Sep 112017
 

Pada tanggal 10 September 2017, di lapangan terbang Flight Research Institute yang dinamai MM Gromov di Zhukovsky di luar Moskow, datang prototipe kesembilan pesawat tempur generasi kelima PAK FA T-50-11 (Su-57) dengan tail number “511”. T-50-11 terlihat mendarat dengan tangki bahan bakar eksternal.

Meski diklaim sebagai pesawat tempur siluman dari generasi kelima, beberapa pakar penerbangan Barat menilai, Su-57 belum layak disebut pesawat tempur siluman karena masih memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya masih terlihat di radar.

Beberapa kelemahan tersebut diantaranya pada mesin yang masih terlihat mencolok dan tidak terlindungi dari jejak panas dan radar, cat yang masih berwarna kontras (bukan abu-abu seperti pada F-22 dan F-35) dan bukan dari bahan penyerap radar, weapon bay internal yang kecil yang kadang harus menggantung senjatanya di hardpylon dibawah sayap, yang membuatnya semakin rentan dari deteksi radar musuh.

 Posted by on September 11, 2017  Tagged with:

  26 Responses to “Rusia Terus Uji Su-57”

  1. Ini adalah kaleng yang dipertebal. Kalo diisi kerupuk bisa buat ngemil orang satu kampung.

    Xixixixixi

  2. Kalau dijual knapa gak mikir dibeli, ngarep USA repot dari dulu F16 jadul, beda sama uncle bear tekhnology baru ditawar demi membantu pertahankan NKRI

  3. Emang benar sih kata analis diatas, tapi apakah Rusia yg berpengalaman membuat pespur tdk memikirkan aspek2 yg harus dipenuhi untuk bs siluman? Mohon pencerahannya!

    • Doktrin pespur Rusia adalah kecepatan, jangkauan terbang, kemampuan membawa banyak senjata sekaligus senjatanya mampu menyerang musuh dlm berbagai sisi dg daya serang yg dahsyat. Beda dg AS yg mengutamakan kemampuan menyerang musuh dari jarak yg aman, makanya AS buat pesawat siluman. Kelemahan utama Pespur Siluman AS adalah ketika mereka dalam mode mematikan radar, maka mereka sangat bergantung pada Pesawat AWACS mereka, jadi begitu AWACS mereka ditembak ya pesput siluman mereka jadi gak berkutik.

    • Walaupun benar2 siluman pun, pihak barat akan bilang tidak siluman… toh buatan USA juga tidak 100% siluman, ada beberapa posisi benar2 Siluman menurut mereka dan dalam beberapa sudut lain sifat siluman itupun berkurang dengan sendirinya… seperti F-117 yang digadang2 sebagai pespur siluman ternyata tertembak di Serbia, makanya sampai sekarang pobia kepada S-300 jauh lebih besar daripada kebanggaan kepada pespur silumanya

  4. Sejak kpan analis Barat memuji perpur dri Rusia, meski pun buatan Barat sendiri tidak lebih baik dri buatan Rusia, bahkan asu yg katanya mbah teknologi pun mencuri ilmu pembuatan perpur dri Jerman, jdi jangan percaya analis Barat berlebihan

    • Justru sejak dulu analis barat memuji alutsista Soviet.

    • Sebenarnya yg lebih banyak berperang mlwn nazi itu adalh uni soviet, utk membebaskan negara bagiannya yg dijajah nazi yg dimenangkan uni soviet, kemudian rampasan perang yg sudah dimiliki uni soviet dicuri amerika melalui pengkhianatan pejabat disektor itu utk amerika & amerika blm pernah berperang langsung dgn nazi.
      Hahahaaaa

    • Sebenarnya yg lebih banyak berperang mlwn nazi itu adalh uni soviet, utk membebaskan negara bagiannya yg dijajah nazi yg dimenangkan uni soviet, kemudian rampasan perang yg sudah dimiliki uni soviet dicuri amerika melalui pengkhianatan pejabat disektor itu utk amerika & amerika blm pernah berperang langsung dgn nazi.
      Hahahaaaa.

  5. dan barat mencuri senjata api dari China

  6. Analisa di atas itu mmng benar, pespur su57 blm siluman, tapi bukan berarti jika nanti su57 jadi silumannya meniru f22 & f35.
    Hahhahaaa

  7. Banyak jalan menuju roma. Banyak sisi yg bikin pespur stealth. Bisa bentuknya, cat anti radar ataupun jamming. Untuk desain pespur dan cat penyerap radar sudah bisa disiasati dengan radar anti stealth. Tinggal jamming yaitu adu kuat aja. Xixixi… Satu lagi yg nggak bisa disembunyiin yaitu knalpot pespur yg panas & gesekan body pespur dgn udara.

    • Su57 tidak memiliki gesekan diudara broo, walau blm memiliki platform siluman,
      Kalau utk api pendorongnya itu sudah menjadi incaran radar lawan & rudal, walau sudah memiliki pelindung dari incaran radar lawan, tapi tidak begitu besar penampakan yg muncul dilayar pilot lawan, dibandingkan yg tidak memiliki pelindung, mungkin utk menyempurnakan supaya api mendorongnya tidak muncul di radar lawan? Mungkin dibutuhkan jammer, yg bisa menghilangkan penampakan itu di radar lawan.
      Hahhahaaaa

  8. Kalau mau bikin jadi pesawat siluman aja mungkin mudah bagi Russia, yg jadi penelitian sekarang mungkin bentuk style dan bisa model fighter, gak seperti f35 yg berstyle copet aja šŸ˜€

  9. bagi russia mau pesawat siluman ato pesawat UFO kalo masih terdeteksi radarnya mereka ya tetep aja pesawat tempur biasa, itu yg terjadi dgn f-22 berikut f-35, tetep aja kedetek jg kok dan jadi sasaran empuk s-300/400

 Leave a Reply