Nov 142014
 

image

Jakarta – Rusia menilai Indonesia sebagai salah satu negara kunci yang harus dijadikan mitra di kawasan Asia Pasifik. Oleh karena itu, Rusia berminat mengaplikasikan sistem satelitnya di Indonesia sebagai salah satu bentuk kerja sama bidang teknologi canggih.

“Kami juga bahas kesempatan untuk mengaplikasikan sistem satelit Rusia di Indonesia,” kata Ketua Dewan Federasi Majelis Federasi Rusia VI, Valentina Matviyenko dalam keterangan persnya di kantor wakil presiden, Jakarta, Rabu (12/11).

Rusia merupakan salah satu negara yang ternama dalam bidang teknologi luar angkasa. Negara bekas Uni Soviet tersebut saat masa Perang Dingin selalu bersaing dalam berbagai hal khususnya bidang antariksa dengan Amerika Serikat.

Matviyenko menambahkan, sebelumnya juga telah ditandatangani kerja sama antara militer Indonesia dengan Rusia. Termasuk di dalamnya perihal penanggulangan terorisme.

Selain sistem satelit, Rusia juga berminat berinvestasi dalam bidang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Matviyenko mengatakan hal tersebut sebagai kesempatan perdana yang penting. (BeritaSatu.com).

Bagikan :

  42 Responses to “Rusia Tawarkan Sistem Aplikasi Satelit”

  1.  

    one

    •  

      ini maksudnya menawarkan teknologi satelit atau meminjamkan/menyewakan satelitnya untuk indonesia ya?

      •  

        memang sich kerjasama satelit…tp kata yg d pilih terlalu bias y bung vans…
        mengaplikasikan bermakna menambahkan/ menempelkan/ menerapkan agar bisa d gunakan.
        bisa berarti meminjam/sewa. jauh dr arti membuat/memproduksi.
        lain lg klo berinfestasi tuk pltn, rusia menanamkan modal & technologi’a.

        •  

          Sepertinya klw saya artikan Rusia sdg menawarkan aplikasi sistem satelit salah satunya mgkn sprt GPS glonass yg selama ini kita tau baik dimiliter mwpn sipil Indonesia lbh banyak menggunakan sistem GPS amerika. nah GPS ini termasuk salah satu sistem dari pengaplikasian sietem satelit selain komunikasi dan data, temasuk remote sensing dan mgkn jg penginderaan optik utk pemetaan. Saya rasa kemungkinan itu yg akan ditawarkan Russia. aplikasi berbasis satelit apa yg bs ditawarkan oleh Russia agar Indonesia tdk selalu bergantung kpd teknologi barat dlm sistem satelit kedepannya. Salam bung..

          •  

            bung erz & bung pedro..
            semoga maksud’a adalah rusia menawarkan pengaplikasian sistem satelit’a mereka pd satelit kita yg baru

    •  

      Menurut saya lebih baik kembangkan nano satelit Mr Tetuko dari payload 100 kg menjadi 600 kg an, bikin yang banyak karena dengan cost cuma 10% dengan type yg sama buatan eropa bisa mendapatkan quantitatas yang lebih banyak dan akhirnya covering areanya juga semakin luas.
      Sedangkan untuk PLTN lebih baik dengan Jepang, selain karena teknologinya juga karena concern Jepang pada faktor keamanan karena Gempa yg sama dengan karasteristik di kita

      •  

        kalo masalah PLTN, SDM Indonesia lebih mumpuni bung, apa lagi dari segi design reaktornya kita lebih maju generasinya dibanding punya nipon…tinggal pemerintah mengaplikasikan atau cuma minat2 tok….

    •  

      Indonesia memang mitra kunci bagi rusia china dan negara lainya, krn mereka menjadikan indonesia pasar,, dan ada sesuatu ddi balik sesuatu,
      tidak ada kepentingan yg gratis,
      melainkan ada imbal balik yg sepadan, baik rusia china atau usa,

    •  

      muantaaabz….klau dr clue2 sebelumnya RI sedang mendesain nano satelit dan baru beberapa tahun lagi siap operasional, saat ini RI sudah memanfaatkan data2 satelit Tiongkok lewat “perjanjian rahasia” jadi jika Rusia menawarkan besar kemungkinan teknologi dan pemanfaatan data-data satelit seperti dengan Tiongkok….mohon pencerahan n salam

  2.  

    pertamax..hahahaha

  3.  

    Indonesia mitra kunci rusia

  4.  

    pagi…

  5.  

    Rusia lagi…harus ada TOT

  6.  

    mantap NKRI harga mata. salam kenal

  7.  

    nyimak pencerahan dari para suhu,,,
    monggo dibabar,-,…,-,

  8.  

    Nawarin satelitnya gitu ya ?

  9.  

    10 besar kah

  10.  

    Mau dong satelitnya….. pesen tiga yaaa……

  11.  

    Ambil Mungpung ada yg mau ngasih

  12.  

    pltn dong broooo
    klo INA dah bsa bangun PLTN, singapur minta pmbanhunannya di kpulauan riau untuk PLTN lainnya shingga singapur gampang beli listriknya
    balik modalnya cepet

  13.  

    I like it, I really like it…

  14.  

    mantap pltn

  15.  

    Setuju yang diatas, nih kesempatan kita, salah satunya PLTN nih sangat perlu saya kira, kita kaya sumber daya alam yang harus dimanfaatkan, disaat PLN sering byar pet, untuk satelit sebaiknya diterima asal disertai dengan TOT, gak usah dikait-dikaitkan lagi dengan masalah politik, saatnya kita maju dan bebas untuk do anything we want to, maaf analisa tukang warnet. Salam Bung DIEGO, BUNG JALO, specially kaporit ane Bung Yayan, kangen nih tulisanya.

  16.  

    Yaa BeginiLah Nasib KaLau beLum mampu membuat APLikasi SateLit semutakhir Rusia , dengan embeL TOT kita memang menuju kemandirian !?? Tapi di Lain sisi kita Akan di Matai2 Negara Rusia itu Sendiri dikarenakan kita juga secara tidak Langsung akan di mata- matai dengan APLikasi ini !!! Huuuuf Nasiiiib

  17.  

    Nggak takut dihianati kayak dulu?

  18.  

    GOOD IDEA, …..Bungkus sistem satelitnya, sekalian bangun PLTN di kep,riau supaya bisa jualan listrik ke singaporn dan kita bisa mempermainkan dan menguasai singaporn melalui tenaga listrik, buatlah negeri singaporn itu tergantung sama kita, jangan sebaliknya !!!

  19.  

    Bungkus kalau dikasih tot indonesia bisa belajar mengenai teknologi satelit dan PLTN mengkover area sumatra dan sekitarnya yg sering krisis listrik.

  20.  

    Bungkus juga boleh.

  21.  

    Kalau RI ingin jadi negara industri, mk sy rasa RI hrs ngambil tawaran pltnnya, tp tentunya disertai tot, agar kedepannya kita bs bikin reaktor sendiri!
    Utk satelit, saya rasa peluncurnyalah yg kita butuhkan dgn segera!
    Bukankah menurut babaran2 dijkgr yg lalu RI sdh mampu bikin satelit, bhkn utk yg nano bs yg trcanggih didunia.
    Ayo lapan, minta dong dana yg banyak utk membuat roket 2 yg besar. Gandeng tuh Ukraina yg kebetulan saat ini lagi butuh duit!

  22.  

    Kalau Russia mau berbaik hati bekerjasama dgn kita disegala bidang jangan tangung2 lebih baik memilih teknologi alutsistanya yg mumpuni, terutama ToT u/ Mesin Rocket, Pespur, Rudal pertahanan jarak jauh, kapal selam dan juga satelit!

    Sedangkan kerjasama bidang lainnya terutama sipil dan infrastruktur sebaiknya memang yg benar2 dibutuhkan dan diminta oleh masyarakat, selain sudah banyaknya kerjasama dgn negara lain, juga kita sudah mampu mengerjakannya sendiri sbg hasil spetakuler Karya Anak Bangsa Indonesia!

  23.  

    Semakin mesra dengan Rusia. Semoga segera terwujud.

  24.  

    Negara mana yg mampu menciptakan satelit dan mampu menempatkannya. maka negara tsb sdh separuh mendapatkan kemenangan melawan musuhnya. dgn catatan negara lawan blm mampu menempatkan wahana tsb ke angkasa. 😛 makanya Indonesia mengejar menjadi negara seperti itu. clue yg paling utama adalah cara menempatkannya sedangkan utk satelitnya adlh faktor kedua. cara utk menempatkannya adalah yg plg penting utk dicapai. dan itu mnjd salah satu faktor yg plg deterent dimata lawan. Semoga LAPAN bs mewujudkan WAHANA tsb secepatnya.

  25.  

    bung erz & bung pedro..
    semoga maksud’a adalah rusia menawarkan pengaplikasian sistem satelit’a mereka pd satelit kita yg baru.

  26.  

    memang sudah saatnya ..perang dimasa depan jawabannya adalah satelit yang mumpuni..

 Leave a Reply