Rusia Tawarkan MiG-29 Stok Lawas ke India

Angkatan Udara India (IAF) sedang mengevaluasi stok berlebih pesawat tempur MiG-29 dari Rusia. 21 MiG-29 yang dibangun pada tahun 1980-an oleh perusahaan RAC MiG, merupakan pesanan dari Angkatan Udara Rusia, dan tidak jadi dibeli karena tidak ada biaya.

Selama tiga dekade, MiG-29 tidak digunakan dengan bagian sayap tersimpan digudang, dan sekarang Angkatan Udara India (IAF) telah diundang untuk membelinya dengan harga yang sama saat pertama dibangun – yaitu kurang dari US$ 25 juta (Rs 175 crore). Harga yang bahkan lebih murah daripada harga pesawat tempur Tejas Mark 1.

“Tim tingkat tinggi IAF telah kembali dari Rusia, dan menemukan MiG-29 berada dalam kondisi sangat baik. MiG-29 bisa membuat tambahan yang bagus untuk armada kami dan kami mengirimkan laporan positif, ”kata seorang pejabat senior Angkatan Udara India yang terlibat dalam pembelian persenjataan Angkatan Udara..

IAF pertama kali membeli MiG-29 pada akhir 1980-an setelah Amerika Serikat memasok Angkatan Udara Pakistan pesawat tempur F-16 Falcon. Sejak itu, IAF mengoperasikan tiga skuadron MiG-29, yang disebut Skuadron “First Supersonics”, “Black Archer” dan “Tridents”. Dua dari skuadron ini ditempatkan di Adampur, Punjab dan yang ketiga di Jamnagar, Gujarat.

69 unit MiG-29 milik IAF saat ini sedang mengalami upgrade ke standar MiG-29UPG senilai US$ 900 juta.

MiG-29 lawas adalah pesawat tempur superioritas udara, yang dioptimalkan untuk melakukan pertempuran udara-ke-udara. Sedangkan MiG-29UPG akan dioptimalkan sebagai pesawat tempur multi-peran yang akan dilengkapi persenjataan untuk menyerang target darat.

Selain itu, dengan penambahan tangki bahan bakar berkapasitas besar dan kemampuan pengisian bahan bakar di udara, MiG-29UPG akan diperankan juga sebagai pesawat tempur multi-peran jarak jauh.

Rusia telah mengkonfirmasi akan memutakhirkan 21 unit MiG-29 yang ditawarkan ke India dengan standar yang sama dengan tiga skuadron MiG-29UPG India lainnya, dengan tambahan biaya sekitar US$ 15 juta untuk satu pesawat.

Selain armada MiG-29UPG, Angkatan Laut India juga mengoperasikan varian MiG-29K / KUB yang berbasis di kapal induk INS Vikramaditya. Varian ini juga akan berpangkalan di INS Vikrant saat dikirimkan pada tahun 2020-21.
Theprint

Tinggalkan komentar