan energi alternatif diluar minyak bumi.
    Memang disamping kandungan Uranium kita yg cukup besar, kita pun mempunyai cadangan Gas Bumi yg besar serta Geothermal yg juga besar bahkan utk skala dunia pun.
    Maka, sekarang kita tinggal membulatkan tekad yg kuat utk mau memilih Sumber Energi mana yg akan dipergunakan untuk Energi Nasional sekarang dan masa yg akan datang?
    Apakah Energi Nuklir, Gas, Geothermal, Bio-Ethanol ataukah justru ada energi alternatif lainnya?

  42. hehe,,aku juga miris bacanya,,hehe

  43. Kami di Kalimantan Barat di janjikan prioritas untuk pembangunan PLTN, oleh MENRSTEK dan BATAN, karena dekat dengan stok fail Uranium di KAL BAR, sesuai hasil seminar BATAN tahun 2014 di Pontianak.

 Leave a Reply