Jul 072016
 

Militer Rusia telah berencana untuk menempatkan radar jarak jauh Podsolnukh di Baltik dan Laut Hitam untuk memantau operasi NATO. “Kami berharap bahwa radar Podsolnukh dapat di-upgrade secara online di Laut Baltik pada tahun 2017,” ujar seorang sumber militer Rusia kepada Interfax.

Sumber itu juga menjelaskan bahwa radar serupa kemungkinan akan dipasang di Crimea guna mendeteksi setiap kapal perang asing yang melewati Selat Bosphorus. Melalui pemasangan radar canggih itu, Rusia secara signifikan akan memperkuat kemampuannya dalam memantau pergerakan NATO.

Radar Podsolnukh (bahasa Rusia untuk Bunga Matahari) merupakan radar Over the Horizon (OTH) yang mampu mendeteksi, melacak, dan mengklasifikasikan hingga 300 laut dan 100 target udara dalam mode otomatis pada jarak hingga 450 kilometer.

Radar itu juga mampu mengakuisisi target kapal perang Rusia dan bisa menjadi radar sistem pertahanan udara yang jaraknya melebihi radar konvensional. Saat ini, tiga stasiun Podsolnukh telah beroperasi di timur jauh Rusia dan Laut Kaspia.

Sumber: Sindo News

Berbagi

  12 Responses to “Rusia Tempatkan Radar Podsolnukh di Baltik dan Laut Hitam”

  1.  

    Mantap seandainya dipasang di natuna….

  2.  

    Suepi..warjager pada lebaran smua nich..semoga selamat sampai di tujuan buat yg melakukan perjalanan

  3.  

    Weeh mengklasifikasi hingga 300 laut maksudnya apaan

    •  

      kayaknya sih radar ini bisa bedain 300 target dilaut lebih rinci spt kapal ikan, kapal dagang atau kapal militer begitu juga untuk 100 target udaranya….jadi ga cuma sekedar blip di layar monitor radar…cocok untuk memantau ZEE suatu negara diluar fungsi militer

  4.  

    ni radar yg anti siluman ya?

  5.  

    OTH radar inget2 Jindalee punya Osetralia…ampun seluruh jawa sampai Irian (Ikut-RI-Anti-Netherland) separuh sulawesi terjangkau ni radar +- 3000km,sebesar cessna pun terdeteksi pergerakan nya…ngumpet ahhh

  6.  

    seharusnya setiap pulau besar Indonesia punya radar jenis ini….

    ( ngarep_banget )

  7.  

    setuju

  8.  

    Aku maafkan mbah…….

    Minum kopi dulu campur sianida sambil lihat bola….

 Leave a Reply