Rusia Tolak Menjual Su-35 ke Pakistan Karena ‘Tidak Enak’ dengan India

36
20

image

Rusia menolak permintaan dari Pakistan untuk membeli Su-35. Penjualan senjata Rusia kepada Pakistan, apalagi pesawat tempur canggih Su-35 bisa menimbulkan masalah sensitif dengan salah satu pelanggan dan mitra terbesar Rusia, yakni India.

Su-35 dilengkapi dengan radar dan mesin yang lebih canggih dan kuat daripada Su-30MKI milik India. Penjualan Su-35 ke Pakistan dikhawatirkan akan membuat supremasi udara Su-30MKI terhadap pasawat-pesawat tempur Pakistan akan hilang.

Sebelumnya Duta Besar Pakistan untuk Rusia mengatakan, hasil pembicaraan Kepala Staf Angkatan Udara Pakistan Sohail Aman dengan Moskow sangat positif dan Pakistan berniat membeli pesawat tempur Su-35 dari Rusia.

Meski akhirnya menolak menjual Su-35 kepada Pakistan, Rusia justru menjual Su-35 ke China yang memilik hubungan sangat erat dengan Pakistan, dimana keduanya juga memiliki program pembangunan pesawat tempur bersama , JF-17 Thunder.

Salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan Pakistan adalah membeli kloningan Su-35 dari China dengan modifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Islamabad. Meski spekulasi ini terlalu dini karena pasti akan mendapat tentangan dari Rusia terkait perjanjian untuk tidak mencopy teknologi Su-35 secara tidak sah.

JakartaGreater

36 COMMENTS

    • “Penjualan Su-35 ke Pakistan dikhawatirkan akan membuat supremasi udara Su-30MKI terhadap pasawat-pesawat tempur Pakistan akan hilang”

      Ada negara ter haibattt di dunia bilang klo su30 india lebih baik dari su35, so india tidak membeli su35.
      konon negara pilihan tuhan negara paling haibat ini juga bilang su30 nya setara dengan su30 india. So dia bilang ga akan beli su35 dan akan menginjak injak su35 indonesia jika jadi beli.

      negara hoax se dunia

    • yaa gaenak lah, belinya mungkin sedikit. soalnya india kan kalau beli selalu borongan. ya rusia pasti lbh mihak ke potensial buyer. (bisnis is bisnis) hahahaha
      coba pakistan beli borongan 100 pesawat+tot beserta rudal”nya sekalian, mungkin dienak-enakin aja sama om putin.hahahaha …..

  1. India pernah menganggap sukhoi pesawat dg reputasi buruk hingga lebih memilih rafale yg dianggap lebih baik dsripada sukhoi. India jg mulai mempersiapkan pengganti mig 21 dg kandidat terkuat f16v blok 70. Pergeseran selera dari blok timur ke barat mulai dilakukan oleh india. Kenapa mesti menolak permintaan pakistan? Pakistan bisa jadi beli lebih banyak ketimbang indonesia atau bahkan cina,hal itu justru bisa menambah devisa bagi rusia.
    Pakistan dg kombinasi pesawat cina dan barat pernah mengalami embargo dari asu spt yg dialami jg oleh indonesia,justru harusnya rusia masuk menawarkan apalgi nih malah niat sendiri mau beli. Cara berdagang ala barat model tebang pilih dan syarat2 yg mesti dipatuhi desertai ancaman embargo merupakan cara dagang yg jadul yg kelak bakal digerogoti oleh produsen2 lainnya terutama cina. Selain bisa menambah devisa bisa memperkuat cara pemasaran ke seleruh dunia,sampai hegemoni produk asu bisa digerus habis dipasaaran.
    Asu menjual F16 ke pakistan gak pake merasa gak enak kepada pakistan karena menawarkan F16 yg tercanggih ke india. Kalo asu bisa kenapa ga rusia juga…!!!
    Sama spt indonesia yg gak pernah dapat pespur kelas berat buatan asu,rusia masuk dg pespur berat sukhoi yg akhirnya jadi kebanggaan bagi tni au dan indonesia,dimana indonesia selama beberapa dekade tni au tak memiliki kekuatan gahar dg tetangga sekitar yg ada beberapa negara yg selalu melecehkan indonesia.
    Pakistan pastinya sdh mempelajari plus minus pespur sukhoi,tetapi minus dari sukhoi sangatlah murah daripada harga kedaulatan negera pakistan,buat apa beli pespur yg sdh terkenal battle proven tp sdh dikebiri kemampuan dan rawan embargo kalo ada alutsistaa sejenis yg sama gahar tp gak cerewet dan selalu ikut campur negara pembelinya.

    • Iya bung seharusnya om putin jual aja ke pakistan. Salah india sendiri yg tidak mau membeli SU-35, karena india menganggap SU-30MKI setara dengan SU-35. Apalagi sekarang india mulai beralih ke produk barat.

  2. India gak perlu SU35, bukan karena gak tertarik, melainkan joint project PAKFA dlm waktu dekat (mungkin 2017) udah operasional. Su30MKI buat air superiority yg kelasnya generasi 4+, Su35 generasi 4++ minus fitur siluman. Buat medium fighter ada Mig29, Multirole fighter diisi Rafale, F-16 Blok 60 menyusul. Mereka juga dilengkapi AWACS SAAB Erieye. Pokoknya angkatan udara India sudah sangat komplit. Ditambah lagi para pilot India termasuk jagoan TOP ACE.

    Su35 biarpun diborong Pakistan lusinan Skuadron, lawan India cuma bakal jadi badut.

LEAVE A REPLY